Sukses

Perintah Jokowi ke Erick Thohir: Bikin Mudik Gratis untuk Tekan Kecelakaan

Menteri Erick Thohir mengatakan, Presiden Jokowi memintanya untuk mengerahkan kekuatan perusahaan pelat merah guna memudahkan masyarakat

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir resmi memberangkatkan lebih dari 90.000 peserta mudik gratis BUMN. Dia mengungkap ini menjadi salah satu arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Erick mengatakan, Kepala Negara memintanya untuk mengerahkan kekuatan perusahaan pelat merah guna memudahkan masyarakat. Pada momen mudik lebaran 2024 ini, dihadirkan mudik gratis dengan harapan mengurangi pemudik dengan sepeda motor.

"Tentu ketika mudik, sama, ini bagian daripada bagaimana kemudian diharapkan oleh bapak Presiden supaya kita juga mulai mengantisipasi yang disampaikan tadi tingkat kecelakaan yang tinggi dengan penggunaan (sepeda) motor," ucap Erick usai memberangkatkan peserta Mudik Asyik Bersama BUMN, di Monumen Nasional, Jakarta, Jumat (5/4/2024).

"Kita coba migrasi ke bus-bus, nah ini yang kenapa hari ini kita bisa lihat banyak sekali bus," ia menambahkan.

Erick mengatakan, perintah Jokowi tak sebatas pada program mudik. Namun, BUMN diminta untuk ikut membantu masyarakat di tengah menurunnya daya beli.

Misalnya, melalui kebijakan-kebijakan yang diambil. Seperti menahan harga BBM hingga penyaluran bantuan pangan, baik oleh Bulog maupun Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) atau ID Food.

"Dan tentu kita harus mengerti daya beli masyarakat sedang menurun dan kita lihat juga ada kenaikan dolar sedikit, nah akhirnya apa? Itu yang bapak Presiden bilang 'Pak Erick, BUMN harus upaya maksimal'," ucapnya.

Dia mengatakan, Jokowi meminta ada operasi pasar untuk memudahkan masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok hariannya.

"Makanya salah satunya kemarin kita tidak menaikkan BBM, karena kalau ini naik, tentu daya beli sudah menurun. Belum lagi operasi pasar yang diharapkan oleh bapak Presiden melalui Bulog, RNI melalui program bantuan sosial yang terus kita dorong, dan ini memang harus seperti itu," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berangkatkan Lebih dari 90 Ribu Pemudik

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir memberangkatkan puluhan ribu peserta mudik gratis BUMN. Langkah ini jadi satu upaya untuk mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Diketahui, program mudik gratis ini dituangkan dalam program 'Mudik Asyik Bersama BUMN'. Ada sebanyak 88 BUMN yang terlibat kali ini dengan alokasi mencapai hampir 90 ribu orang.

"Kita lihat data-data ketika tingkat kecelakaan itu memang yang tertinggi ketika mudik memakai sepeda motor yaitu kurang lebih mencapai 77 persen dari total kecelakaan dan ini pengguna kendaraan sepeda motor," kata Erick dalam seremoni keberangkan, di Monumen Nasional, Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Erick menginginkan masyarakat bisa menjalankan masa mudik ini dengan aman. Maka, dibuka kesempatan untuk masyarakat ikut mudik gratis BUMN.

"Inilah kenapa kita mendorong program bagaimana kerja sama 88 BUMN yang tahun ini bisa juga membuktikan bisa lebih dari 90.000 untuk bisa menggunakan kendaraan seperti bus yang kita bisa lihat seperti hari ini," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Diharapkan Berlanjut

Dia pun merinci jumlah pemudik ke sejumlah daerah. Paling banyak memuju Jawa Timur sebanyak 30 ribu orang. Diikuti Jawa Tengah sebanya 25 ribu orang. Lalu, Jawa Barat lebih dari 1.000 orang, serta ke Sumatera lebih dari 5.000 orang. 

"Saya harap program yang sudah berjalan 5 tahun ini bisa dilanjutkan karena ini bagian dari kepedulian BUMN," kata dia.

"Seperti arahan bapak presiden yang bisa tentu meringankan daripada kendala yang dihadapi masyarakat ketika hari ini juga daya beli sedang menurun dan insya Allah kami BUMN bisa hadir membantu kebutuhan masyarakat," Erick menambahkan.

 

 

4 dari 4 halaman

Kemenhub Prediksi Puncak Arus Mudik H-2 Lebaran

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) perkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-2 Lebaran, tepatnya 8 April 2024 dengan porsi 13,74 persen atau setara 26,6 juta pergerakan.

Sementara itu, puncak arus balik diperkirakan terjadi H+Lebaran atau Minggu, 14 April dengan porsi 21,16 persen atau setara 40,99 juta pergerakan. Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Kemenhub Iswandi menuturkan, pilihan jalur mobil terbanyak melalui via Tol Trans Jawa sebesar 31,3 persen atau 11,1 juta pergerakan.

“Sedangkan sepeda motor via jalan arteri sebesar 33,2 persen atau 10,35 juta pergerakan,” tutur Iswandi saat diskusi bertajuk “Merajut Kebersamaan Lewat Mudik Sehat” yang digelar Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) di Jakarta, Kamis, 28 Maret 202, dikutip dari Antara, Sabtu (30/3/2024).

Iswandi menuturkan, kebijakan one way bakal diberlakukan pada 5-9 April 2024 dari km 72 hingga km 414. Selanjutnya, contraflow diberlakukan 5-11 April dari km 36 hingga km 72. Ganjil genap akan berlaku 5-9 April 2024 dari km 0 hingga km 414. 

Untuk arus balik, one way bakal diterapkan pada 12-16 April dari km 414 hingga km 72, contraflow 12-16 April dari km 72-km 36, dan ganjil genap 12-16 April 2024 dari km 414 hingga km 0. 

"Patut dicatat, manajemen rekayasa lalu lintas dan kebutuhan lalu lintas bersifat situasional, berdasarkan pertimbangan dari Polri," kata Iswandi. 

Sementara itu, Training Director sekaligus founder dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan terdapat tiga poin penting yang perlu diperhatikan pemudik untuk menjamin keselamatan berkendara yakni aspek kendaraan, pengemudi, dan manajemen perjalanan. 

Jusri imbau, agar pemudik yang memakai kendaraan pribadi tidak membawa barang berlebih karena akan berdampak pada stabilitas kendaraan.

"Yang terpenting, jangan lupa sediakan waktu istirahat maksimal setiap dua jam sekali. Lalu, minimal tidur setelah mengemudi 6 jam," ujar dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini