Sukses

Yuk Jalan-Jalan ke Mal, Banyak Diskon Buat yang Habis Nyoblos Pemilu 2024

Warga bisa mendapatkan diskon belanja di sejumlah mall hanya cukup dengan menunjukkan jari kelingking bertinta ungu, sebagai bukti telah mencoblos pada Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi masyarakat yang sudah melaksanakan hak memilih dalam Pilpres 2024 bisa langsung jalan-jalan ke pusat perbelanjaan atau mal. Pasalnya, banyak tawaran diskon dari berbagai merek bagi mereka yang sudah mencoblos dalam program Klingking Fun 2024. 

Program diskon ini diberikan oleh  Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) serta Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI). 

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani mengatakan, warga bisa mendapatkan diskon belanja di sejumlah mall hanya cukup dengan menunjukkan jari kelingking bertinta ungu, sebagai bukti telah mencoblos pada Pemilu 2024.

“Kami dari Apindo bersama Hippindo dan APPBI bersama sama seperti lima tahun lalu mengadakan program yang diberi nama ‘Klinking Fun’. Kita melihat bagaimana cara untuk bisa meningkatkan partisipasi pemilih dengan 'Kelingking Fun' ini, mereka memilih kemudian bisa pergi ke mall mall untuk bisa mendapatkan diskon atau potongan harga,” kata Shinta dikutip dari Antara, Rabu (14/2/2024).

Shinta menyampaikan program tersebut diberikan untuk meningkatkan partisipasi pemilih utamanya kaum milenial sehingga dapat menekan angka golongan putih atau masyarakat yang tidak menyalurkan hak suaranya.

Ia berharap melalui program tersebut, juga dapat mendinginkan suasana utamanya selama pesta pemungutan suara Pemilu 2024.

“Dan ketiga ini untuk membantu teman teman semua di ritel, di mall-mall, tempat tempat wisata juga supaya lebih banyak masyarakat yang berbelanja, lebih banyak masyarakat yang pergi jalan-jalan sehingga ini bisa meningkatkan transaksi ekonomi,” kata Shinta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berlangsung sampai Mal Tutup

Ketua Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja mengatakan bahwa pesta diskon tersebut bukan hanya ada di Kota Kasablanka Jakarta, tetapi juga ada di seluruh mall seluruh wilayah Indonesia.

“Kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan di Jakarta saja tetapi di seluruh wilayah Indonesia. Jadi, memang di mall Kota Kasablanca sebagai tuan rumah, tetapi kegiatan ini dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia,” ujar dia.

Menurut dia, kegiatan tersebut jauh lebih baik pada tahun ini karena pembuatan program saat ini lebih baik di bawah koordinasi Apindo.

Alphonzus berharap kegiatan serupa dapat dilanjutkan pada pesta demokrasi di tahun berikutnya sehigga dapat berkontribusi dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

“Kegiatan ini akan terus berlangsung sampai malam hari hingga mall tutup atau pusat perbelanjaan tutup pada pukul 10.00 malam,” kata Alphonzus.

3 dari 3 halaman

Sinergi Positif

Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah menambahkan program tersebut sebagai bentuk sinergi yang positif antar sesama asosiasi yang bergerak di bidang usaha dan bisnis untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

“Hari ini kita bersatu semua, pilihannya memang beda tapi semua bersatu dengan diskon. Jadi mari kita kompak bersatu, mari kita bangkitkan ekonomi Indonesia,” ajak Budihardjo.

Ketua panitia Program Klingking Fun Fetty Kwartati mengatakan bahwa sekitar 800-an brand baik yang tergabung dalam asosiasi maupun yang tidak dalam asosiasi, dengan jenis usaha makanan dan produk fesyen berpartisipasi dalam program tersebut.

“Dan mallnya yang berpartisipasi juga sangat banyak ratusan jumlahnya. Ini untuk meningkatkan pertumbuhan ritel, juga untuk menambah omzet serta edukasi masyarakat untuk anti golput,” kata Fetty.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini