Sukses

Analis Sebut Debat Capres Kurang Panas, Kenapa?

satu-satunya yang bisa diambil dalam debat terakhir adalah kapitalisasi terhadap gagasan masing-masing capres. Tema Debat Capres terakhir ini lebih ringan dibandingkan debat sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Arifki Chaniago menilai Debat Calon Presiden (Capres) tidak mencapai klimaks seperti harapan publik. Debat Capres cenderung berjalan datar dan kurang panas.

Arifki menuturkan, ada beberapa kesempatan pasangan calon (paslon) menguraikan gagasan terkait program kerja. Hanya saja, hal itu disebut kurang panas dari sebelumnya.

"Debat terakhir ini terlihat kalem, kering, dan datar. Meskipun, Anies dan Ganjar menyinggung soal isu bansos, tetapi tampaknya debat tidak memanas karena tidak terjadi dialog atau debat yang bisa menjadi konten negatif," ungkap Arifki dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Senin (5/2/2024).

Menurutnya, satu-satunya yang bisa diambil dalam debat terakhir adalah kapitalisasi terhadap gagasan masing-masing capres. Dia juga menilai, tema Debat Capres terakhir ini lebih ringan dibandingkan debat sebelumnya.

"Tetapi, para capres terlihat lebih berhati-hati menjalankan debat. Sepertinya, para capres lebih menjaga konten yang keluar pasca debat. Apalagi pemilihan tinggal beberapa hari lagi," ujar Arifki.

Dia memandang, debat antara Anies dan Prabowo lebih menarik perhatian publik pada Debat Capres sebelumnya. Tetapi, pada debat terakhir, debat tersebut terjadi antara Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Misalnya terkait isu makan siang gratis dan internet gratis. Sementara itu, Anies Baswedan lebih sering mengulas soal bansos.

"Komentar Anies ini terlihat lebih menyerang Jokowi dibandingkan Prabowo. Makanya, tidak terjadi debat panas antara Anies dan Prabowo di debat terakhir. Karena isu yang dilempar Anies lebih kepada positiong politiknya dengan pemerintahan Jokowi," kata dia.

"Debat terakhir memang sedikit mengecewakan pendukung Paslon yang fanatik. Karena tidak ada bahan atau konten yang terlalu menyerang. Terpenting, pada debat terakhir ini kita melihat tiga Paslon lebih fokus pada gagasan yang mereka tawarkan untuk menarik hati pemilih," tutup Arifki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesetaraan Gender dam Bansos Paling Popular

Sebelumnya, Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) mengungkapkan bahwa terdapat 15 isu yang menjadi sorotan publik di internet dari debat calon presiden pada Minggu malam (4/2/2024).

Isu-isu ini adalah kesetaraan gender, stunting, bansos, kesejahteraan dokter, kebutuhan dokter, akses ke internet, kebudayaan, UKT pendidikan tinggi, penyandang disabilitas, infrastruktur kesehatan, ketenagakerjaan, beasiswa pendidikan, ketimpangan, pekerja migran, serta investasi di sektor teknologi.

Data Analyst Continuum INDEF, Maisie Sagita mengatakan, dari 15 isu ini hanya 4 isu dengan eksposur perbincangan paling banyak.

"(Perbincangan terbanyak) Pertama adalah mengenai kesetaraan gender, kedua mengenai stunting, yang ketiga mengenai bansos dan yang keempat mengenai kesejahteraan guru,” ungkap Maisie dalam Diskusi Publik INDEF yang disiarkan pada Senin (5/2/2024).

 

3 dari 3 halaman

Investasi Rendah

Jadi keempat isu ini yang memang menjadi perhatian publik terhadap debat capres semalam.

“(Sedangkan) kalau kita lihat dari eksposur yang paling rendah itu ada mengenai investasi teknologi, terkait investasi pabrik ponsel untuk mengurangi impor,” kata dia.

Lalu ada juga mengenai kesejahteraan pekerja migran dengan eksposur paling sedikit di media sosial.

INDEF menemukan, sorotan publik di internet terkait kesetaraan gender adalah mengenai pentingnya perhatian dari pemerintah.

“Publik meminta pemerintah untuk lebih memprioritaskan perlindungan perempuan. Bagaimana caranya? salah satu langkah konkret yang diminta adalah untuk mengusut kasus kekerasan seksual,” jelas Maisie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini