Sukses

Cara KSI Bawa Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan Industri Krakatau III

PT KSI sebagai pengelola kawasan industri terintegrasi yang sudah berpengalaman lebih dari 40 tahun telah berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya mendorong pembangunan berkelanjutan di Kawasan Industri Krakatau (KIK) III, PT Krakatau Sarana Infrastruktur (PT KSI), menggelar kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) KSI Peduli: Bersih, Sehat, Bebas Stunting di Pantai Berok, Anyar, Kabupaten Serang.

Direktur Utama PT Krakatau Sarana Infrastruktur, Alugoro Mulyowahyudi, dalam sambutannya menekankan pentingnya komitmen jangka panjang perusahaan untuk sinergi dan tumbuh bersama dengan masyarakat sekitar.

"Ini merupakan langkah awal kami dalam rangkaian program yang direncanakan untuk pembangunan berkelanjutan. Kami berkomitmen tidak hanya pada pencapaian jangka pendek, tetapi juga untuk mengembangkan program yang mendukung bagi pembangunan yang inklusif serta berkelanjutan," ujarnya.

Ia juga menyatakan, melalui program TJSL, PT KSI berupaya memberikan dampak positif langsung kepada masyarakat setempat, baik dalam aspek kesehatan, lingkungan, maupun sosial ekonomi.

"Ini bukan hanya tentang pemberian bantuan, tetapi tentang membangun kemitraan yang kuat antara perusahaan, masyarakat, dan pemerintah untuk mencapai tujuan yang lebih besar", ucap Alugoro.

Ia menambahkan, PT KSI sebagai pengelola kawasan industri terintegrasi yang sudah berpengalaman lebih dari 40 tahun telah berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar perusahaan.

"Pengembangan Kawasan Industri Krakatau (KIK) III di Anyar pun diharapkan dapat membawa dampak yang sama terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. Kawasan ini dikembangkan untuk mendukung industri petrokimia dan kendaraan listrik dengan luasan 420 hektar", tambah Alugoro

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pengembangan tersebut nantinya akan menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan lokal, dan mendukung bagi perkembangan infrastruktur seperti jalan, sistem transportasi yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Anyar dan sekitarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Inisiatif Utama

Program TJSL yang digelar oleh PT KSI mencakup beberapa inisiatif utama seperti pembinaan untuk Desa Tangguh Bencana (Destana) melalui kegiatan penanaman dan pemeliharaan 200 pohon Ketapang, aksi bersih pantai, penyaluran bantuan penanggulangan stunting serta bantuan jaminan kesehatan bagi 200 masyarakat pra sejahtera.

Inisiatif-inisiatif tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat sekitar perusahaan.

Kegiatan TJSL ini juga dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan pemerintah Kecamatan Anyar, Pemerintah Desa Anyar, Desa Grogol Indah dan Desa Kosambironyok, Kader PKK, BPBD Kabupaten Serang, BPJS Kabupaten Serang, serta komunitas Anyer Siaga Bencana (ASB), menunjukkan komitmen kuat PT KSI dalam melibatkan dan memberdayakan masyarakat lokal.

 

3 dari 3 halaman

Hubungan Industri dan Masyarakat

Pada kesempatan yang sama, Camat Kecamatan Anyar, Imron Ruhyadi mewakili masyarakat Anyar mengucapkan terimakasih kepada PT KSI yang telah memberikan perhatian terhadap masyarakat di wilayahnya.

Ia juga menambahkan bahwa hubungan antara industri dengan masyarakat harus saling mendukung untuk kemajuan bersama.

"Program TJSL PT KSI kami harapkan dapat menjadi jembatan untuk mengintegrasikan kegiatan perusahaan dengan kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat sekitar", pungkas Imron.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.