Sukses

Genjot Hilirisasi hingga Ekonomi Kreatif, Gibran Janji Buka 19 Juta Lapangan Kerja

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka menuturkan, sejumlah langkah sehingga dapat membuka 19 juta lapangan kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka mengatakan jika agenda hilirisasi, transisi energi menuju energi hijau dan ekonomi kreatif Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) didorong akan membuka 19 juta lapangan kerja.

Gibran menuturkan, Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat kaya yang ditunjukkan dari cadangan nikel terbesar di dunia, timah terbesar nomor dua di dunia, sehingga hilirisasi perlu dilanjutkan dan diperluas cakupannya.

"Tak hanya hilirisasi tambang, hilirisasi pertanian, sektor maritim dan sektor digital. Tak boleh kirim barang mentah, kurangi energi fosil dorong transisi energi hijau, bio avtur, bio diesel dan etanol B35 dan B40,” ujar Gibran Rakabuming Raka saat debat cawapres kedua, Minggu (21/1/2024).

Gibran Rakabuming Raka menuturkan, potensi energi baru terbarukan juga luar bisa yang mencakup 3.600 mw berasal dari energi surya, angin dan bioethanol. Oleh karena itu, ia mendorong kerja sama pentahelix dan wajib mendorong agenda hilirisasi, pemerataan pembangunan, transisi energi menuju ekonomi hijau, dan ekonomi kreatif UMKM.

“Terbuka 19 juta lapangan kerja untuk generasi muda dan kaum perempuan. 5 juta lapangan kerja dari green job. Peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan menjadi tren masa kini dan masa depan,” ujar dia.

Debat capres dan cawapres memasuki debat keempat atau debat kedua untuk cawapres pada Minggu, 21 Januari 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tema debat keempat yakni tema energi dan sumber daya alam, pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Tiga kandidat yakni Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka dan Muhaimin Iskandar memaparkan visi misi dalam debat cawapres. Demikian dikutip dari Kanal Bisnis Liputan6.com.

KPU menetapkan lokasi debat sesi keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Debat Pilpres untuk kandidat Cawapres kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.