Sukses

Momen AHY Buluskan Naik Mobil Pick Up Seharga Rp 1,1 Miliar, Agak Lain Nih!

AHY menggunakan mobil pick up Ford Ranger Raptor 2.0L A/T keluaran 2023 sebagai kendaraan dinasnya.

Liputan6.com, Jakarta Jika sejumlah menteri di Kabinet Jokowi sering menggunakan mobil-mobil mewah jenis Alphard, Land Cruiser, hingga Mercy, namun agak lain jika melihat Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). AHY terlihat menggunakan mobil mobil pick up.

Pick up bukan sembarang pick up, mobil yang menjadi kendaraan dinas AHY adalah Ford Ranger Raptor 2.0L A/T keluaran 2023. Harganyapun bukan main, mencapai Rp 1,1 miliar.

Terbaru, AHY menggunakan Ford Ranger Raptor ini untuk blusukan ke Kabupaten Cianjur.

Dalam video yang diunggah @agusyudhoyono, terlihat dalam satu rangkaian ada dua Ford Ranger, dimana paling denpan yang digunakan AHY menggunakan plat nomor RI 41.

"Dari Jakarta saya berkendara ke Kampung Cikadu II, Desa Gasol, Kec. Cugeneng, Kab. Cianjur untuk menyerahkan sertipikat tanah pasca Konsolidasi Hunian Tetap Korban terdampak gempa bumi Cianjur," tulis AHY, dikutip Rabu (24/4/2024).

Di Cianjur, AHY telah menyerahkan 55 sertipikat konsolidasi tanah dan empat sertipikat wakaf yang digunakan sebagai tempat pendidikan agama dan peribadatan.

Dijelaskan AHY, konsolidasi tanah merupakan kegiatan untuk menata kembali penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah yang sesuai dengan tata ruang untuk kepentingan umum dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

"Saya juga berterima kasih kepada masyarakat yang berpartisipasi merelakan sebagian tanahnya berbagai pihak yang telah membantu: Ditjen terkait juga Bupati beserta jajaran pemerintah dan Forkopimda Kab. Cianjur, @itb1920, dan University of Florida," tambah Menteri ATR/BPN.

 

Spesifikasi Ford Ranger Raptor

Ford Ranger Raptor ini memeiliki mesin diesel 2.000 cc Bi-Turbo yang dapat menghasilkan tenaga 207 hp pada 3.500 rpm dan torsi 500 Nm mulai 1.750-2.000 rpm. Tenaga ini disalurkan melalui transmisi otomatis 10 percepatan E-Shifter.

Secara dimensi pik up ini memiliki panjang 5.381 mm, panjang 2.208 mm, dan tinggi 1.922 mm dengan ground clearance 266 mm. Sedangkan wheelbase-nya mencapai 3.270 mm.

Mobil ini sudah dijejali aksesori bullbar di bagian depan, spion model Ford F150, roof rack, awning untuk berkembang. Bagian baknya sudah dipasang back cabin untuk aktivitas menunjang aktivitas berkemah.

Padakaki-kaki ditopang peredam shockbreaker besutan Fox. Suspensi itu dikaitkan dengan as yang terikat pada pelek 17 inci yang dibalut ban berukuran 285/70.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AHY Sebut Nilai Tanah di Cianjur Naik Berkat Reforma Agraria

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan, lebih dari dua ribu warga di Kabupaten Cianjur menjadi lebih baik hidupnya, melalui program reforma agraria Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional.

"Ini sebuah bukti nyata bahwa penataan aset tanah dan penataan akses ekonomi (dalam reforma agraria) ini sangat dibutuhkan pasca bencana, dan pasca konflik," ujar AHY di Cianjur (21/4/2024).

Di Kecamatan Cugenang, desa Gasol yang hancur akibat diguncang gempa 2022, dibangun dan ditata ulang melalui program konsolidasi tanah.

"Tadi sore saya melakukan penyerahan sertifikat pada warga yang menjadi program konsolidasi tanah pasca bencana," jelas Menteri AHY.

AHY melanjutkan, Cianjur diterpa bencana yang dahsyat gempa bumi.

"Akhirnya kita bangun kembali rumah-rumah warga, sekaligus tanah warga tersebut dikonsolidasikan secara komunal sehingga bisa dibangun akses-akses jalan termasuk drainase, sehingga kehidupan masyarakat bisa meningkat," kata AHY menjelaskan.

Pasca konsolidasi tanah, harga tanah warga di desa Gasol ini meningkat menjadi Rp. 400-500 ribu per meter persegi.

Sedangkan, ribuan warga di Cipendawa acet menerima lahan hasil redistribusi tanah. Sebelumnya mereka menjadi korban konflik tanah dengan perusahaan.

"Tahun 2016, di sini pernah terjadi konflik, dan kemudian setelah dilakukan mediasi dan diselesaikan, maka dilakukan redistribusi tanah terhadap kurang lebih 1.500 warga. Setelah itu kita berharap tanah ini bisa segera produktif. Kami senang bisa bermitra dengan sejumlah BUMN, dalam hal ini PLN, yang berusaha memberi bantuan dalam bentuk CSR bagi masyarakat," kata Menteri AHY menguraikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.