Sukses

Kekayaan Anant Ambani, Anak Miliarder India Gelar Pesta Pranikah Mewah hingga Undang Rihanna

Nama Anant Ambani menjadi perhatian publik setelah menggelar pesta pranikah selama 3 hari berturut-turut di Mumbai. Diketahui, Anant Ambani merupakan putra dari konglomerat India, Mukesh Ambani.

Liputan6.com, Jakarta Nama Anant Ambani menjadi perhatian publik setelah menggelar pesta pranikah selama 3 hari berturut-turut di Mumbai. Bahkan dalam pesta pranikahnya, Anant Ambani mengundang penyanyi Rihanna yang kabarnya diberi bayaran hingga 5 juta poundsterling atau sekitar Rp 99,66 miliar.

Diketahui, Anant Ambani merupakan putra dari konglomerat India, Mukesh Ambani.

Sebagai anak dari orang terkaya di India, Anant Ambani mengelola kerajaan bisnis yang dibangun sang ayah, Mukesh Ambani.

Melansir dari biographico, kekayaan Anant Ambani diperkirakan mencapai USD45 miliar atau setara dengan Rp707 triliun. Reliance Industries Limited (RIL) menjadi salah satu sumber pendapatan Anant. Reliance merupakan perusahaan multinasional India yang berpusat di Mumbai, India.

Reliance bergerak di berbagai sektor mencakup energi, petrokimia, gas alam, ritel, telekomunikasi, media massa, hiburan, dan tekstil. Pada November 2023, kekayaan Anant dari perusahaan ini sebesar USD200 juta setara dengan Rp3 triliun. Ini di luar warisan keluarga.

Selama menjadi pewaris Reliance, Anant dikabarkan tidak menerima gaji dari perusahaan. Melainkan mendapat bayaran dari hasil komisi perusahaan. Jumlahnya tergantung pada berkembangnya perusahaan yang dipimpinnya.

Investasi

Sama seperti sang ayah, Anant Ambani memiliki kemampuan bisnis yang andal dengan melakukan investasi pada perusahaan yang berfokus pada pendidikan kesehatan dan teknologi.

Usahanya sukses seperti Embibe, Kare Expert, dan Asteria Aero space. Inisiatifnya dalam berbisnis menjadi penilaian lebih terhadap potensi Anant Ambani untuk mewarisi perusahaan keluarganya dan menambah profit pribadinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengeluaran Pesta Pranikah Anak Mukesh Ambani Setara Rp 2,3 Triliun, Buat Apa Saja?

Sebelumnya, orang terkaya di Asia, Mukesh Ambani menggelar pesta pranikah selama tiga hari untuk putranya Anant Ambani dan tunangannya Radhika Merchant.

Perayaan itu habiskan pengeluaran sekitar 120 juta poundsterling atau sekitar USD 151,9 juta (sekitar Rp 2,39 triliun, asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.740).

Biaya pesta pranikah itu diungkapkan sumber Daily Mail yang dikutip dari laman e.vnexpress.net, Senin (4/3/2024). Pesta pranikah Anant Mumbani dan Radhika Merchant itu juga dihadiri tokoh terkenal termasuk CEO induk usaha Facebook Meta yakni Mark Zuckerberg, putri mantan Presiden AS Donald Trump yakni Ivanka Trump dan pendiri Microsoft Bill Gates.

Lalu untuk apa saja biaya pesta tersebut?

Untuk katering acara mewah yang ditangani oleh grup hotel papan atas di India diperkirakan menelan biaya sekitar USD 20 juta poundsterling atau sekitar Rp 398,69 miliar (asumsi poundsterling terhadap rupiah di kisaran 19.934).

Sumber yang dekat dengan Ambani menyebutkan penampilan penyanyi Rihanna di kota yang berlangsung di Jamnagar, India dibanderol 5 juta poundsterling atau sekitar Rp 99,66 miliar.

Anggaran tersisa dialokasikan untuk akomodasi sejumlah staf dan tim kuliner yang terdiri dari 21 koki dari Kota Indore, India yang siapkan beragam 2.500 hidangan yang mencakup masakan India, Meksiko, China dan Eropa.

