Sukses

Pentingnya Keahlian Digital Marketing di Era Pekerjaan Berbasis Teknologi

Perkembangan dunia digital secara sadar atau tidak telah mengubah banyak aspek dalam kehidupan, termasuk dalam bisnis dan karier. Perlahan namun pasti, perkembangan ini membuka peluang baru di sektor pekerjaan berbasis teknologi internet.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan dunia digital secara sadar atau tidak telah mengubah banyak aspek dalam kehidupan, termasuk dalam bisnis dan karier. Perlahan namun pasti, perkembangan ini membuka peluang baru di sektor pekerjaan berbasis teknologi internet.

Demi merespons dinamisnya perkembangan dunia digital, PT Global Edukasi Talenta Inkubator (LPK GeTI Inkubator), sebagai lembaga pengajaran, menjalin kerja sama dengan Kementerian Perindustrian RI dan Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi profesi digital marketing gratis bagi para mahasiswa dan mahasiswi di perguruan tinggi tersebut.

Presiden Direktur LPK GeTI Inkubator, Amalia S. Prabowo menjelaskan alasan di balik inisiatif pelatihan dan sertifikasi ini,

"Kami dengan senang hati menyelenggarakan program pelatihan dan sertifikasi digital marketing gratis sebagai wujud keseriusan kami dalam memberikan akses pendidikan berkualitas, memberdayakan mahasiswa-mahasiswi, dan mendorong peningkatan kompetensi dan kemajuan karier mereka. Keputusan ini diambil atas komitmen mendalam kami terhadap pendidikan inklusif dan kesempatan belajar yang merata bagi semua," tutur dia dikutip Minggu (3/3/2024).

Program ini ditujukan bagi 800 mahasiswa dan mahasiswi UGM yang berasal dari berbagai fakultas, antara lain Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Tidak hanya menyasar mahasiswa dan mahasiswi, pelatihan dan sertifikasi ini juga memfasilitasi para dosen dan tenaga kependidikan yang berkeinginan memahami digital marketing guna mendukung pencapaian target kinerja fakultas. 

Pelatihan berlangsung pada tanggal 17–18 Februari 2024 secara daring melalui platform Zoom, dilanjutkan dengan sesi pra-asesmen dan bimbingan teknis pada tanggal 23 Februari 2024 di Grha Sabha Pramana, dan diakhiri dengan sertifikasi pada tanggal 24–25 Februari 2024 di gedung fakultas masing-masing. 

Seluruh rangkaian pelatihan dan sertifikasi tersebut diselenggarakan dengan pendampingan langsung oleh para instruktur ahli yang berkompeten. Inilah yang menjadi bukti komitmen mendalam LPK GeTI Inkubator terhadap pentingnya digital marketing sebagai landasan utama dalam era bisnis modern. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Skema Sertifikasi Profesi

Digital marketing menjadi bagian dari skema sertifikasi profesi yang cocok untuk dipelajari oleh pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), mahasiswa-mahasiswi dan pekerja yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan bisnis daring, pekerja yang ingin melakukan upskilling untuk menunjang karier, dan lain sebagainya. 

Keseriusan LPK GeTI Inkubator dalam penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi ini tecermin dalam berbagai manfaat yang ditawarkan bagi mahasiswa dan mahasiswi UGM sebagai peserta program, termasuk sertifikasi kompetensi bagi peserta yang lulus, sesi konsultasi, program inkubasi bisnis, tersedianya produk untuk dijual, bahkan pembagian keuntungan dari omzet penjualan. 

Sementara itu, Kementerian Perindustrian RI juga memberikan dukungan atas acara ini sebagai bentuk perhatian terhadap pengembangan SDM di dalam negeri.

"Melalui program pelatihan dan sertifikasi digital marketing gratis untuk mahasiswa dan mahasiswi UGM ini, kami bertekad membuka peluang bagi generasi muda untuk menguasai keterampilan terkini di dunia digital. Inisiatif ini sejalan dengan visi kami untuk memajukan industri dan menciptakan SDM yang kompeten serta siap menghadapi tantangan global," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Kompetensi di Bidang Digital

Tentu saja, kesuksesan program ini tidak akan tercapai tanpa dukungan dari pihak universitas. Kesadaran akan pentingnya kompetensi di bidang digital menjadi alasan utama mengapa UGM menyambut positif inisiasi program ini.  

"Dengan penerapan program pelatihan dan sertifikasi ini, UGM menegaskan dedikasinya untuk mencerdaskan mahasiswa dan mahasiswi dengan memberikan wawasan komprehensif untuk memajukan paradigma berpikir, sekaligus memberikan mereka keterampilan fundamental yang relevan untuk meraih kesuksesan di dunia profesional. Langkah ini mencerminkan tekad kami dalam mempersiapkan mereka menghadapi tantangan nyata masa depan dengan keahlian yang dapat langsung dipraktikkan," tegas Dekan Fakultas Ilmu Budaya UGM, Prof. Dr. Setiadi, M.Si.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.