Sukses

BI Dukung Target Peningkatan Inklusi Keuangan Indonesia 90%

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan, Airlangga tingkat inklusi keuangan Indonesia telah mencapai 88,7% pada 2023 lalu, lebih tinggi dari tahun sebelumnya sebesar 85,1%.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyampaikan bahwa pihaknya mendukung peningkatan inklusi keuangan di Indonesia, dalam upaya mencapai target 90 persen tahun ini.

“BI mendukung komitmen untuk mendorong inklusi keuangan dengan target tahun ini sebesar 90 persen,” kata Deputi Gubernur BI Juda Agung, dalam konferensi pers Rapat Koordinasi Dewan Nasional Keuangan Inklusif di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Juda mengungkapkan, BI memiliki empat program untuk mendorong inklusi keuangan.

Program pertama, adalah pemberdayaan ekonomi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), salah satunya melalui upaya digitalisasi seperti QRIS dan sebagainya. 

“(Kemudian) pembiayaan UMKM yang terus meningkat dan saat ini telah mencapai 33 persen,” jelas Juda.

Ketiga, adalah program perluasan edukasi dan literasi keuangan, terutama terkait keuangan digital.

Terakhir adalah upaya perlindungan konsumen, khususnya terkait konsumen yang diawasi bank sentral dalam sistem pembayaran.

Dalam kesempatan itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan, Airlangga  tingkat inklusi keuangan Indonesia telah mencapai 88,7% pada 2023 lalu, lebih tinggi dari tahun sebelumnya  sebesar 85,1%.

Pada tahun 2020, tingkat inklusi keuangan mencapai 81,4%, berlanjut meningkat pada 2021 menjadi 83,6%, dan pada 2022 meningkat ke 85,1%, hingga 88,7% di 2023. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BI Dukung Target Peningkatan Inklusi Keuangan RI ke Target 90%

Pemerintah melalui OJK dan juga Bank Indonesia terus meningkatkan literasi keuangan dan inklusi keuangan di Indonesia. Pasalnya, misi Indonesia Emas 2045 akan sulit terwujud jika literasi keuangan Indonesia masih rendah. 

Saat ini, Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen dan inklusi keuangan sebesar 85,10 persen.

Hal ini berarti masih banyak masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam pengetahuan dan pemahaman mengenai produk dan layanan jasa keuangan. Alhasil tidak sedikit masyarakat yang terjebak dalam berbagai masalah keuangan seperti pinjol dan investasi ilegal.

Gubernur Provinsi Bengkulu, Rohidin Mersyah mengungkapkan bahwa salah satu faktor yang menghambat perekonomian adalah rendahnya literasi keuangan.

Menurutnya, literasi keuangan adalah upaya mengenal, memahami, dan mengambil keputusan dalam mengelola keuangan. Kalau literasi keuangan seseorang bagus mreka bisa mengenal dan memahami lembaga keuangan termasuk pelaku usaha keuangan.

"Setelah kenal dia pahami, oh ternyata produknya ini, asuransi ini, lembaga pembiayaan ini dan sebagainya. Tinggal ujungnya ini kalau masih ragu tinggal konsultasikan ke OJK, benar tidak lembaga ini, legal tidak. Setelah itu ujungnya ambil keputusan, owh kalau nabung harus ke bank, investasi harus ke sini, dengan begitu tidak mungkin kita tertipu dengan pinjol, janji-janji investasi. Dan sikap pruden (hati-hati) menjadi sebuah kunci," kata Rohidin dalam acara Desaku Cakap Keuangan, Senin (26/2/2024).

Oleh sebab itu, Ia mengapresiasi kegiatan Desaku Cakap Keuangan ini yang bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Bengkulu.

Berdasarkan SNLIK, indeks literasi keuangan Provinsi Bengkulu tercatat mencapai 30,39%, masih berada di bawah rata-rata Nasional yang berada di angka 49,68%.

3 dari 3 halaman

Pentingnya Digital dan Internet

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan informatika RI (Kominfo), Usman Kansong mengatakan, peningkatan akses keuangan bisa dilakukan melalui digital dan internet, namun masyarakat harus melek keuangan dalam membedakan lembaga keuangan resmi dan ilegal.

Namun Usman mengingatkan, tidak semua pinjaman online itu legal. Sejak tahun 2017 hingga 2023, OJK bersama dengan Kominfo telah memblokir 6.895 entitas, pinjol, investasi, dan gadai ilegal. Meski telah banyak yang ditutup namun faktanya masih ada saja penawaran pinjaman online dan investasi ilegal yang bermunculan di masyarakat.

"Ciri-ciri pinjol ilegal itu tidak terdaftar, kemudian mudah memberikan pinjamannya tapi bunga dan dendanya tinggi. Kemudian menawarkan pinjaman lewat Whatsapp dan SMS, meminta akses data pribadi bahkan meminta data teman dekat, keluarga, saudara. Selanjutnya pinjol ilegal biasanya melakukan penagihan tidak beretika seperti meneror," tegasnya.

Lebih lanjut, dia bilang, ciri-ciri investasi ilegal menjanjikan keuntungan tidak wajar, menjanjikan bonus besar, melakukan promosi mewah dan ditunjukkan investor sukses, serta legalitasnya tidak jelas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini