Sukses

Wamen BUMN Nobatkan Kereta Api Jadi Transportasi Andalan Mudik Lebaran

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengecek langsung keberangkatan pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengecek langsung keberangkatan pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Dia menemukan semakin banyak masyarakat yang mudik lebaran 2024 ini menggunakan moda transportas kereta api.

Pria yang akrab disapa Tiko ini menyampaikan, masyarakat kini sudah cenderung nyaman menggunakan kereta api untuk mudik. Apalagi, ada sejumlah peningkatan fasilitas yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

"Sekarang masyarakat sangat senang naik kereta api, terima kasih pak Dirjen, (Dirjen Perkertaapian Kemenhub Risal Wasal) pak Dirut KAI," ucap Tiko di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (5/4/2024).

"Semua tadi saya cek puas dengan kondisi gerbongnya, kenyamanan kursinya, pelayanan termasuk ketepatan waktu," sambungnya.

Tiko menyampaikan perubahan signifikan dari berbagai aspek tadi membuat masyarakat semakin memilih moda transportasi berbasi rel ini. Lebih lagi, untuk kota-kota tujuan mudik yang cukup jauh.

"Jadi saya rasa ini satu perubahan yang signifikan bahwa sekarang masyarakat sangat menikmati dan sangat menggemari untuk naik kereta api terutama kereta api yang khusus jarak jauh seperti ke Jogja dan Surabaya," jelasnya.

74 Persen Tiket Terjual

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengungkap secara total sudah 74 persen tiket KA periode mudik lebaran yang terjual. Paling banyak adalah keberangkatan mudik atau sebelum hari raya Idulfitri 1445 Hijriah.

"Secara total sampai saat ini yang terjual itu 74 persen, memang untuk mudik ya sampai dengan lebaran itu sudah diatas 80 persen namun untuk kembalinya itu masih sekitar 64 persen," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kereta Tambahan

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menambah perjalanan KA tambahan relasi Gambir – Yogyakarta pp untuk angkutan Lebaran 2024 dengan jadwal keberangkatan kereta api tanggal 6 -16 April 2024.

Tiket dapat dibeli mulai Jumat (5/4) di aplikasi Access by KAI dan seluruh channel penjualan tiket KA lainnya. Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

“Penambahan perjalanan kereta api ini guna mengakomodasi masyarakat yang belum mendapatkan tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2024 pada relasi favorit Jakarta – Yogyakarta dan sebaliknya,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Jumat (5/4/2024).

KA KLB Tambahan relasi Gambir – Yogyakarta untuk tanggal 6 s.d 16 April 2024 dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 12.45 WIB dan tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 20.25 WIB.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Keberangkatan

Adapun KA KLB Tambahan relasi Yogyakarta – Gambir untuk tanggal 6 s.d 16 April 2024 dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta pukul 23.40 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 07.10 WIB.

Kelas pelayanan pada KA KLB tersebut yaitu tersedia kelas eksekutif dan ekonomi, dengan stamformasi 1 rangkaian terdiri dari 4 kereta eksekutif stainless steel new generation, 5 kereta ekonomi stainless steel new generation, 1 kereta makan (restorasi), dan 1 kereta pembangkit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini