Sukses

Segini Gaji Philippe Troussier, Pelatih Timnas Vietnam yang Dipecat usai Digilas Timnas Indonesia

Philippe Troussier resmi mulai hari ini tak lagi menyandang sebagai arsitek dari Timnas Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta Philippe Troussier resmi mulai hari ini tak lagi menyandang sebagai arsitek dari Timnas Vietnam. Hasil minor Timnas Vietnam baik selama di Piala Asia 2023 atau di pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menjadi alasan Philippe Troussier dipecat dari kursi kepelatihan.

Yang lebih menyakitkan lagi, di bawah Philippe Troussier, Timnas Vietnam hancur lebur setiap kali menghadapi Timnas Indonesia, yang merupakan musuh bebuyutan.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam di Jakarta dan terbaru kembali kalahkan tuan rumah 3-0 di Hanoi hari Selasa (26/03/2024).

"VFF mengakui komitmen dan profesionalisme Troussier selama masa jabatannya, menghargai kontribusinya terhadap sepak bola Vietnam," tulis media Vietnam, VSN.com

"Federasi menyampaikan harapan baik kepada Troussier dan keluarganya, juga menyampaikan permintaan maaf kepada para penggemar atas penampilan yang tidak memenuhi target yang telah ditetapkan," tambahnya. 

Gaji Philippe Troussier

Pemecatan ini menandakan kebersamaan Troussier sebagai pelatih Timnas Vietnam tidak berlangsung lama: hanya satu lebih lebih. 

Tercatat ia diangkat menjadi pelatih Vietnam oleh VFF pada 16 Februari 2023. Kala itu ia menggantikan sosok Park Hang-seo. 

Kontrak Troussier sendiri berlaku mulai 1 Maret hingga 31 Juli 2026. Sementara gaji Troussier per bulan mencapai 60.000 USD atau setara Rp 950 juta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memang Dalam Tekanan

Philippe Troussier memang dalam tekanan berat menuju dua pertandingan kontra Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Penyebabnya adalah Vietnam gagal total di Piala Asia 2023 Qatar dan salah satunya dikalahkan Indonesia 0-1. 

Pada sesi konferensi pers jelang laga di Jakarta, sang juru taktik sudah mengakui dirinya sudah tidak mendapat kepercayaan penuh dari fans Vietnam dan banyak yang berharap dirinya dipecat. Kini pemecatan tersebut benar-benar terjadi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.