Sukses

Tekan Kecelakaan, Erick Thohir Berangkatkan 90 Ribu Peserta Mudik Gratis BUMN

Program mudik gratis ini dituangkan dalam program 'Mudik Asyik Bersama BUMN'. Ada sebanyak 88 BUMN yang terlibat kali ini dengan alokasi mencapai hampir 90 ribu orang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir memberangkatkan puluhan ribu peserta Mudik Gratis BUMN. Langkah ini jadi satu upaya untuk mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Diketahui, program mudik gratis ini dituangkan dalam program 'Mudik Asyik Bersama BUMN'. Ada sebanyak 88 BUMN yang terlibat kali ini dengan alokasi mencapai hampir 90 ribu orang.

"Kita lihat data-data ketika tingkat kecelakaan itu memang yang tertinggi ketika mudik memakai sepeda motor yaitu kurang lebih mencapai 77 persen dari total kecelakaan dan ini pengguna kendaraan sepeda motor," kata Erick dalam seremoni keberangkan, di Monumen Nasional, Jakarta, Jumat (5/4/2024).

 

Erick menginginkan masyarakat bisa menjalankan masa mudik ini dengan aman. Maka, dibuka kesempatan untuk masyarakat ikut mudik gratis BUMN.

"Inilah kenapa kita mendorong program bagaimana kerja sama 88 BUMN yang tahun ini bisa juga membuktikan bisa lebih dari 90.000 untuk bisa menggunakan kendaraan seperti bus yang kita bisa lihat seperti hari ini," ujarnya.

Diapun merinci jumlah pemudik ke sejumlah daerah. Paling banyak memuju Jawa Timur sebanyak 30 ribu orang. Diikuti Jawa Tengah sebanya 25 ribu orang. Lalu, Jawa Barat lebih dari 1.000 orang, serta ke Sumatera lebih dari 5.000 orang.

 

"Saya harap program yang sudah berjalan 5 tahun ini bisa dilanjutkan karena ini bagian dari kepedulian BUMN," kata dia.

"Seperti arahan bapak presiden yang bisa tentu meringankan daripada kendala yang dihadapi masyarakat ketika hari ini juga daya beli sedang menurun dan insya Allah kami BUMN bisa hadir membantu kebutuhan masyarakat," sambung Erick.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

88 BUMN Kembali Gelar Mudik Gratis

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali menggelar mudik gratis 2024 yang  melibatkan sebanyak 88 BUMN.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono, mengatakan pihaknya berperan sebagai koordinator mudik gratis tahun ini. Untuk program ini ditargetkan bisa mengangkut 80.215 pemudik.

"Tahun ini bertambah lagi jadi 88 BUMN (yang berpartisipasi) memberikan kontribusi secara signifikan, target pemudik 80.215 pemudik, naik 20 persen dibandingkan tahun lalu," ujar Rivan dalam konferensi pers Peran BUMN dalam mudik Lebaran tahun 2024, di Kementerian BUMN, Rabu (27/3/2024).

Adapun rincian jenis transportasi dan jumlah pemudik tahun ini, yakni armada bus dengan jumlah 1.225 bus untuk mengangkut 55.607 penumpang. 

Selanjutnya, tersedia 60 armada kereta untuk mengangkut 18.998 penumpang dan 15 armada kapal laut untuk mengangkut 5.610 penumpang.

 

3 dari 3 halaman

Monas dan Pasar Senen

Rivan menyebut bagi calon pemudik yang menggunakan bus akan dilakukan pemberangkatan mudik gratis BUMN di Silang Monas pada 5 April 2024 pukul 07.00 WIB. Rencananya pengibaran bendera (flag off) akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Rencananya kita akan melepas nanti di Silang Monas flag off 5 April 2024 jam 7 (pagi), mudah-mudahan Bapak Presiden dan Menteri BUMN dalam hal ini bisa hadir," ujarnya.

Sedangkan, pemberangkatan menggunakan kereta api akan dilakukan di Stasiun Pasar Senen pada 2-3 April 2024. Adapun rute tujuannya terdiri dari ke Surabaya, Malang, Blitar, Solo dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kata Rivan, pendaftaran mudik gratis ini telah dibuka sejak 4 Maret 2024 dan akan ditutup jika kuota terpenuhi. Bagi yang tertarik dengan program mudik gratis BUMN bisa diakses melalui laman mudik.jasaraharja.co.id untuk mendaftar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.