Sukses

Gara-Gara Arab Saudi, Harga Minyak Dunia Turun 4%

Aksi jual terjadi setelah Saudi Aramco pada hari Minggu menurunkan tajam harga minyak Arab Light Crude untuk pelanggan Asia sebesar USD 2 per barel.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak dunia turun pada perdagangan Senin setelah Arab Saudi memangkas harga jual minyak mentah mereka. Apa yang dilakukan oleh salah satu produsen minyak mentah terbesar dunia ini menimbulkan kekhawatiran baru bahwa pasar akan kelebihan pasokan di tengah melemahnya permintaan.

Mengutip CNBC, Selasa (9/1/2024), harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Februari turun USD 3,04 atau 4,12% menjadi USD 70,77 per barel. Tak berbeda, harga minyak mentah Brent untuk kontrak bulan Maret juga turun USD 2,64 atau 3,35% menjadi USD 76,12 per barel.

Aksi jual terjadi setelah Saudi Aramco pada hari Minggu menurunkan tajam harga Arab Light Crude untuk pelanggan Asia sebesar USD 2 per barel.

Pemotongan harga minyak di Arab Saudi terjadi di tengah pelemahan pasar yang terus berlanjut, yang sebagian besar disebabkan oleh rekor produksi minyak mentah AS dan melemahnya permintaan di China.

OPEC dan sekutunya memangkas produksi mereka sebesar 2,2 juta barel per hari pada kuartal ini dalam upaya menyeimbangkan pasar.

“Meskipun penurunan harga mungkin dilakukan untuk mempertahankan pangsa pasar di tengah penurunan produksi, pasar menganggapnya sebagai tanda jelas bahwa perekonomian sedang melambat. Mungkin pendaratannya tidak terlalu mulus,” tulis Phil Flynn dari The Price Futures Group.

Minyak mentah AS dan Brent, yang menjadi patokan global, keduanya mengakhiri minggu pertama 2024 dengan kenaikan lebih dari 2% di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Namun kekhawatiran pasokan dan permintaan terus-menerus menutupi risiko geopolitik di pasar.

“Pasar tampaknya merasa bahwa risiko geopolitik tidak akan berdampak pada pasokan dan jika hal ini terjadi, maka permintaan akan lemah sehingga tidak menjadi masalah,” tulis Flynn.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketegangan Laut Merah

Serangan berulang kali oleh militan Houthi, yang bersekutu dengan Iran, terhadap kapal komersial di Laut Merah telah memaksa raksasa pelayaran Maersk untuk menghindari jalur air penting tersebut di masa mendatang. Situasi ini juga memburuk di Lebanon, di mana seorang komandan Hizbullah terbunuh pada hari Senin dalam serangan udara Israel.

Para analis mengatakan perang regional yang melibatkan Iran dapat menyebabkan gangguan di Selat Hormuz yang akan berdampak material pada pasar. Namun sejauh ini, meningkatnya ketegangan di kawasan tidak menyebabkan masalah pasokan minyak mentah.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken sedang melakukan tur diplomatik ke wilayah tersebut dalam upaya mengurangi ketegangan.

Meskipun risiko geopolitik meningkat, pasokan pasar minyak global tetap baik. AS memproduksi sekitar 13,2 juta barel minyak mentah per hari pada minggu terakhir tahun 2023, dan persediaan bensin dan sulingannya melonjak lebih dari 10 juta barel.

 

3 dari 3 halaman

Produksi dan Ekspor AS

Ekspor minyak mentah AS juga meningkat lebih dari 1 juta barel per hari menjadi 5,2 juta barel per hari pada periode yang sama. Arab Saudi memangkas harga untuk menghentikan pelanggan membeli minyak mentah AS serta melemahkan harga barel Iran dan Rusia yang murah, kata Bob Yawger, ahli strategi energi berjangka di Mizuho.

“Jelas mereka sedikit menimbulkan kepanikan,” kata Yawger tentang Riyadh. Pertanyaannya adalah apa yang terjadi jika strategi Saudi tidak berhasil, katanya.

“Anda semakin dekat dengan situasi tahun 2020 di mana mereka mencoba merebut kembali pangsa pasar dengan mengurangi segalanya seminimal mungkin dan memicu perang harga,” kata Yawger.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini