Sukses

Kurangi Stres, Angkasa Pura II Mau Pangkas Waktu Check-In di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

tingkat stres penumpang dipengaruhi dari waktu tunggu antrean saat check-in. Artinya, ini akan berpengaruh juga pada tingkat kenyamanannya di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II tengah meramu sejumlah strategi guna meningkatkan kenyamanan penumpang di bandara. Salah satunya ada di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan.

Executive General Manager Bandara SMB II Palembang, Iwan Winava Mahdar mengungkapkan upaya yang akan dilakukannya adalah memangkas waktu tunggu dalam proses check-in penumpang. Upaya ini bakal jadi fokus pengelola bandara di 2024 ini.

"Pastinya kita coba untuk tidak ada antrean lama di check-in counter. Kita tahu memang secara regulasi paling lama itu 3-7 menit. Ktia coba untuk inovasi, kerja sama dengan teman-teman dari ground handling maupun maskapai, kita bikin SLA (Service Level Agreement) bagimana antrean ini tidak terlalu lama," kata Iwan saat ditemui di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan, dikutip Sabtu (23/3/2024).

Ramuannya, memberikan kemungkinan petugas bandara membantu check-in penumpang ketika antrean terlihat mulai mengular. Harapannya, waktu tunggu penumpang bisa semakin singkat.

"Contohnya, ketika ada antrean lebih dr 15, bisa gak teman-teman dari maskapai itu lakukan proses check-in itu seperti jalan tol sekarang, dia mengisi, ada petugas khusus yang melakukan check in di sini, mobile, di samping-sampingnya memang sudah ada, tapi jtia tambah lagi untuk jemput bola. Itu bagian dari yang sudah kami pikirkan untuk gimana ya supaya gak ada antrean cukup panjang," bebernya.

Iwan mengungkapkan alasannya. Menurutnya, tingkat stres penumpang dipengaruhi dari waktu tunggu antrean saat check-in. Artinya, ini akan berpengaruh juga pada tingkat kenyamanannya di bandara.

Ketika sang penumpang merasa nyaman, Iwan membidik ada dorongan untuk lebih menikmati berbagai fasilitas bandar. Termasuk pada rasio pengeluaran di toko-toko yang ada di ruang tunggu.

"Jadi sangat penting buat kami supaya dia menghabiskan waktu cukup lama di boarding lounge domestik, supaya spending rate-nya itu dia naik, belanja dia itu naik. Karena dia gak buru-buru lagi. Karena tingkat stresnya orang itu kan disini," urainya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Bandara Ternyaman Versi ACI

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dinobatkan jadi bandara ternyaman bagi calon penumpang pesawat se-Asia. Ini atas hasil penilaian dari Airports Council International (ACI).

Ada sederet langkah yang dilakukan oleh Angkasa Pura II selaku pengelola bandara di Palembang, Sumatera Selatan tersebut. Salah satunya adalah alur penumpang sejak masuk pintu pertama, hingga proses boarding menjelang penerbangan.

Executive General Manager Bandara SMB II Palembang, Iwan Winava Mahdar menjelaskan, atas hasil penilaian ACI, penumpang nyaman dengan perombakan alur geraknya di bandara.

"Mungkin salah satunya setelah saya mencoba untuk merubah flow, itu kan kita rubah flow-nya," kata Iwan ditemui di Bandara SMB II, Palembang, Sumatera Selatan, dikutip Sabtu (23/3/2024).

Dia mengisahkan, kini hanya ada satu jalur bagi penumpang. Alhasil pengalamannya berjalan di bandara bisa menikmati sederet fasilitas secara maksimal.

 

3 dari 3 halaman

Dapat 4 Penghargaan

Misalnya, dengan menutup akses persimpangan yang kerap membuat bingung calon penumpang. Ditambah lagi, ada upaya menempatkan sejumlah produk UMKM di sudut-sudut yang dilalui. Iwan menilai, hal ini jadi pengalaman tambahan yang menarik untuk penumpang.

Di sisi lain, dia juga mencoba menambahkan kesan kedaerahan Sumatera Selatan. Salah satunya menempatkan kain tenun khas di skylight yang menerangi kawasan pemeriksaan.

"Kita coba tadi, skylight yang mengganggu kenyamanan, AC jadi lebih panas kita tutup dengan kain-kain khas Sumsel. Sehingga mungkin itu menarik buat penumpang yang begitu masuk dia experience banget ini nih," bebernya.

Adapun 4 penghargaan yang dinobatkan oleh ACI diantaranya World Directoe General's Roll od Excellence, Best Airport of 2 to 5 Million Passenger in Asia, Easiest Airport Journey in Asia-Pasific, hingga Most Enjoyable Airporr in Asia-Pasific. Penobatan ini diumumkan pada 10 Maret 2024 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.