Sukses

Ganjar Mau Bangkitkan Industri Gadget Lokal di Debat Capres 2024, Biar Harga Laptop Cuma Rp 1 Juta

Calon Presiden atau Capres Ganjar Pranowo mengatakan Indonesia bisa memilik industri dengan produk-produk teknologi yang memiliki harga terjangkau. Hal ini membutuhkan kemauan dan dukungan dari pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden atau Capres Ganjar Pranowo mengatakan Indonesia bisa memiliki industri dengan produk-produk teknologi yang memiliki harga terjangkau. Hal ini membutuhkan kemauan dan dukungan dari pemerintah.

Ganjar mencontohnya adanya pabrik gadget di Semarang yang bisa dimanfaatkan untuk memproduksi gadget dengan harga murah.

 

"Kita punya industri swasta gadget, pabriknya ada di Semarang. Harganya lebih terjangkau atau lebih murah," kata dia dalam Debat Capres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).

Indonesia, lanjut Ganjar, juga bisa menugaskan BUMN untuk membuat laptop dan komputer dengan harga hanya Rp 1 juta.

"Kita bisa menugaskan PT LEN, kalau tidak salah pernah akan dibuat ini. Komputer dan laptop seharga Rp 1 juta," lanjut dia.

Dukungan Pemerintah

Namun hal ini harus dilakukan dengan dukungan dari pemerintah. "Kalau ini tidak kita pastikan tanpa penugasan pemerintah tidak akan selesai. pilihannya bergandengan tangan dengan industri yang ada dari luar dengan brand-brand terkenal tapi pabriknnya di Indonesia. Di India pernah dilakukan," tutur Ganjar.

"Sehingga tranformasi, pengetahuan, teknologi, semua akan bisa dilakukan dan kita akan mendapatkan nilai tambah. Kita akan mempunyai tindakan-tindakan untuik mencapai kemandirian dan kita tidak terlalu bergantung," tutup Ganjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini