Sukses

Toyota Setuju Naikkan Upah Buruh Terbesar dalam 25 Tahun

Toyota Motor setuju untuk memberikan kenaikan gaji terbesar bagi para pekerja pabrik dalam 25 tahun terakhir pada hari Rabu (13/3/2024).

Liputan6.com, Jakarta Toyota Motor setuju untuk memberikan kenaikan gaji terbesar bagi para pekerja pabrik dalam 25 tahun terakhir pada hari Rabu (13/3/2024). Kenaikan gaji ini meningkatkan ekspektasi untuk memberikan kelonggaran bagi bank sentral untuk melakukan pergeseran kebijakan penting minggu depan.

Toyota, Panasonic, Nippon Steel dan Nissan termasuk di antara beberapa perusahaan terbesar di Jepang yang setuju untuk memenuhi tuntutan serikat pekerja untuk kenaikan gaji pada negosiasi upah tahunan yang berakhir pada hari Rabu.

Perundingan tersebut, yang telah lama menjadi ciri khas hubungan kolaboratif antara perusahaan dan buruh, diawasi dengan ketat tahun ini karena kenaikan upah diharapkan dapat membantu melapangkan jalan bagi bank sentral untuk mengakhiri kebijakan suku bunga negatif yang telah berlangsung selama bertahun-tahun paling cepat minggu depan.

Sebagaimana yang dikutip dari Channel News Asia, Rabu (13/3/2024), Toyota sebagai produsen mobil terbesar di dunia dan secara tradisional menjadi pembicara utama dalam perundingan tahunan, mengatakan bahwa mereka menyetujui tuntutan kenaikan gaji bulanan sebanyak 28.440 yen atau sekitar Rp 2.995.661 dan rekor pembayaran bonus.

Sesuai dengan praktik sebelumnya, perusahaan tidak memberikan angka persentase untuk kenaikan gaji.

"Kami melihat momentum yang kuat untuk kenaikan upah," kata juru bicara pemerintah dan kepala sekretaris kabinet Jepang, Yoshimasa Hayashi, kepada para wartawan.

"Sangat penting bahwa momentum kenaikan upah yang kuat akan menyebar ke perusahaan-perusahaan kecil dan menengah."

Perdana Menteri Fumio Kishida telah menjadikan akselerasi peningkatan upah yang lambat sebagai prioritas utama untuk meningkatkan belanja konsumen yang lemah. Kenaikan upah di Jepang masih jauh di bawah rata-rata kelompok negara kaya OECD.

Bank of Japan juga mengamati dengan seksama hasil-hasil ini sebagai titik data utama sebelum mengakhiri suku bunga negatif, yang diberlakukan sejak tahun 2016.

Bank yang telah bertahan dengan stimulus besar-besaran dan suku bunga sangat rendah, lebih lama daripada negara-negara maju lainnya dalam upaya untuk menghidupkan kembali ekonomi yang lesu, akan mengadakan pertemuan penetapan kebijakan berikutnya pada 18-19 Maret.

"Hasil dari negosiasi upah tahunan tahun ini sangat penting" dalam menentukan waktu keluar dari stimulus besar-besaran, gubernur Kazuo Ueda mengatakan kepada parlemen pada hari Rabu.

Menurut kelompok serikat buruh terbesar di Jepang, Rengo, para pekerja di perusahaan-perusahaan besar telah meminta kenaikan tahunan sebesar 5,85%. Apabila disetujui, rasio kenaikan tahunan akan menembus level 5% untuk pertama kalinya dalam 31 tahun.

Ekonom senior di Japan Research Institute dan ahli isu-isu ketenagakerjaan, Hisashi Yamada, memperkirakan kenaikan secara keseluruhan sebesar 4,2% hingga 4,3% berdasarkan respon yang "cukup kuat" sejauh ini, dan mungkin lebih dari 5% untuk perusahaan-perusahaan besar.

Ia mengaitkan kenaikan ini dengan tren kenaikan upah secara global, kekurangan tenaga kerja dalam negeri, dan inflasi.

"Namun, keberlanjutan kenaikan gaji yang kuat dan apakah tren kenaikan upah akan menyebar ke perusahaan-perusahaan kecil dan menengah di masa depan masih belum pasti," kata Yamada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek Trickle Down Ke Bawah

Asosiasi Pekerja Logam, Mesin, dan Manufaktur Jepang (JAM), sebuah serikat pekerja yang mewakili para pekerja di pabrik-pabrik kecil, mengatakan bahwa kenaikan upah yang dijamin untuk para anggotanya melebihi ekspektasi dan terdapat perubahan dalam pola pikir para pekerja. Hal ini menjadi sebuah tanda positif mengenai kenaikan gaji bagi pekerja Jepang. 

"Orang Jepang akhirnya mulai menyadari bahwa kesenjangan antara upah di dalam dan di luar negeri melebar secara signifikan," kata Ketua JAM Katahiro Yasukochi kepada para wartawan.

Perusahaan-perusahaan kecil mempekerjakan tujuh dari 10 pekerja di Jepang, namun kesulitan untuk menawarkan kenaikan gaji yang cukup besar karena mereka tidak memiliki daya saing yang besar untuk membebankan kenaikan kepada klien.

Ketua Dewan Serikat Pekerja Logam Jepang, Akihiro Kaneko, menggemakan sentimen Yasukochi dan mengatakan bahwa ia berharap hasil tahun ini dapat mengarah pada siklus yang baik antara upah yang lebih tinggi dan inflasi.

Perusahaan-perusahaan besar seperti Toyota ditekan pemerintah untuk memfasilitasi kenaikan upah di tingkat hilir sehingga upah riil, yang disesuaikan dengan inflasi, dapat mengubah tren penurunan beruntun selama 22 bulan.

"Kami berharap bahwa hasil kami dapat menyebar ke semua pemasok kami," kata kepala sumber daya manusia Toyota, Takanori Azuma, kepada para wartawan.

"Kami harus terus meminta pemasok tingkat satu untuk meneruskannya kepada pemasok tingkat dua dan seterusnya," katanya, seraya menambahkan bahwa pada akhirnya, keputusan upah tergantung pada masing-masing perusahaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.