Selain itu, pengeluaran lain untuk mengatur penginapan mewah di dekat Jamnagar untuk sekitar 1.000 tamu. Sumber yang dekat dengan keluarga Mukesh Ambani menyatakan, total pengeluaran mungkin meningkat mengingat pernikahan dijadwalkan di Mumbai pada Juli 2024.

 

3 dari 4 halaman

Biaya Pernikahan Anant Bakal Melebihi Saudara Perempuannya

Hal ini menyebabkan pernikahan Anant melebihi biaya pernikahan saudara perempuannya Isha pada 2018 yang dilaporkan menelan biaya sekitar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,57 triliun dan mengundang Beyonce pada saat itu, menurut AFP.

Untuk memperingati pernikahan yang akan datang, keluarga Ambani juga telah membangun kompleks candi Hindu di Jamnagar, seperti diungkapkan dalam postingan Reliance Foundation, bagian dari bisnis keluarga, di media sosial.

“Untuk mengantisipasi pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant yang ditunggu-tunggu, keluarga Ambani telah berkontribusi dalam pendirian kuil baru di dalam kompleks kuil yang luas di Jamnagar,” baca postingan Facebook yayasan tersebut.

Anant Ambani (28) adalah anak bungsu dari Mukesh Ambani, yang memimpin konglomerat Reliance Industries, dengan pendapatan tahunan sebesar USD110 miliar.

Pada 4 Maret 2024, Forbes mencatat kekayaan Mukesh Ambani sebesar USD 117 miliar atau sekitar Rp 1.841 triliun, menjadikannya orang terkaya di Asia dan orang terkaya ke-9 di dunia.

Radhika Merchant, 29, adalah putri Shri Viren Merchant, kepala eksekutif perusahaan perawatan kesehatan terkemuka di India, Encore Healthcare.

Pasangan ini, yang telah berkenalan sejak masa mudanya, keduanya mengenyam pendidikan di Amerika Serikat.

Perayaan pranikah mereka, yang berlangsung dari Jumat hingga Minggu, menampilkan beragam tema, acara, dan aturan berpakaian, dengan sorotan utama adalah kunjungan ke "pusat penyelamatan hewan" di Jamnagar pada Sabtu, 2 Maret 2024. Pusat yang menjadi rumah bagi berbagai hewan eksotik ini merupakan proyek khusus yang dipimpin oleh Anant.

4 dari 4 halaman

Orang Terkaya Mukesh Ambani Undang Bill Gates hingga Mark Zuckerberg ke Pesta Pranikah Anaknya

Miliarder asal India Mukesh Ambani memulai perayaan pernikahan besar-besaran di India untuk putra bungsunya Anant Ambani (28). Cara dilakukan mulai dari sewa jet untuk para taipan dan selebritas, menggundang Rihanna hingga bos perusahaan besar.

Dikutip dari laman South China Morning Post, Sabtu (2/3/2024), bos Reliance dan orang terkaya di Asia yang mencatat kekayaan USD 117,4 miliar atau sekitar Rp 1.843 triliun (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.705) berdasarkan data Forbes, dikenal tak pernah berpesta setengah-setengah.

Momen yang membuat India terpaku ada deretan acara pranikah selama tiga hari untuk putra bungsunya Anant Ambani yang akan menikahi pacar lamanya Radhika Merchant (29). Dimulai pada Jumat, 1 Maret 2024, acara itu dihadiri 1.200 tamu dan berlangsung di Jamnagar, dekat kilang minyak utama Reliance di wilayah Gujarat bagian barat.

Pernikahan itu baru dilangsungkan pada Juli, dan perayaan secara de facto dimulai pada Rabu saat Anant dan calon istrinya mengadakan makan malam bersama untuk penduduk desa setempat yang melayani 51.000 orang.

Selain penyanyi Rihanna, pesulap Amerika Serikat David Blaine akan tampil dan juga akan ada upacara tradisional di komplek kuil.

Sementara itu, pesta pranikah Anant Ambani juga dihadiri oleh miliarder Bill Gates. Mengutip India Times, pendiri Microsoft ini menjadi berita utama karena berkolaborasi dengan Dolly Chaiwala, seorang penjual teh. Gates unggah video bersamanya menanyakan chai-nya yang terkenal.

Selain itu, CEO Meta Mark Zuckerberg bersama sang istri Priscilla Chan juga tiba. Ia sedang tur Asia dan memulai perjalanannya di Jepang dan Korea Selatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.