Sukses

Kekayaan Bos CEO Nvidia Jensen Huang Bertambah Rp 132,52 Triliun Berkat Lonjakan Harga Saham

Kekayaan CEO Nvidia Jensen Huang melonjak pada hari Kamis karena bisnis yang ia dirikan pada tahun 1993 ini mengalami peningkatan nilai.

Liputan6.com, Jakarta - Kekayaan CEO Nvidia Jensen Huang melonjak pada Kamis, 22 Februari 2024 seiring perusahaan yang didirikan Huang pada 1993 ini mencatat kenaikan valuasi.

Bloomberg kini menempatkan Huang sebagai orang terkaya ke-21 di dunia. Kekayaan Jensen Huang naik hingga USD 8,5 miliar atau sekitar Rp 132,52 triliun (asumsi kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS)  15.591) pada Kamis saja, karena harga saham Nvidia meningkat 15% selama perdagangan Kamis pagi.

Kekayaan Jensen Huang (61) tercatat USD 68,1 miliar, melampaui Charles Koch dan dengan cepat mengungguli anggota keluarga Walton, yang memiliki Walmart, yang memiliki kapitalisasi pasar lebih dari USD 471 miliar. Adapun daftar orang terkaya di dunia dipimpin oleh Elon Musk, Bernard Arnault, dan Jeff Bezos.

Jensen Huang telah memimpin Nvidia sejak awal berdirinya, bertindak sebagai salah satu pendiri, CEO, presiden, dan anggota dewan. Ia memiliki sekitar 3% saham perusahaan.

Pemimpin raksasa teknologi kelahiran Taiwan ini menempuh pendidikan di Oregon State University dan Stanford University sebelum bergabung dengan perusahaan semikonduktor yang kini menjadi pesaingnya, LSI Logic dan Advanced Micro Devices (AMD), serta mendirikan Nvidia bersama Chris Malachowsky dan Curtis Priem.Malachowsky tetap bersama Nvidia, sedangkan Priem keluar pada awal tahun 2000-an.

Nvidia, yang kini menjadi salah satu perusahaan terbesar di pasar saham dengan kapitalisasi pasar di bawah USD 2 triliun, memimpin kenaikan pada Kamis pekan lalu setelah mengumumkan pertumbuhan laba yang luar biasa yang didorong oleh booming kecerdasan buatan.

Huang menyatakan pada Rabu malam AI generatif telah "mencapai titik kritis." "Permintaan melonjak di seluruh dunia di seluruh perusahaan, industri, dan negara," lanjutnya.

Pernyataannya memicu ledakan pagi di Wall Street pada Kamis pekan lalu, sangat kontras dengan awal pekan ini, ketika perseroan mengalami hari terburuk sejak Oktober.

Laba Nvidia meningkat menjadi lebih dari USD 12,3 miliar dalam tiga bulan yang berakhir pada 28 Januari, naik dari USD 1,4 miliar pada kuartal sebelumnya, sebuah peningkatan 769% dari tahun ke tahun yang melebihi ekspektasi para analis Wall Street.

Hasil tersebut membantu meningkatkan laba setahun penuh perusahaan lebih dari 580% dibandingkan tahun sebelumnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lonjakan AI

Pembuat chip lainnya mendapat keuntungan dari berita positif Nvidia. Saham AMD (AMD) naik 11% pada Kamis, sementara Microsoft (MSFT) naik 2%.

Nvidia sangat penting bagi pasar AI yang sedang berkembang. Pembuat chip asal Amerika ini menyumbang sekitar 70% dari penjualan semikonduktor AI global.

Nvidia tak tertandingi dalam produksi prosesor yang menggerakkan sistem kecerdasan buatan, terutama AI generatif, sebuah teknologi baru yang populer yang dapat menghasilkan teks, grafik, dan materi lainnya.

Wakil Presiden Direktur Synovus Trust Company, Dan Morgan menilai, penghasilan Nvidia mencerminkan ekspansinya, terlepas dari kenyataan Meta, Amazon, IBM, dan Microsoft semuanya telah mulai membangun chip mereka sendiri.

Penjualan dari bisnis pusat data inti perusahaan meningkat 409% dari tahun ke tahun hingga mencapai rekor USD 18,4 miliar pada kuartal keempat, berkat kolaborasi dengan raksasa infrastruktur antara lain Google, Amazon, dan Cisco.

Namun, lonjakan harga saham perusahaan selama setahun terakhir - saham meningkat lebih dari 230% pada 2023 - menunjukkan Nvidia sekarang sangat penting bagi pasar yang lebih besar.

Dalam sebuah laporan pada Selasa, analis Goldman Sachs menyebut Nvidia sebagai "saham paling penting di bumi."

3 dari 4 halaman

Hasil Studi: Bitcoin dan Saham Nvidia Jadi Aset dengan Kinerja Teratas Sepanjang 2023

Sebelumnya diberitakan, hasil studi baru dari perusahaan konsultan Kaiko Research menunjukkan Bitcoin dan saham perusahaan Nvidia jadi aset dengan kinerja teratas pada 2023. Dengan nilainya yang terus meningkat, Bitcoin akan berakhir pada 2023 sebagai salah satu aset dengan kinerja terbaik.

Bitcoin, memulai perdagangan tahun ini dengan harga di bawah USD 17.000 atau setara Rp 262,2 juta (asumsi kurs Rp 15.425 per dolar AS), baru-baru ini melampaui angka USD 44.000 atau setara Rp 678,6 juta dan sekarang akan mengakhiri 2023 sebagai salah satu aset dengan kinerja terbaik. 

Pada 30 November, bitcoin telah naik 160% secara keseluruhan. Hanya saham teknologi raksasa semikonduktor Nvidia yang mengungguli bitcoin (BTC) dengan keuntungan lebih dari 240% pada 24 Desember.

“BTC tampaknya terhenti antara Maret dan Oktober. Selain itu, volumenya selama periode tersebut tidak menunjukkan pergerakan yang akan membuatnya diperdagangkan di atas USD 44.000 untuk pertama kalinya dalam hampir dua tahun,” isi laporan Kaiko, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (28/12/2023).

 

4 dari 4 halaman

Faktor BlackRock

Pada kuartal terakhir tahun ini, momen-momen penting seperti pengumuman dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) Blackrock memicu pergerakan aset kripto yang luar biasa.

Menurut analisis perusahaan konsultan, aset kripto teratas memiliki salah satu Rasio Sharpe terbaik dari semua aset utama tahun ini. Perusahaan konsultan juga mencatat Nvidia, yang sahamnya meningkat lebih dari dua kali lipat antara Januari dan Mei, memiliki Rasio Sharpe terbaik pada 2023.

Sementara itu, saham Microstrategy Michael Saylor, yang naik lebih dari 300%, terdaftar sebagai aset dengan kinerja terbaik ketiga pada 2023. Pertukaran kripto AS teratas Coinbase (COIN) berada di peringkat kelima aset dengan kinerja terbaik, sedangkan aset kripto terbesar kedua ETH berada di peringkat ketujuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.