Sukses

5 Hal yang Harus Dilakukan untuk Jadi Jutawan

Setiap jutawan memiliki kisah unik tentang bagaimana mereka bisa memiliki kekayaan bersih yang cukup besar sehingga mereka bisa disebut sebagai jutawan.

Liputan6.com, Jakarta - Mengelola keuangan dengan bijaksana adalah kunci utama menuju kesuksesan keuangan. Para jutawan  atau self-made millionaires telah melalui perjalanan yang panjang dalam membangun kekayaan, dan banyak dari mereka memiliki aturan keuangan yang diyakini dan telah membantu meraih kesuksesan yang lebih besar. 

Setiap jutawan memiliki kisah unik tentang bagaimana mereka bisa memiliki kekayaan bersih yang cukup besar sehingga mereka bisa disebut sebagai jutawan.

Ada yang hidup hemat atau berinvestasi secara agresif, ada pula yang mengembangkan bisnis mereka sendiri yang berhasil dan membuat mereka kaya raya. Namun, setiap kisah sukses biasanya menyertakan setidaknya satu nasihat yang bisa diterapkan pada siapa saja di setiap tahap perjalanan finansial mereka.

Berikut adalah lima saran keuangan dari para jutawan yang akan membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda:

1. Prioritaskan diri sendiri

Bekerja keras dalam profesi Anda atau mendapatkan kompensasi yang lebih tinggi mungkin bisa membawa kesuksesan, tetapi jutawan Jasmine McCall meraih kesuksesan besar dengan mengutamakan dirinya sendiri dan menjadi bos bagi dirinya sendiri.

Pendiri PayBump berusia 32 tahun ini mendapatkan penghasilan pasif sebesar $143.000 per bulan dari penjualan produk digital dan pendapatan iklan YouTube, yang ia puji berkat kesediaannya untuk menyampaikan kebenaran."Saya percaya bahwa kesuksesan video-video saya berasal dari sikap saya yang terbuka kepada para penonton," ujar McCall Melansir CNBC ditulis Kamis (27/3/2024)

Sebelum mengerjakan bisnisnya sendiri, McCall memperoleh enam digit gaji sebagai perekrut di Amazon. Kompensasinya bagus, tapi dia tidak bisa mendapatkan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan yang diinginkan sebagai seorang ibu baru. Ia memprioritaskan pekerjaan di atas segalanya dan merasa tidak enak ketika harus mengambil cuti untuk merawat diri sendiri atau anak-anaknya.Penghasilan pasif bulanannya sekarang lebih besar daripada gaji tahunannya di Amazon, dan dia hanya bekerja 10 jam per minggu.

"Saya menghabiskan sisa waktu saya untuk fokus menjaga kesehatan, bermain dengan anak saya, berkencan dengan [suami saya] Jay dan mengunjungi orang tua saya," katanya dalam sebuah pernyataan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Setop Multasking

 

2. Berhentilah mengerjakan lebih dari satu tugas

Ahli keuangan Bernadette Joy pernah mengalami masalah keuangan yang signifikan. Ia dan pasangannya berhasil melunasi utang sebesar USD 300.000 dalam waktu tiga tahun. Salah satu kunci keberhasilan mereka adalah fokus yang teguh pada pengurangan utang.

Kini ia mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama yaitu lunasi semua utang Anda sebelum berinvestasi."Saya sangat setuju dengan ide bahwa Anda harus melunasi utang dan berinvestasi pada saat yang sama," katanya kepada Make It.

"Manusia tidak pandai melakukan banyak hal." Mencoba melakukan banyak tugas sama sekali tidak baik untuk kita."Ada keuntungan dan kerugian dari strategi ini, dan Anda mungkin ingin menekankan tujuan keuangan lainnya.

Namun, Joy percaya mengambil satu langkah pada satu waktu akan membuat pencapaian lebih mudah dicapai."Salah satu hal yang sangat saya sarankan, terutama di saat-saat seperti ini di mana orang-orang benar-benar stres, adalah fokus pada satu hal dan melakukannya dengan sangat, sangat baik," ujar dia.

 

3 dari 5 halaman

Percaya Diri Sendiri

3. Percaya pada diri sendiri

Jauh sebelum perusahaan Rachel Rodgers, Hello Seven, menghasilkan USD 10 juta dalam setahun, ia mengira "tidak pandai mengatur uang" dan "memiliki sejarah kredit yang membuktikannya," tulisnya untuk Grow.

