Sukses

Jokowi Minta Jaga Infrastruktur di Palu Usai Bencana 2018

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan saat meresmikan proyek infrastruktur di Palu, Sulawesi Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan sejumlah proses infrastruktur rehabilitas dan rekonstruksi bangunan di Palu, Sulawesi Tengah.

Saat peresmian tersebut, Jokowi memberikan pesan kepada seluruh pihak untuk menjaga dan memanfaatkan infrastruktur yang sudah dibangun setelah bencana 2018.

"Infrastruktur yang sudah dibangun pascabencana ini dijaga, dimanfaatkan sebaik-baiknya agar aktivitas masyarakat sepenuhnya bisa normal kembali, akvitias sosial, aktivitas ekonomi dapat bergerak dan pulih kembali,” ujar Presiden Jokowi, di Kota Palu, Selasa, (26/3/2024), seperti dikutip dari Antara.

Presiden Jokowi sejumlah proyek infrastruktur rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan pascabencana yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anutapura Palu, Kampus UIN Datokarama dan hunian tetap serta infrastruktur pemukiman pascabencana.

Pembangunan infrastruktur tersebut berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun 2022 tentang Penuntasan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana di Sulawesi Tengah, yang akan berakhir pada Desember 2024.

Gempa bumi dan tsunami pada 2018 di Sulawesi Tengah merenggut 4.340 korban jiwa, 175.000 orang mengungsi, dan 68.000 rumah tinggal rusak dengan taksiran nominal kerugian materi berkisar Rp15 triliun.

Presiden Jokowi mengeluarkan Inpres Nomor 8 Tahun 2022 untuk rehabilitasi dan rekonstruksi Gedung Anutapura Medical Center RSUD Anutapura, rekonstruksi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama dan pembangunan hunian tetap serta infrastruktur pemukiman pascabencana.

Jokowi menuturkan, RSUD Anutapura merupakan gedung pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi based isolation system, dengan lead rubber bearing (LRB) untuk menahan daya seismik akibat gempa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rehabilitasi dan Rekonstruksi

Rehabilitasi dan rekonstruksi gedung Anutapura Medical Center RSUD Anutapura seluas 19 ribu meter persegi senilai Rp244 miliar yang dilengkapi dengan Instalasi Gawat Darurat (IGD), gawat darurat kebidanan, poliklinik, radiologi, laboratorium, ruang rawat inap dan instalasi bedah sentral.

"Tadi saya sudah diberikan gambarnya di bawah gedung ini, ada kayak shockbreaker. Jadi bisa lentur kalau terjadi gempa tapi kita tidak mengharapkan adanya gempa," tutur dia.

Jokowi mengatakan, rekonstruksi Gedung UIN Datokarama dibangun pada 2020 di atas lahan 34 ribu meter per segi senilai Rp139 miliar. Rekonstruksi ini meliputi berbagai sarana belajar, gedung perkuliahan, student center, auditorium, fasilitas olahraga dan fasilitas pendukung lainnya.

Sementara itu, pembangunan hunian tetap serta infrastruktur pemukiman setelah bencana yang telah dibangun sejak 2019 senilai Rp1 triliun lebih.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Resmikan Proyek 15 Ruas Jalan di Sulteng, Habiskan Anggaran Rp330 Miliar

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa (26/3/2024). Inpres ini mencakup pembangunan 15 ruas jalan dengan panjang total 147 kilometer.

"Pada hari ini, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Tengah," ucap Jokowi saat peresmian, Selasa.

Dia mengatakan, 15 ruas jalan yang diperbaiki dan dibangun tersebar di 9 kabupaten/kota di Sulteng. Dia mengungkapkan, total biaya yang dihabiskan untuk pembangunan jalan di Sulteng mencapai Rp330 miliar.

"Mengenai pembangunan jalan dari anggaran Inpres jalan daerah di Provinsi Sulawesi Tengah ada 9 kota dan kabupaten yang kita perbaiki menyangkut 15 ruas sepanjang 147 km, yang menghabiskan anggaran Rp330 miliar," jelasnya.

Dia memastikan perbaikan jalan akan dilakukan di provinsi-provinsi lain yang ada di Indonesia. Jokowi menuturkan dirinya akan mengecek semua perbaikan jalan daerah.

"Saya kira tidak hanya di sini, di provinsi lain juga sama. Kita akan cek semua pelaksanaan yang berkaitan dengan jalan daerah," ujar Jokowi.

 

4 dari 4 halaman

Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan Pengguna Jalan

Reynold, seorang pelajar setempat menuturkan, perbaikan jalan di daerahnya membuat perjalanan ke sekolah menjadi lebih aman dan nyaman.

Sementara itu, Joshua, pelajar lainnya mengatakan bahwa perbaikan jalan di daerahnya dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan, terutama bagi pengendara motor.

"Terbantu dengan jalan ini karena dulu jalan yang sedikit berlubang, tapi dengan adanya jalan ini kami semua mungkin keamanannya mungkin bisa lebih ditingkatkan," ungkap Joshua.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.