Sukses

BI Buka Layanan Penukaran Uang Baru di Istora Senayan Mulai 28 Maret 2024, Cek Cara Penukarannya

Untuk mendukung layanan penukaran uang rupiah saat momen Lebaran 2024, Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan perbankan menyediakan titik-titik layanan penukaran uang rupiah di seluruh wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia mempersiapkan uang layak edar (ULE) sebesar Rp 197,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang rupiah pada momen Ramadan dan Lebaran 2024.

ULE ini naik 4,65 persen dibandingkan realisasi 2023 yang tercatat sebesar Rp 188,8 triliun. Antisipasi kenaikan jumlah ULE yang disiapkan mempertimbangkan peningkatan mobilitas masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri (RAFI) dan pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

Selain itu, untuk mendukung layanan penukaran uang rupiah bagi masyarakat, Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan perbankan menyediakan titik-titik layanan penukaran uang rupiah di seluruh wilayah Indonesia.

Seluruh rangkaian kegiatan penukaran uang pada momen Ramadan dan Idulfitri dikemas dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024  yang bertema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah" yang diluncurkan pada 15 Maret 2024.

“BI senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas program SERAMBI setiap tahunnya,” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P.Joewono seperti dikutip dari laman Bank Indonesia, ditulis Senin (25/3/2024).

Adapun pada 2024, penguatan program di antaranya penambahan jumlah paket penukaran menjadi maksimal Rp 4 juta, modernisasi armada kas keliling, penambahan fitur pada digitalisasi penukaran melalui QR code pada aplikasi PINTAR untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran.

Terhitung mulai 15 Maret-7 April 2024, masyarakat dapat menukar uang rupiah di 4.264 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di seluruh Indonesia.

BI juga menyediakan opsi layanan penukaran uang rupiah melalui layanan kas keliling di lokasi-lokasi strategis antara lain pasar tradisional dan modern, dan kas keliling susur sungai di beberapa wilayah.

Untuk wilayah DKI Jakarta, BI bersama perbankan akan menyediakan layanan penukaran terpadu pada 28-31 Maret 2024 di Istora Senayan. Sedangkan di daerah, hal serupa akan diselenggarakan antara lain lain di stadion dan alun-alun kota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Paket, Mekanisme Penukaran, hingga Pemesanan

Berikut paket penukaran rupiah dan mekanisme penukaran seperti dikutip dari laman instagram resmi Bank Indonesia di bank_indonesia, ditulis Senin (25/3/2024):

Paket Penukaran Uang Rupiah

-Jumlah penukaran uang rupiah maksimal Rp 4 juta

-Layanan tambahan meliputi penukaran UPK75RI dan penerimaan penukaran menggunakan uang logam pada kas keliling terpadu

Mekanisme Penukaran

-Masyarakat melakukan pendaftaran dan menentukan lokasi penukaran menggunakan aplikasi penukaran dan tarik uang rupiah (PINTAR) pada website www.pintar.bi.go.id

-Pemberian layanan secara go-show bagi masyarakat yang belum melakukan pendfataran di PINTAR dapat dilakukan selama kuota masih tersedia

Pemesanan oleh masyarakat

-Pemesanan dilakukan menggunakan NIK-KTP

-NIK-KTP yang telah digunakan untuk melakukan pemesanan penukaran uang rupiah dengan status menunggu pelaksanaan penukaran, tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan pemesanan penukaran hingga melewati hari penukaran

-Bukti pemesanan penukaran akan dikirimkan melalui e-mail atau dapat langsung diunduh pada saat masyarakat selesai mengisi data pemesanan

-Pemesanan dapat dilakukan selama kuota penukaran tersedia

Penukaran oleh masyarakat:

-Penukaran hanya dapat dilakukan pada tanggal, lokasi dan waktu yang tertera pada bukti pemesanan

-Penukar wajib membawa KTP dan bukti pemesanan penukaran uang rupiah melalui kas keliling dalam bentuk digital/cetak yang telah disertai QR code

-Masyarakat yang akan menukarkan uang rupiah harus terlebih dahulu memilah dan mengemas uang rupiah yang ditukarkan dengan cara:

A.Uang rupiah dipilar menurut jenis pecahan dan tahun emisi, serta disusun searah

B. Tidak menggunakan selotip, perekat,lakban atau staples untuk mengelompokkan atau menggabungkan

3 dari 4 halaman

Pemesanan melalui PINTAR

-Masyarakat dapat melakukan pemesanan paket penukaran uang rupiah pada SERAMBI 2024 melalui website PINTAR (https://pintar.bi.go.id) serta mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

-Klik menu penukaran uang rupiah melalui kas keliling kemudian pilih provinsi sebagai lokasi untuk melakukan penukaran

-Setelah itu, pilih lokasi, dan waktu pelaksanaan penukaran yang diinginkan dan klik lanjutkan

-Input data pemesan pada website PINTAR dan klik lanjutkan

-Selanjutnya pemesan dapat memilih pecahan yang tersedia pada SERAMBI 2024, dengan total maksimal Rp 4.000.000 dan juga tersedia penukaran UPK 75.

-Setelah selesai melakukan pemesanan, website PINTAR akan menampilkan kode pemesanan dapat berupa QR code.

-Kode pemesanan tersebut selanjutnya beserta KTP asli ditunjukkan kepada petugas kas keliling untuk dilakukan verifikasi pada saat pelaksanaan penukaran uang rupiah

4 dari 4 halaman

Batas Penukaran Uang Baru saat Ramadan dan Lebaran 2024 Naik Jadi Rp 4 Juta per Orang

Sebelumnya diberitakan, Bank Indonesia (BI) menambah batasan penukaran uang tunai selama periode Ramadan dan IdulFitri (RAFI) 2024.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim mengatakan, jumlah uang tunai yang bisa ditukar oleh masyarakat kini naik menjadi Rp. 4 juta per orang dari Rp 3,8 juta tahun lalu.

"Tahun ini kita buat paket yang lebih besar dari tahun lalu Rp 3,8 juta per orang, sekarang Rp 4 juta per orang," kata Marlison kepada media, usai Acara Kick Off Serambi 2024 di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Marlison merinci, paket penukaran uang Rp 4 juta per orang ini akan berisi setiap pecahan Rp 1.000 hingga Rp 50.000.

Dalam kesempatan itu, Marlison juga menyampaikan, BI menyiapkan uang layak edar hingga Rp 197,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran Rupiah pada periode Ramadan dan IdulFitri 2024. "Meningkat 4,65 persen dibandingkan tahun lalu," ujar dia. 

Pada 2023, realisasi uang layak edar BI tercatat sebesar Rp 188,8 triliun. "Ini terus tetap tumbuh dengan memperhatikan  pertumbuhan ekonomi kita dan mobilisasi masyarakat yang cukup tinggi. Kami juga memperhitungkan dampak digitalisasi dalam penggunaan uang Rupiah," tutur Marlison.

Selain itu, ia juga mengumumkan. BI akan membuka layanan penukaran uang di Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur.

“Kami juga menyediakan layanan tukar uang di titik arus mudik, salah satunya Jalan Tol Trans Jawa, Lampung, Lintas Sumatera, dan Medan. Khusus di Jawa kita akan buka di Kilometer 57, mulai tanggal 2-5 April,” ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.