Menurut penulis dan pengusaha ini, kunci kesuksesannya adalah mengubah cara pandangnya dan percaya pada kemampuannya sendiri untuk belajar dan berkembang.

"Pada akhirnya, menjadi 'pandai menggunakan uang' adalah tentang memercayai diri sendiri," tulisnya pada 2021. "Jadi setiap kali pikiran lama yang merugikan 'Saya buruk dengan uang' itu muncul kembali, saya berhenti dan secara sadar membingkai ulang pemikiran saya."Mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda buruk dengan uang tidak akan membantu Anda keluar dari utang, meningkatkan kekayaan bersih, atau mencapai tujuan keuangan lainnya. Bahkan dapat mencegah Anda untuk mencoba.

"Saya mengatakan pada diri sendiri bahwa saya yakin saya bisa membuat keputusan yang cerdas dan memberikan keamanan finansial bagi keluarga saya," katanya dalam surat tersebut. "Dan bahkan jika saya melakukan kesalahan dalam hal keuangan, atau ada kekuatan dari luar yang menyebabkan saya kehilangan segalanya, saya memiliki pengetahuan yang diperoleh dengan susah payah untuk membantu saya menemukan cara untuk mendapatkan semuanya kembali."

 

4 dari 5 halaman

Fokus Meningkat

4. Fokus pada peningkatan

Vivan Tu, mantan trader Wall Street yang menjadi jutawan pada usia 27 tahun, memahami pentingnya investasi. Banyak orang berharap untuk menjadi jutaan atau bahkan lebih kaya sebelum mereka pensiun. Namun, Tu percaya konsep menabung untuk masa pensiun agak menyesatkan."Jangan menabung untuk pensiun," katanya kepada CNBC Make It. Sebaliknya, "Berinvestasilah untuk pensiun."

Miliarder mandiri ini juga telah mengidentifikasi banyak kebiasaan keuangan yang dilakukan oleh orang-orang kaya, yang semuanya berkisar pada premis bahwa Anda harus menginvestasikan uang Anda dengan bijak agar dapat berkembang. Tu menyatakan kepada Make It bahwa mengabaikan pendapat orang lain dan fokus pada jangka panjang adalah dua cara orang kaya mempertahankan dan mengembangkan kekayaan mereka."Alih-alih membeli Lamborghini yang mentereng..."

"Orang yang benar-benar kaya akan menggunakan jumlah uang yang sama untuk membeli rumah duplex untuk dua keluarga dan menyewakannya," tambahnya.

"Mereka tidak peduli apa yang Anda pikirkan tentang mereka atau apakah Anda terkesan. Mereka senang bisa mencairkan uang sewa dan membiarkan Anda membayar cicilan rumah."

 

5 dari 5 halaman

Menerima Perubahan

5. Terimalah perubahan

Matt Higgins memahami perubahan. Dia beralih dari seorang putus sekolah yang hidup dalam kemiskinan menjadi seorang jutawan mandiri dan salah satu pendiri dan CEO RSE Ventures, sebuah perusahaan investasi swasta.

Meskipun tidak semua perubahan dalam hidup menguntungkan, ia percaya bahwa merasa nyaman dengan perubahan adalah kunci kesuksesan. Pada acara virtual CNBC Make It: Your Money pada 2023, ia menekankan, "berusaha lebih keras" tidak berarti "mencoba hal yang sama".

Higgins tidak percaya pada konsep "kegigihan buta", yang menyatakan bahwa jika Anda bekerja keras dan mengikuti aturan, Anda akan berhasil.

Anda harus bersedia menerima kemungkinan rencana pertama Anda tidak memadai. Kesalahan bisa saja terjadi, dan Anda mungkin akan menemukan cara yang lebih baik untuk mencapai tujuan Anda, tetapi Anda tidak akan menemukan solusi yang tepat kecuali Anda siap untuk beradaptasi."Orang-orang yang paling sukses dalam hidup, jika Anda membandingkan PowerPoint mereka untuk [model] bisnis awal mereka, tidak ada yang mirip dengan apa yang terjadi lima tahun kemudian," katanya dalam konferensi tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.