Sukses

Cara Pupuk Kaltim Dukung Ketahanan Pangan Nasional

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berkomitmen mengimplementasikan strategi serta inovasi dalam mengembangkan bisnisnya.

Liputan6.com, Jakarta PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berkomitmen mengimplementasikan strategi serta inovasi dalam mengembangkan bisnisnya.

Pupuk Kaltim juga telah berhasil dalam mengimplementasikan rangkaian strategi perusahaan yang berbasis pada prinsip growth strategy baik pada sektor produksi dan suplai, diversifikasi usaha, hingga ekspansi geografis.

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Budi Wahju Soesilo mengatakan, pihaknya terus menerapkan operational excellence di seluruh lini bisnis dan operasionalnya sambil menjaga produktivitas pertanian nasional, dan sekaligus memastikan keamanan distribusi pupuk demi mendukung ketahanan pangan nasional.

Tidak hanya itu, pada aspek keberlanjutan bisnis Pupuk Kaltim sebelumnya telah merumuskan rencana bisnis untuk periode 2021-2030, yang salah satunya berfokus pada inovasi teknologi yang efektif dan ramah lingkungan serta didukung oleh prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

"Lebih lagi, pada aspek inklusivitas dan sinergitas perusahaan juga berkomitmen untuk terus penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG), yang menekankan pentingnya praktik bisnis yang transparan, etis, dan bertanggung jawab," kata Budi, Jumat (15/3/2024).

Kolaborasi

Selain berbagai upaya reinvention business dalam tubuh Pupuk Kaltim, pihaknya juga terus melakukan kolaborasi dengan berbagai stakeholders sehingga dapat lebih memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar yang lebih besar.

Hal ini salah satunya diterapkan melalui program Makmur telah dilaksanakan sejak 2020 dan dilakukan bersama dengan Pupuk Indonesia melalui sinergi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Pertumbuhan Petani

Melalui program ini, Pupuk Kaltim berkontribusi dalam menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan para petani hingga pendampingan secara berkelanjutan.

Berkat upaya tersebut, Pupuk Kaltim kerap mendapatkan berbagai pencapaian dan pengakuan, salah satunya adalah penghargaan pada Anugerah BUMN 2024.

Di ajang tahunan yang digelar untuk ketiga belas kalinya tahun ini, Pupuk Kaltim berhasil mendapatkan tiga penghargaan untuk Best CEO Visionary Leadership, Best Corporate in Carbonization Initiative, dan Pengembangan Talenta & SDM Unggul Perusahaan Terbaik.

"Ke depannya kami berharap dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain di Indonesia untuk berkontribusi dalam memajukan perekonomian Indonesia, khususnya dalam industri pupuk dan petrokimia, sambil tetap berusaha menjadi yang terbaik," katanya.

Pupuk Kaltim dinilai mampu menerapkan strategi dan inovasi pada dua aspek kunci, yaitu implementasi teknologi dan manajemen SDM yang unggul, terutama dalam mendukung dekarbonisasi dan pengurangan emisi karbon.

Dalam satu dekade pertama sejak digagas pada tahun 2022, Pupuk Kaltim berkomitmen untuk mengurangi hingga sepertiga emisi karbon pada tahun 2030 dan berkontribusi terhadap target pemerintah mencapai Net Zero Emission di 2060.

“Harapannya, dengan inovasi yang konsisten dan penerapan langkah-langkah strategis yang maksimal, bukan hanya di Pupuk Kaltim tetapi juga di seluruh lingkup BUMN, kita dapat bersama-sama bersinergi dan berkolaborasi mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia," tutup Soesilo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.