Sukses

TNI AL Jadi Militer Terkuat ke-4 di Dunia, Kalahkan Jepang hingga Korea Selatan

Kekuatan militer Indonesia yang saat ini diemban oleh TNI memang disegani dunia. Terbaru, TNI AL menjadi yang terkuat ke-4 di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Kekuatan militer Indonesia yang saat ini diemban oleh TNI memang disegani dunia. Terbaru, TNI AL menjadi yang terkuat ke-4 di dunia.

Global Naval Powers Ranking (2024) melalui laporannya World Directory of Modern Military Warships (WDMMW), menempatkan TNI AL menjadi yang terkuat nomor 4 di dunia atau nomor 2 di Asia.

Angkatan Laut Amerika Serikat menduduki puncak daftar sebagai yang terkuat di dunia dengan indikator penilaian berupa True Value Ranking (TvR) 323,9.

Di bawah Amerika Serikat diikuti oleh Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok di peringkat 2 dengan TvR 319,8. Sedangkan peringkat ke-3 di dunia ditempati Angkatan Laut Rusia di dengan TvR 242,3.

"Indonesia menempati peringkat keempat secara global dan kedua di Asia, dengan skor TvR 137,3," tulis laporan tersebut dikutip Liputan6.com, Senin (1/4/2024).

Di posisi ini, Indonesia jelas mengalahkan Angkatan Laut Korea Selatan di peringkat ke-5 dengan TvR 122,9, Angkatan Laut Jepang di peringkat ke-6 dengan Tvr 121,3, serta Angkatan Laut India dengan TvR 99,1 di peringkat ke-7.

Total Kekuatan Tempur

Perlu diketahui, pemeringkatan tahunan WDMMW menggunakan formula yang mempertimbangkan nilai-nilai yang berkaitan dengan total kekuatan tempur berbagai angkatan laut di seluruh dunia.

Formula ini menghasilkan ‘True Value Rating’ (TvR), yang membantu membedakan setiap kekuatan secara pasti tidak hanya berdasarkan kekuatan keseluruhan tetapi juga modernisasi, dukungan logistik, kemampuan serangan dan pertahanan, dan banyak lagi.

Pendekatan ini mengevaluasi suatu negara tidak hanya berdasarkan jumlah total kapal perang dan kapal selam tetapi juga berdasarkan kualitas dan komposisi keseluruhan inventaris mereka.

Selain itu, fokusnya adalah pada kemampuan galangan kapal lokal, keseimbangan inventaris (kombinasi tipe unit secara keseluruhan), dan pengalaman operasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggaran Pertahanan Indonesia Nomor 2 di ASEAN

Bicara mengenai anggaran belanja alutsista, jelas berhubungan langsung dengan anggaran pertahanan. Di ASEAN, anggaran pertahanan Indonesia memang bukan menjadi yang paling besar, meski memiliki luas wilayah nomor 1 di ASEAN.

Dikutip Liputan6.com dari Global Fire Power, untuk ASEAN, Singapura menjadi negara dengan anggaran pertahanan paling banyak. Padahal, luas wilayah Singapura sangat kecil jika dibandingkan negara ASEAN lainnya.

Baru Indonesia menduduki urutan kedua. Berikut daftar 5 negara ASEAN yang memiliki anggaran pertahanan paling besar:

  1. Singapura : USD 13 Miliar
  2. Indonesia : USD 8,8 Miliar
  3. Vietnam : USD 6,2 Miliar
  4. Thailand : USD 5,8 Miliar
  5. Filipina : USD 4,2 Miliar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.