Sukses

Oppenheimer Jadi Box Office Pertama yang Raih Film Terbaik dalam 20 Tahun di Penghargaan Oscar

Meraih penghasilan sekitar Rp 14,8 triliun, Oppenheimer meraih domestik box office terbesar di Amerika Serikat sejak film The Return of the King.

Liputan6.com, Jakarta - Film Oppenheimer mendominasi di penghargaan Oscar 2024 pada Minggu, 10 Maret 2024 waktu setempat. Film Oppenheimer mendapatkan tujuh piala Oscar setelah meraih 13 nominasi.

Dikutip dari Forbes, ditulis Selasa  (12/3/2024), sang sutradara Christopher Nolan bahkan mengakhiri waktu panjang dalam Academy Award untuk film-film beranggaran besar setelah memenangkan sutradara terbaik dan film terbaik berkat Oppenheimer.

Berdasarkan BoxOfficeMojo, Oppenheimer telah meraih penghasilan Rp 14,85 triliun (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah 15.504), dan menjadikannya penerima penghargaan global terbesar yang memenangkan penghargaan utama di Academy Award sejak The Lord of the Rings: The Return of the King yang dimenangkan pada 2004. Secara global, trilogy Lord of the Rings meraih USD 1,15 miliar atau sekitar Rp 17,83 triliun.

Selain itu, Oppenheimer juga meraih domestik box office terbesar di Amerika Serikat sebesar USD 329 juta atau sekitar Rp 5,10 triliun sejak The Return of the King.

Adapun film terakhir yang memenangkan film terbaik di Oscar dan meraih USD 100 juta atau sekitar Rp 1,55 triliun di box office Amerika Serikat pada 2012 yakni Argo.

Dengan prediksi anggaran USD 100 juta, Oppenheimer menjadi salah satu film dengan anggaran terbesar yang memenangkan film terbaik pada Oscar 2024.

Untuk perbandingan, film The Departed menjadi film dengan anggaran sekitar USD 90 juta yang memenangkan Oscar. Lalu, film Argo yang disutradarai Ben Affleck menjadi salah satu film dengan anggaran lebih tinggi USD 25 juta.

Mengutip slashfilm.com, dengan penghasilan sekitar Rp 14,9 triliun, Oppenheimer menjadi salah satu film yang memenangkan film terbaik di Oscar dalam 20 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penantian Christopher Nolan

Sebelumnya diberitakan, yang dinanti akhirnya jadi kenyataan. Christopher Nolan menang Piala Oscar pertama kategori Sutradara Terbaik lewat film Oppenheimer yang dibintangi Robert Downey Jr dan Cillian Murphy.

Ini hasil dari penantian panjang mengingat kali pertama Christopher Nolan masuk bursa Piala Oscar di kategori Skenario Asli Terbaik lewat film Memento. Setelah 22 tahun berjuang, akhirnya sang sineas menang.

“Kepada Komite The Academy, industri film baru berusia lebih dari 100 tahun. Kita tak tahu ke mana arah perjalanan luar biasa ini setelahnya. Tapi mengetahui Anda menganggap saya bagian penting darinya sangat berarti bagi saya,” katanya.

Dalam malam puncak Piala Oscar 2024 yang digelar di The Dolby Theatre Los Angeles, AS, Minggu (10/3/2024) waktu setempat, kemenangan Oppenheimer di bidang penyutradaraan memuluskan jalannya meraih gelar Film Terbaik.

 

3 dari 4 halaman

Memenangkan Pengakuan

Christopher Nolan menang Piala Oscar setelah mengalahkan Martin Scorsese (Killers of the Flower Moon), Justine Triet (Anatomy of a Fall), Yorgos Lanthimos (Poor Things), dan Jonathan Glazer (The Zone of Interest).

“Memenangkan pengakuan dari rekan-rekan saya adalah hal luar biasa. Ini sangat penting bagi saya. Ini akhir yang luar biasa untuk tahun yang luar biasa ini,” ungkap Christopher Nolan seperti dikabarkan Variety, Senin (11/3/2024).

Saat menerima Piala Oscar Sutradara Terbaik, sutradara The Dark Knight dan Interstellar sempat bercanda soal apa yang akan dilakukan setelah kemenangan yang bersejarah ini.

“Artinya saya bisa punya rambut ikal,” candanya, melansir dari AP News pagi ini. Christopher Nolan kini menang dua Piala Oscar. Piala kedua, datang dari kategori utama, Film Terbaik mengingat, sang sineas juga menjabat produser.

Dalam catatan Showbiz Liputan6.com, ini kali kedua Christopher Nolan dinominasikan sebagai Sutradara Terbaik. Sebelumnya, pada 2018, ia nomine Sutradara Terbaik berkat Dunkirk.

Oppenheimer dalam Oscar 2024 memborong 13 nominasi dan panen 7 piala. Dua di antaranya kategori akting untuk Robert Downey Jr (Pemeran Pendukung Pria Terbaik) dan Cillian Murphy (Pemeran Utama Pria Terbaik).

4 dari 4 halaman

Puncak SAG Awards

Tinggal selangkah lagi aktor Cillian Murphy menggenggam Piala Oscar Pemeran Utama Pria Terbaik. Lantaran, lewat Oppenheimer, ia menang SAG Awards 2024 untuk kategori yang sama.

Dalam malam puncak SAG Awards 2024 yang digelar di Los Angeles, AS, Sabtu (24/2/2024) waktu setempat, pemeran J Robert Oppenheimer menerima piala dari pemenang tahun lalu, Brendan Fraser.

“Saya tidak pernah merasa begitu diperhatikan sekelompok aktor setiap hari. Melihat nama kalian di lembar panggilan, membuatku berani kawan. Jadi terima kasih. Terima kasih,” kata Cillian Murphy dalam pidato kemenangannya.

Setelahnya, ia merasa berutang budi kepada sutradara Oppenheimer, Christopher Nolan, yang telah bekerja sama selama 20 tahun terakhir. Tanpa Christopher Nolan kemenangan ini tak akan terjadi.

“Chris Nolan dan Emma Thomas, seperti biasa, aku berutang budi padamu. Kepada istriku, Yvonne dan putra-putraku, Malachy dan Aran, aku memuja kalian,” ungkap sang aktor.

Cilliam Murphy lantas terkenang masa lalu yang diwarnai kegagalan saat merintis karier di dunia seni khususnya musik. Namun, bintang film The Dark Knight dan Inception menarik hikmah dari pasang surut hidupnya.

Siapa sangka, kini Cilliam Murphy bersanding dengan empat nomine lain di SAG Awards: Bradley Cooper (Maestro), Colman Domingo (Rustin), Paul Giamatti (The Holdovers), dan Jeffrey Wright (American Fiction).

“Dua puluh delapan tahun lalu ketika saya mencoba jadi aktor, saya adalah musisi gagal,” aku Cillian Murphy. “Tapi sekarang melihat ke luar dan kalian semua di sini hari ini, saya tahu saya adalah bagian dari sesuatu yang sungguh luar biasa.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini