Sukses

100 Ton Logistik F1 Powerboat Sudah Mendarat di Danau Toba

Ajang balap perahu motor atau F1 Powerboat semakin dekat. Sekitar 2 pekan menjelang helatan itu, sebanyak 100 ton logistik keperluan balap itu sudah mendarat di Danau Toba

Liputan6.com, Jakarta Ajang balap perahu motor atau F1Powerboat semakin dekat. Sekitar 2 pekan menjelang helatan itu, sebanyak 100 ton logistik keperluan balap itu sudah mendarat di Danau Toba, Sumatera Utara.

Keperluan para pebalap perahu motor itu dikemas dalam 14 kontainer yang tiba di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, sejak Senin (12/2/2024).

Seluruh logistik itu dikawal dan diawasi secara langsung oleh Bea Cukai Belawan, Pelindo, Polres Belawan hingga Polda Sumatera Utara. Pengawalan dan pengamanan tersebut terus berlanjut hingga logistik diberangkatkan menuju lokasi balap di Pelabuhan Napitupulu, Balige.

“Kami berharap kedatangan hingga nanti pembongkaran logistik dapat berjalan dengan lancar dan aman serta dapat mendukung kesuksesan F1 Powerboat di Danau Toba nanti,” kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Maya Watono, dalam keterangannya, dikutip Rabu (14/2/2024).

Informasi, F1Powerboat di Danau Toba pada 2-3 Maret 2024 merupakan event kedua yang terselenggara di Danau Vulkanik terbesar di dunia tersebut.

F1Powerboat 2023 sukses terselenggara dan mampu menyedot sekitar 100 ribu pengunjung. Gelaran ini mampu mendatangkan dampak ekonomi hingga Rp 1,68 triliun.

“InJourney berharap F1Powerboat 2024 bisa mengulang kesuksesan event pada tahun sebelumnya. Kesuksesan F1Powerboat ini diharapkan semakin memperluas pariwisata Danau Toba di dunia internasional," ungkap Maya.

"Harapannya, dampak ekonomi yang diberikan pun semakin besar sehingga bisa mengangkat perekonomian daerah dan masyarakat sekitar, serta perekonomian nasional,” imbuhnya.

Festival UMKM

Tahun ini, InJourney juga akan melengkapi balap berkelas dunia ini dengan suguhan festival budaya. Misalnya, kompetisi Solu Bolon hingga Festival UMKM.

Tak cuma itu, ajang Aquabike Indonesian Championship 2024 seri pertama juga akan digelar. Dalam ajang tersebut akan digelar 2 kategori yakni endurance dan paralel salom yang akan diikuti oleh 20 pebalap nasional. Event olahraga air yang diselenggarakan di Danau Toba ini merupakan bagian dari strategi InJourney untuk menciptakan pariwisata yang berkesinambungan.

"Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) telah sukses menjadi tuan rumah berbagai event olahraga air internasional pada tahun 2023. Selain F1Powerboat 2023, Danau Toba juga sukses menjadi tempat terselenggaranya Aquabike Jetski World Championship. Ke depan, InJourney berkomitmen untuk menyelenggarakan berbagai event yang akan menjadi pengungkit pariwisata di Danau Toba," pungkas Maya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Digelar 2-3 Maret 2024

Sebelumnya, Ajang balap perahu motor F1 Powerboat akan kembali digelar di Danau Toba. Pada tahun ini, penyelenggaraannya berlangsung dua hari, yakni 2--3 Maret 2024, yang dikelola oleh InJourney, holding BUMN Pariwisata dan Pendukunganya.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku tak pernah membayangkan ada event olahraga sebesar F1 Powerboat di Danau Toba.

Pada 2023, kegiatan itu berdampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat, mencapai Rp1,68 triliun dengan 100 ribu penonton langsung. Tetapi, impresinya besar lantaran acara itu juga diputarkan lewat livestreaming di 44 negara dan ditonton jutaan pasang mata.

"Bagi orang Batak ini jadi penting karena satu perhelatan berlanjut dengan dampak ekonomi begitu besar," kata Luhut dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (7/2/2024).

F1 Powerboat 2024 di Danau Toba rencananya akan diselenggarakan di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Sebanyak 18 pembalap internasional dari sekitar 10 negara akan mengikuti kejuaraan internasional tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Jaga Budaya Batak

Untuk memeriahkan acara tersebut, sejumlah side event akan dihadirkan. Di antaranya, kompetisi Solu Bolon antar-kabupaten di Sumatera Utara dan kompetisi Aquabike Indonesian Championship Series Pertama yang akan diikuti kurang lebih 30 atlet jetski nasional.

"Salah satu perubahan fundamental, selain komunikasikan keindahan Toba, kita juga buat pagelaran kebudayaan dan culture Batak. Kita akan menggelar side event yang mempromosikan culture dan keindahan Danau Toba," ujar Dony Oskaria, Direktur Utama InJourney.

Salah satu event budaya yang dihadirkan adalah menari tor-tor ramai-ramai. Akan digelar pula pameran UMKM setempat. "Kita dorong produk kuliner, kriya, dan fesyen dari Danau Toba. Sebelumnya sudah kita lakukan pelatihan di sentra ekraf di sekitar Danau Toba," ucap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.