Sukses

Kereta Basoetta Tambah Layanan jadi 64 Perjalanan Sehari Untuk Lebaran 2024

KAI Commuter mengungkapkan bahwa pihaknya akan akan menambah 8 perjalanan dari dan menuju Stasiun Basoetta, untuk pelayanan selama Angkutan Lebaran 2024.

Liputan6.com, Jakarta KAI Commuter mengungkapkan bahwa pihaknya akan akan menambah 8 perjalanan dari dan menuju Stasiun Basoetta, untuk pelayanan selama Angkutan Lebaran 2024.

Penambahan ini dimulai pada 5 April 2024, dengan Stasiun pemberhentian diantaranya Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Rawabuaya dan Stasiun Batu Ceper.

“Pada Angkutan Lebaran tahun ini total perjalanan Commuter Line Basoetta menjadi 64 perjalanan yang sebelumnya 56 perjalanan per hari,” ungkap VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba saat ditemui media di Pecenongan, Jakarta Pusat, Jumat (5/5/2024).

KAI Commuter memprediksi, pengguna Commuter Line Basoetta akan mencapai 131 ribu orang pada Angkutan Lebaran 2024, naik 12% dari tahun lalu sebesar 117 ribu pengguna.

Adapun jam operasional Commuter line Basoetta selama Libur Lebaran 2024 yaitu mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 22.42 WIB.

“KAI Commuter memperkirakan mobilisasi puncak pengguna Commuter Line Basoetta pada musim libur Lebaran yakni pada 14 April, diangka 7.695 orang,” beber Anne.

Commuter Line Merak

Pengguna Commuter Line Merak diproyeksikan sebanyak 285 ribu orang selama Angkutan Lebaran 2024, naik sekitar 29% dari 2023 lalu sebanyak 222 ribu orang.

Diperkirakan puncak pengguna pada libur Lebaran di tanggal 15 April, sebanyak 15.986 orang.

KAI Commuter mengumumkan, KRL rute ini melayani perjalanan hanya sampai dengan Stasiun Cilegon mulai 3-9 April.

“Pengguna dapat menggunakan transportasi lanjutan di Stasiun Cilegon menuju Pelabuhan Merak,” jelas Anne.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Penataan Pelabuhan

Dijelaskannya, penyesuaian layanan dan operasional Commuter Merak ini mendukung penataan Lalu-lintas di Kawasan Pelabuhan Merak antara Dirjen Hubungan Darat Kemenhub, PT KAI (Persero) dan PT ASDP Indonesia Fery (Persero) maka dari itu diperlukan langkah-langkah antisipasi penguraian kemacetan pada Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bakauheni khususnya pada kondisi peak season Angkutan Lebaran Tahun 2024 ini.

Untuk jadwal perjalanan transportasi lanjutan tersebut menyesuaikan dengan jadwal perjalanan Commuter Line Merak seperti biasanya dengan 14 perjalanan per harinya. Sebanyak 30 Angkutan perkotaan akan disediakan di Stasiun Cilegon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.