Sukses

Danamon Luncurkan Layanan Pembayaran QRIS Pakai Dana Kartu Kredit

Fitur pembayaran QRIS dengan sumber dana Kartu Kredit di D-Bank PRO dirancang untuk memberikan kemudahan transaksi bagi nasabah, dengan langkah-langkah penggunaan yang sederhana

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) meluncurkan fitur terbaru di aplikasi mobile banking D-Bank PRO yang memungkinkan nasabah melakukan pembayaran QRIS menggunakan sumber dana Kartu Kredit Danamon. Langkah ini menjadi salah satu cara Bank Danamon menyediakan solusi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah untuk mencapai tujuan finansialnya. 

Chief Digital Officer PT Bank Danamon Indonesia Tbk Andreas Kurniawan menjelaskan, Bank Danamin percaya fitur pembayaran QRIS dengan kartu kredit ini akan semakin memperkuat posisi D-Bank PRO sebagai aplikasi keuangan pilihan generasi muda.

“Kami selalu berusaha untuk inovatif dalam memenuhi kebutuhan transaksi digital nasabah kami. Selain itu, usaha pengembangan fitur ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan kami terhadap program Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) yang mendorong penggunaan QRIS sebagai pembayaran digital yang lebih mudah serta dapat diawasi oleh regulator dari satu pintu.” jelas dia dalam keterangan tertulis, Selasa (26/3/2024).

Langkah yang dijalankan Danamon ini sejalan dengan hasil riset oleh Jakpat pada 2023 yang bertajuk Indonesia Fintech Trends 2023. Riset ini menunjukkan bahwa 45% dari 1.500 responden memilih mobile/internet banking untuk pembayaran digital, 46% di antaranya berasal dari generasi milenial dan 31% dari Gen Z.

Metode ini secara konsisten digunakan dalam berbagai transaksi offline dan online, termasuk pembelian makanan, tagihan, dan hiburan. Hal ini menegaskan bahwa generasi muda, terutama milenial dan Gen Z, masih memilih mobile/internet banking sebagai preferensi utama dalam melakukan transaksi finansial sehari-hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ekosistem Digital

Sejalan dengan hal tersebut, fitur pembayaran QRIS dengan sumber dana Kartu Kredit di D-Bank PRO dirancang untuk memberikan kemudahan transaksi bagi nasabah, dengan langkah-langkah penggunaan yang sederhana, yaitu pindai (scan) QRIS merchant, pilih kartu kredit sebagai sumber dana, masukkan nominal transaksi dan mPIN, dan transaksi pun berhasil dilakukan.

Peluncuran fitur pembayaran QRIS dengan Kartu Kredit merupakan langkah Danamon dalam mengintegrasikan layanannya dengan ekosistem digital yang lebih luas. Dengan memanfaatkan teknologi QRIS, Danamon memastikan bahwa nasabah dapat melakukan transaksi di berbagai merchant dengan mudah dan aman.

Pada sisi lain, Danamon juga sangat memperhatikan aspek keamanan dalam setiap transaksi digital. Fitur pembayaran QRIS dengan kartu kredit dilengkapi dengan berbagai lapisan keamanan, termasuk otentikasi mPIN dan sistem pemantauan transaksi real-time, untuk memastikan bahwa setiap transaksi aman dari risiko kecurangan atau penyalahgunaan.

 

3 dari 3 halaman

Fleksibilitas dan Keamanan

Consumer Lending Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Enriko Sutarto menambahkan, Danamon memahami pentingnya fleksibilitas dan keamanan dalam setiap transaksi.

“Dengan fitur baru ini, kami berharap dapat memberikan pengalaman transaksi yang tidak hanya lebih aman tetapi juga nyaman bagi pengguna Kartu Kredit. Kini, lebih praktis bagi nasabah untuk melakukan transaksi tanpa perlu mengeluarkan kartu kreditnya dari dompet terutama untuk pembelanjaan dengan nominal kecil ataupun transaksi di merchant yang tidak memiliki EDC," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.