Sukses

Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Harap Galeri Foto Jurnalistik Ini Jadi Tujuan Perjalanan Studi Pelajar SD-SMA

Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menuturkan, galeri foto jurnalistik Antara diharapkan dapat menjadi tujuan perjalanan studi bagi pelajar.

Liputan6.com, Jakarta - Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono turut menghadiri pembukaan acara pameran galeri foto jurnalistik yang diselenggarakan oleh LKBN ANTARA pada Jumat, 16 Februari 2024.

Saat tiba di Komplek ANTARA Heritage Center, Gedung ANTARA Pasar Baru, Jakarta Pusat, PJ Gubernur Heru Budi Hartono melihat puluhan potret sejarah Indonesia mulai dari Hari Kemerdekaan, sejarah perjalanan revolusi, hingga pemilu pertama tahun 1955 hingga kampanye Capres-Cawapres 2024. 

Adapun potret lainnya yang ditampilkan dalam galeri itu yaitu hasil pembangunan  infrastruktur, sarana-prasarana umum sepanjang sepuluh tahun terakhir pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Penyajian foto-fotonya menampilkan sejarah yang bernilai cukup tinggi. Saya mengapresiasi ANTARA yang turut serta  untuk merevitalisasi sejarah,” ujar Heru Budi Hartono kepada awak media di Gedung ANTARA Pasar Baru, Jumat (16/2/2024).

Heru mengatakan, galeri foto diharapkan bisa menjadi destinasi perjalanan studi bagi pelajar sekolah baik SD, SMP, maupun SMA untuk mempelajari sejarah Indonesia dan kehadiran pers dalam mempertahankan demokrasi di Tanah Air.

"Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan di media ANTARA yang memperkenalkan hasil-hasil karya awak media. Harapan, semoga ANTARA dapat terus berkreasi menampilkan hasil-hasil karya fotografi awak media,” tuturnya.

Adapun Pameran Foto “PERS, DEMOKRASI, & PEMBANGUNAN” diselenggarakan dalam menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2024.

Menampilkan Besarnya Perjuangan Pers

Ketua PWI Henry CH Bangun dalam pidatonya menyampaikan apresiasi pada ANTARA yang telah membuat pameran foto yang semakin membuktikan begitu besarnya peran Pers bagi perjuangan Indonesia.

"Momen-momen PEMILU yang diabadikan dalam foto-foto di pameran ini semakin meyakinkan bahwa Indonesia layak menjadi negara demokrasi terbesar keempat di dunia,” tutur Henry.

Adapun Kurator Seni Perum LKBN ANTARA Ismar Patrizki mengatakan, pameran ini menampilkan tiga aspek, yaitu Pers, demokrasi dan pembangunan. 

"Paling tidak (pameran ini) bisa memberi sudut pandang yang lebih luas tentang peran Pers di Indonesia,” ucap Ismar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pameran Perdana

“PERS, DEMOKRASI, & PEMBANGUNAN” menjadi Pameran Foto perdana setelah Gedung Graha Bhakti Antara selesai direnovasi, dan bertransformasi menjadi Kompleks ANTARA Heritage Center, yaitu kantor pusat Perum LKBN ANTARA yang menempati beberapa gedung cagar budaya di Jalan ANTARA Nomor 53-61.

Pembukaan pameran pun berlangsung meriah dengan sajian seni tari dari maestro tari Indonesia Didik Nini Thowok yang mempersembahkan tarian berjudul “Dwimuka Jawa-Bali Dance”, sebuah tarian kolaborasi Jawa-Bali yang menggambarkan dua karakter yang berbeda. 

Ada juga tari anak-anak berjudul “Tari Jaimasan” sebagai salah satu karya maestro tari yang akrab disapa dengan eyang Didik itu.

Selain di Kompleks ANTARA Heritage Center, pameran yang menampilkan 56 foto karya pewarta foto ANTARA, serta arsip foto IPPHOS, ANRI, Perpusnas, dan KITLV Leiden Belanda ini juga dapat dinikmati di Candi Bentar Hall, Putri Duyung Ancol, Jakarta hingga 16 Maret 2024.

3 dari 4 halaman

Pameran Foto Jurnalistik

Pembukaan Pameran Foto “PERS, DEMOKRASI, & PEMBANGUNAN” diselenggarakan dalam menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2024.

Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir mengatakan, Pameran foto memang dirancang untuk dibuka di Gedung Pasar Baru yang telah berdiri sejak tahun 1925. 

“ANTARA mendapat kesempatan untuk merenovasi dan revitalisasi untuk menjadi kantor pusat ANTARA. Kami berharap akan jadi sebuah revitalisasi semangat perjuangan ANTARA sebagai media milik negara yang dapat memenuhi kepentingan bangsa dan negara,” kata Munir dalam sambutannya di kantor pusat ANTARA, Jumat (16/2/2024). 

Peresmian galeri foto jurnalistik ANTARA dihadiri oleh Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN ANTARA Kemal gani dan jajaran Dewan Pengawas, Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir, beserta Jajaran Direksi lainnya, Asisten Deputi Bidang Jasa Telekomunikasi Kementerian BUMN YB Priyatmo Hadi, Direktur Utama LPP RRI I Hendrasmo, dan juga Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Joanes Joko.

Menampilkan Potret Sejarah Indonesia

Dalam galeri foto tersebut, ditampilkan 56 potret sejarah Indonesia mulai dari Hari Kemerdekaan, sejarah perjalanan revolusi, hingga pemilu pertama tahun 1955 hingga kampanye Capres-Cawapres 2024. 

 

 

4 dari 4 halaman

Aspek Pers

Adapun potret hasil pembangunan  infrastruktur, sarana-prasarana umum sepanjang sepuluh tahun terakhir pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PWI Henry CH Bangun menyampaikan apresiasinya pada ANTARA yang telah membuat Pameran foto yang semakin membuktikan begitu besarnya peran Pers bagi perjuangan Indonesia.

“Momen-momen PEMILU yang diabadikan dalam foto-foto di pameran ini semakin meyakinkan bahwa Indonesia layak menjadi negara demokrasi terbesar keempat di dunia,” tutur Henry.

Aspek Pers, Demokrasi, dan Pembangunan 

Adapun Kurator Seni Perum LKBN ANTARA Ismar Patrizki mengatakan, pameran ini menampilkan tiga aspek, yaitu Pers, demokrasi dan pembangunan. 

“Paling tidak (pameran ini) bisa memberi sudut pandang yang lebih luas tentang peran Pers di Indonesia,” ucap Ismar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.