Sukses

Mudah! Pantau Investasi Lewat Aset KSEI di BRImo untuk Seluruh Portofolio Anda

Investasi menjadi fokus utama sebagian orang dalam memberikan keuntungan finansial tambahan di kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Investasi menjadi fokus utama sebagian orang dalam memberikan keuntungan finansial tambahan di kehidupan sehari-hari. Selain itu, agar investasi berjalan dengan lancar, kemudahan akses dan transparansi informasi pun menjadi kunci suksesnya. 

Di tengah kompleksitas pasar keuangan, penting bagi para investor untuk memiliki alat yang memungkinkan untuk melacak dan mengelola portofolio investasi mereka dengan efisien dan tepat waktu. Hal itu pun dapat mempermudah keputusan dalam berinvestasi agar tepat dan menguntungkan.

Guna memberikan kemudahan dalam berinvestasi, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI melalui BRImo menghadirkan solusi inovatif. Pasalnya, dengan BRImo, nasabah tidak hanya dapat mengakses layanan perbankan, namun juga memantau serta mengelola investasi dengan mudah, terutama lewat AKSes yang disediakan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Fyi, KSEI atau PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) merupakan Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP) di Pasar Modal Indonesia yang menyediakan layanan jasa Kustodian sentral dan penyelesaian transaksi Efek yang teratur, wajar, dan efisien, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fasilitas Aset KSEI

Dilansir dari laman KSEI.co.id, fasilitas Aset KSEI adalah sarana akses informasi melalui jaringan internet yang diperuntukkan bagi investor untuk memonitor posisi dan mutasi Efek miliknya yang tersimpan pada Sub Rekening Efek di KSEI. 

Setiap Investor pun berhak memperoleh akses atas fasilitas ini melalui Pemegang Rekening KSEI, di mana investor terdaftar sebagai nasabah. KSEI tidak mengenakan biaya apa pun, baik kepada Pemegang Rekening KSEI atau investor.  

Selain itu, untuk para pemegang rekening, Aset KSEI juga memberikan sejumlah manfaat dalam berinvestasi. Pasalnya, Aset KSEI bisa memberikan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya sesuai dengan ketentuan berlaku bagi investor.

Tak hanya itu, Aset KSEI juga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi dalam penyampaian dan penyajian informasi berupa inquiry atau report bagi nasabahnya dengan data akurat secara langsung. Aset KSEI juga bisa mengurangi biaya komunikasi, biaya cetak, dan biaya pengiriman laporan.

Dan untuk semakin memberikan kemudahan layanan investasi, juga terdapat Co-Branding AKSes KSEI. Co-Branding AKSes KSEI merupakan kerja sama antara KSEI dengan perbankan untuk memberikan layanan inquiry portofolio seluruh aset investor yang disimpan di KSEI melalui channel yang dimiliki oleh bank.

3 dari 4 halaman

Co-Branding AKSes KSEI di BRImo

Fitur Portofolio Efek KSEI merupakan fitur yang memudahkan nasabah dalam melakukan pengecekan  dan monitoring terhadap kondisi portofolio investasi nasabah di pasar modal. Fitur itu juga memungkinkan nasabah melakukan pengecekan terhadap seluruh aset investasinya yang tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melalui aplikasi BRImo.

Cara untuk memonitor kondisi portofolio investasi di BRImo pun mudah dan hanya ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi BRImo.
  2. Klik menu RDN, lalu menu Portofolio Efek.
  3. Registrasi dan menyetujui consent*.
  4. Dapat notifikasi registrasi efek KSEI melalui BRImo dan email.

Consent yang dimaksud adalah nasabah memberikan iIzin kepada BRImo untuk mengakses serta mendaftarkan nomor Rekening Dana Nasabah (RDN) dan Single Investor Identification (SID) kepada PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Dan dengan menyetujui consent tersebut, nasabah secara langsung menyetujui beberapa hal, seperti:

  1. Memberikan data RDN dan SID untuk registrasi AKSes KSEI melalui BRImo.
  2. Syarat & ketentuan layanan AKSes KSEI melalui BRImo.
  3. Telah membaca dan memahami disclaimer layanan AKSes KSEI melalui BRImo.
4 dari 4 halaman

Syarat dan Ketentuan Aset KSEI di BRImo

Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan oleh nasabah ketika ingin menggunakan layanan AKSes KSEI di BRImo.

  1. Layanan Akses KSEI melalui BRImo merupakan layanan bagi nasabah melakukan pengecekan terhadap seluruh aset investasi yang tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melalui aplikasi BRImo.
  2. BRI (BRImo) saat ini bekerja sama dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk menghubungkan layanan KSEI dengan akun BRImo sehingga layanan KSEI dapat diakses melalui BRImo.
  3. BRI berhak melakukan unlink pada layanan AKSes KSEI melalui BRImo apabila nasabah melakukan penutupan RDN BRI. 
  4. BRI berwenang untuk melakukan perubahan pada seluruh atau sebagian dari syarat dan ketentuan ini.

Nah, mudah bukan memantau investasi lewat AKSes KSEI di BRImo untuk seluruh portofolio yang dimiliki? Jadi, langsung saja download BRImo melalui App Store, Play Store dan Huawei AppGallery sekarang juga. 

Dan untuk informasi lengkap, Anda bisa follow Instagram @bankbri_id. BRImo lebih mudah dan serba bisa! #BRImo #BRImoMudahSerbaBisa

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini