Sukses

2 Hal Ini Bikin Miliarder Muda Raih Kesuksesan

Austin Russell, miliarder termuda di dunia yang merupakan seorang pengusaha , mengklaim bahwa ia memiliki kesamaan dengan orang-orang seusianya.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder termuda di dunia sekaligus pengusaha Austin Russell (28) mengklaim memiliki kesamaan dengan orang-orang seusianya.

Russell diperkirakan memiliki kekayaan USD 1,6 miliar berkat kesuksesan bisnis perangkat lunaknya yang berbasis di Orlando, Florida, Luminar Technologies, yang memiliki kapitalisasi pasar USD 2,4 miliar. Russell meluncurkan perusahaan ini saat masih remaja sekitar 11 tahun lalu. Perusahaan ini memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak untuk mobil tanpa pengemudi.

Hanya sedikit remaja, apalagi yang berusia dua puluhan atau tiga puluhan, untuk mampu memulai dan mempertahankan perusahaan seperti itu. Austin Russell menerima Thiel Fellowship, yang memberinya dana sebesar 100.000 dolar AS untuk berhenti kuliah di Universitas Stanford dan hanya fokus untuk mengembangkan perusahaannya.

Alih-alih fokus pada keahlian teknologi dan ketajaman finansial, Russell mengaitkan kesuksesannya sejauh ini dengan dua karakter yang umum dimiliki oleh generasi muda: energi dan semangat.

"Orang-orang berusia 20-an tahun memiliki banyak energi yang besar," kata Russell di CNBC Make It.

"Mereka sangat bersemangat dengan pekerjaan mereka, dan saya pun demikian. Saya mungkin membawanya ke titik ekstrem, yang benar-benar bermakna."

Jajak pendapat SAP pada 2020 terhadap 10.000 orang menemukan generasi milenial lebih bersemangat daripada generasi baby boomer dan Generasi X. Satu-satunya kelompok yang berada di depan mereka saat ini adalah Generasi Z, yang pasti akan terlampaui seiring dengan munculnya generasi berikutnya.

"Ketika saya berusia sekitar 16 atau 17 tahun, saya menyatakan, saya memiliki visi untuk mengembangkan jenis teknologi laser baru yang akan memungkinkan mobil untuk mengemudi sendiri. Dan kami akan mengalahkan Google di dunia, serta semua produsen besar, dengan upaya pengembangan yang akan mereka lakukan," kata Russell kepada Forbes pada 2021, mengenang kembali pernyataannya kepada para investor saat masih remaja.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dekati Tantangan pada Sudut Pandang Tertentu

Saat ini, Luminar mempekerjakan ratusan staf. Jika Anda memiliki Mercedes-Benz atau Volvo, mobil Anda mungkin akan segera dilengkapi dengan teknologinya. Russell menyadari membangun perusahaan seperti itu membutuhkan lebih dari sekadar antusiasme dan dorongan.

"Saya kira, saya hafal tabel periodik - saya kira saya masih berusia sekitar 2 tahun," katanya kepada CNBC Make It pada tahun 2018.

"Saya hanya terobsesi untuk mempelajari hal-hal tertentu... hanya belajar secara mandiri dan memahami banyak jenis bidang ilmiah baru."

Namun, Russell mungkin tidak akan menguasai bakat teknis dan bisnisnya - mulai dari coding hingga pemasaran - jika dia tidak memanfaatkan ambisinya di usia muda. Dia bertujuan untuk mempertahankan kecepatannya selama mungkin, bahkan ketika dia beranjak dewasa dan energi serta keinginannya mungkin berkurang.

"Saya pikir banyak orang berusia 20-an dan 30-an memiliki pikiran yang lebih terbuka terhadap dunia," kata dia.

"Dan kemudian sepertinya, seiring berjalannya waktu, hal tersebut menjadi terhalang, atau orang-orang menjadi terbiasa dengan cara-cara tertentu dalam melakukan sesuatu. Sering kali, Anda hanya perlu mendekati tantangan dari sudut pandang yang berbeda."

3 dari 5 halaman

Bukan Warisan, Kebiasaan Ini Bikin Orang Jadi Kaya Melalui Keringat Sendiri

Sebelumnya diberitakan, banyak orang di dunia memimpikan hidup lebih layak dengan menjadi kaya. Beberapa beruntung karena terlahir kaya dari warisan turun temurun dari generasi sebelumnya.

Sementara sebagian besar lainnya harus bekerja keras untuk mengais pundi-pundi hingga menjadi cukup layak atau memiliki posisi strategis di sebuah perusahaan.

Namun, bukan hal mustahil terlahir sebagai orang kaya baru. Mereka tidak mewarisi uang atau memiliki orang tua CEO yang memberi mereka pekerjaan bergaji tinggi sejak awal.

Sebaliknya, mereka membuat keputusan keuangan pribadi yang cerdas secara mandiri yang membawa mereka ke posisi lebih baik menjadi self-made millionaires.

Jika Anda ingin menjadi jutawan suatu hari nanti, Anda harus memahami apa yang diperlukan untuk mencapainya. Melansir Motley Fool, Sabtu(17/2/2024), ada beberapa kebiasaan yang cenderung dilakukan oleh para jutawan. Pertama, mereka tidak mengubah gaya hidup mereka ketika pendapatan mereka meningkat.

Alasan utama mengapa banyak orang kaya tidak pernah mencapai status jutawan adalah karena mereka menjadi korban gaya hidup yang buruk. Ketika pendapatan mereka meningkat, pengeluaran mereka juga meningkat.

 

 

4 dari 5 halaman

Tentukan Skala Prioritas

Mereka mengambil pinjaman yang lebih besar, membeli mobil yang lebih bagus, dan membelanjakan uang dengan bebas karena mereka bisa. Jika ingin menjadi jutawan, jangan terus-menerus mengeluarkan biaya tambahan seiring bertambahnya penghasilan Anda.

Sebaliknya, Anda bisa menekan pengeluaran dengan menentukan skala prioritas, dan simpan uang yang tersisa. Kedua, self-made millionaires memperhatikan pengeluaran mereka. Para jutawan yang mandiri tidak serta merta menyangkal segala kesenangan hidup. Bijak dalam menekan pengeluaran bukan berarti tidak ada dana yang disiapkan untuk bersenang-senang.

Namun, mereka cukup ketat mempertimbangkan pembelian dalam jumlah besar dan berusaha membelanjakan uang mereka untuk hal-hal atau pengalaman yang benar-benar menambah nilai dalam hidup mereka. Mereka tidak membeli sesuatu begitu saja karena mereka bisa.

 

5 dari 5 halaman

Kerja Keras

Di samping itu, jutawan mandiri ini fokus pada investasi jangka panjang. Banyak orang yang menjadi jutawan tidak mencapai titik tersebut sampai di kemudian hari. Itu karena mereka menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menabung dan berinvestasi dalam jumlah kecil yang tumbuh dengan baik seiring berjalannya waktu.

Terakhir, tetapi penting, mereka percaya pada hasil dari kerja keras. Karena para jutawan yang berhasil mencapai kesuksesan mereka tanpa bantuan keuangan, mereka cenderung menjadi orang-orang yang terburu-buru dan tidak takut bekerja keras.

Jika Anda bersedia melakukan upaya untuk menjadi yang terbaik secara profesional, pada akhirnya Anda juga mungkin akan melihat pendapatan Anda mulai meningkat. Hal ini pada gilirannya dapat memberikan lebih banyak pemasukan untuk ditabung dan diinvestasikan.

Anda bahkan tidak perlu menunggu untuk ditawari promosi di tempat kerja untuk meningkatkan penghasilan. Anda dapat mengambil pekerjaan sampingan melalui gig economy dan segera meningkatkan penghasilan Anda. Dari sana, Anda akan memiliki lebih banyak pilihan untuk berinvestasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.