Sukses

Daftar 10 Pekerjaan yang Banyak Dicari pada 2024

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyebutkan, pengembang perangkat lunak, menjadi salah satu pekerjaan yang paling dicari. Berikut pekerjaan lainnya yang paling dicari pada 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Mencari dan mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Namun, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memberikan bocoran terkait daftar pekerjaan yang paling dicari pada 2024.

Lantas, pekerjaan apa sajakah yang paling dicari 2024? Dikutip dari laman instagram @kemnaker, Senin (19/2/2024), pekerjaan pertama yang paling dicari adalah pengembangan perangkat lunak. Untuk jenis pekerjaan ini permintaannya terus menigkat seiring dengan perkembangan keterampilan dalam bahasa pemprograman seperti C++, Phython, atau Java sangat dibutuhkan.

Kedua, AI engineer atau AI Specialist. Pekerjaan ini banyak dibutuhkan karena ai specialist berperan penting dalam pengembangan teknologi kecerdasan buatan. Ketiga, analis data. Pekerjaan ini banyak dibutuhkan lantaran kunci untuk pengambilan keputusan bisnis berdasarkan data. Keempat, ahli keamanan siber dibutuhkan untuk melindungi sistem dan informasi dari serangan siber.

Biasanya pekerjaan ini memiliki pengetahuan mendalam tentang firewall dan konfigurasi jaringan. Kelima, pembuat konten media digital, yakni keahlian komunikasi dan kreativitas sangat diperlukan. Keenam, jenis pekerjaan paling banyak dicari adalah perawat, sebab peran perawat untuk merawat pasien dan memantau proses penyembuhan, tetapi untuk jenis pekerjaan ini memerlukan sertifikat keperawatan dan surat tanda registrasi.

Jenis pekerjaan yang paling dicari di urutan ketujuh adalah manajer medis, yang bertanggung jawab mengelola operasional harian di fasilitas pelayanan kesehatan. Kedelapan, manajer keuangan, yang bertugas mengelola anggaran bisnis, investasi, dan laporan keuangan.

Namun, dalam jenis pekerjaan ini dibutuhkan keterampilan berpikir analitis dan pemahaman tentang keuangan sangat dibutuhkan. Kesembilan, yakni pengembang web, yang fokus pada pengembangan situs web, memahami coding, UX/UI/HTML, dan CSS.

Kesepuluh, jenis pekerjaan yang paling dicari adalah analis manajemen bisnis, yang tugasnya memastikan kemajuan bisnis dan pendapatan perusahaan, menganalisis data untuk memberikan masukan seputar pertumbuhan bisnis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Bagi Fresh Graduate Cari Pekerjaan Beda Jurusan

Sebelumnya diberitakan, bekerja menjadi salah satu keinginan setiap insan termasuk bagi mereka yang baru menyelesaikan pendidikannya. Di sisi lain, seseorang tidak hanya dituntut untuk bersaing dengan menunjukkan nilai ijazah. Kemampuan juga menjadi penentu untuk memperebutkan posisi di berbagai perusahaan.

Lantas bagaimana mendapatkan pekerjaan meskipun berbeda dengan jurusan saat terakhir menyelesaikan pendidikan?

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memberikan tips bagi fresh graduate yang mencari pekerjaan tapi beda jurusan. Terdapat empat tips, mari disimak!

"Rekanaker yang baru lulus berminat untuk 'pindah haluan' di pekerjaan Yuk simak tipsnya," tulis @kemnaker, Senin (5/2/2024).

Tips pertama, siapkan portofolio yang memadai. Kamu bisa mengumpulakn portofolio dengan melakukan magang, bekerja freelance, atau bekerja part time.

3 dari 3 halaman

Tips Berikutnya

Kedua, pelajari profil perusahaan. Dengan mempelajari perusaha, maka perekrut akan menganggapmu sebagai pribadi yang proaktif dan siap mempelajari hal-hal baru.

Ketiga, menambah kemampuan berbahasa asing. Pada hakikatnya semua bidang pekerjaan membutuhkan SDM yang mahir berbahasa asing, terutama perusahaan besar dan startup yang mulai go international.

Tips keempat, berpenampilan menarik dan profesional. Pastikan penampilan kamu tampak rapi, bersih, dan tidak salah kostum sewaktu melamar pekerjaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.