Sukses

Pendaftaran Kartu Prakerja 2024 Dibuka, Begini Cara Daftar hingga Syaratnya

Pendaftaran Kartu Prakerja 2024 itu berlaku untuk pembuatan akun program Kartu Prakerja, bukan pendaftaran gelombang untuk mengikuti pelatihan di Program Kartu Prakerja.

Liputan6.com, Jakarta - Anda belum punya akun Kartu Prakerja 2024? Bagi Anda yang berminat, pendaftaran program Kartu Prakerja sudah dibuka pada 3 Januari 2024.

Namun, pendaftaran Kartu Prakerja 2024 itu berlaku untuk pembuatan akun program Kartu Prakerja, bukan pendaftaran gelombang untuk mengikuti pelatihan di Program Kartu Prakerja.

“Belum punya akun Prakerja?Pendaftarannya udah dibuka lagi nih Sob!Langsung meluncur ke www.prakerja.go.id dan klik “Daftar Sekarang” untuk buat akun kamu sekarang juga!,” demikian dikutip dari akun Program Kartu Prakerja 2024.

Lewat pengumuman tersebut di instagram juga disampaikan sejumlah keuntungan punya akun prakerja. Apa sajakah itu?

Berikut beberapa keuntungan punya akun Prakerja yang dikutip dari laman prakerja.go.id, Kamis (4/1/2024):

1.Bisa gabung gelombang seleksi Prakerja jika kamu memenuhi persyaratan

2.Akses gratis pembelajaran mandiri di program #TalentaAIIndonesia pada topik AI, data atau cybersecurity dengan kurikulum berstandar industri dan memenangkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa Microsoft Certification senilai USD 100

3.Bisa beli pelatihan gratis dan berbiaya rendah di festival pelatihan dia bulanan #IndonesiaSkillsWeek

4.Akses rekomendasi pekerjaan dari job platform Pintarnya, Jobstreet.Karir.com dan TopKarir.

Lalu bagaimana cara daftar akunnya? Berikut cara daftarnya seperti dikutip dari akun prakerja.go.id

1.Masukkan email dan password, lalu klik daftar.

2.Anda akan menerima notifikasi via email

3.Selanjutnya buka email Anda dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email

4.Pendaftaran berhasil. Selamat, Anda telah berhasil membuat akun Kartu Prakerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Masuk Akun

Lalu bagaimana jika tidak menerima email verifikasi? Anda bisa cek kotak masuk email atau kotak spam email Anda dan cari kata kunci “Prakerja”. Pastikan email yang didaftarkan masih aktif. Jika email verifikasi masih belum diterima, hubungi prakerja di Formulir Pengaduan

Lalu bagaimana cara masuk ke akun:

-Buka laman www.prakerja.go.id

-Klik masuk pada halaman depan

-Masukkan email dan password akun yang sudah didaftarkan serta kode captcha yang Anda lihat. Klik masuk

Kamu akan diarahkan untuk melakukan verifikasi dengan memasukkan kode OTP yang telah dikirim melalu email. Silakan cek kotak masuk dan spam email kamu untuk menemukan kode OTP.

-Masukkan 6 digit kode OTP dengan benar

-Jika kamu salah memasukkan kode OTP atau kode OTP yang dikirim ke email sudah kadaluwarsa, kamu bisa meminta kode baru sebanyak lima kali. Jika lebih dari lima kali, kamu harus menunggu selama 2 jam untuk mendapatkan kode yang baru.

-Jika kamu sudah memasukkan kode OTP dengan benar, klik verifikasi dan kamu berhasil masuk ke akunmu

Adapun program kartu prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja terkena PHK, dan atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Syarat Mendaftar:

-WNI berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun

-Tidak sedang menempuh pendidikan forma

-Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil

-Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, aparatur sipil negara, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa dan direksi, komisaris, dewan pengawas pada BUMN dan BUMD

-Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi penerima kartu Prakerja

3 dari 4 halaman

Kilas Balik Kartu Prakerja 2023, Peserta Tembus 1,14 Juta

Program kartu prakerja pada 2023 telah berakhir. Adapun program kartu prakerja 2023 tersebut telah mencapai gelombang 62 yang merupakan gelombang terakhir yang dibuka pada 2023.

Dengan demikian, pembukaan program kartu prakerja akan dibuka kembali pada 2024. Pada instagram resmi @prakerja.go.id membuat kilas balik program kartu prakerja pada 2023 dan menyampaikan apresiasi untuk seluruh peserta prakerja 2023.

"Tahu enggak sob, tahun 2023 jadi tahun yang cukup sibuk untuk Prakerja. Enggak hanya fokus menghadirkan pelatihan terbaik di dalam ekosistem. Prakerja juga tampil di banyak acara internasional maupun nasional.Prakerja juga lebih banyak bertemu Sobat Prakerja di berbagai daerah Indonesia dari Sabang hingga Merauke,” demikian mengutip dari akun instagram @prakerja.go.id

Berikut kilas balik program kartu prakerja 2023:

-1.142.924 orang menjadi peserta efektif prakerja pada 2023

-126 pelatihan aktif dibeli peserta Prakerja pada 2023

-Top lima bidang pelatihan prakerja 2023 dengan pelatihan luring antara lain otomotif, pariwisata, perhotelan dan restoran, pertanian, pemasaran, serta akuntansi, pajak.

Selain itu, pelatihan daring (webinar) antara lain pemasaran, pengembangan diri, desain grafis, ilustrasi, animasi, teknologi informatika, dan penjualan.

 

4 dari 4 halaman

Latar Belakang Peserta Prakerja

 

-Untuk latar belakang peserta prakerja antara lain 51 persen perempuan, 12 persen berusia 50 tahun ke atas, tiga persen penyandang disabilitas, tiga persen purna pekerja migran Indonesia (PMI).

Kemudian 2 persen tinggal di kabupaten tertinggal, 48 persen tinggal di 212 kabupaten miskin ekstrem. Hal itu berdasarkan survei evaluasi 2020-2023 per 3 Desember  2023.

Selain itu, peserta juga 86 persen belum pernah mengikuti pelatihan, 61 persen berusia 18-35 tahun, 85 persen berpendidikan SMA ke bawah, dan berasal dari 514 kabupaten/kota.

-Prakerja juga dipelajari langsung oleh tiga negara antara lain NSPC Kamboja kunjungi kantor Prakerja pada Maret 2023 dan luncurkan replikasi pada November 2023, EEF Thailand kunjungi kantor Prakerja pada Oktober 2023 untuk hasilkan rekomendasi kebijakan, dan penandatanganan letter of intent dengan  ANLCA Maroko.

Adapun Program Kartu Prakerja adalah program yang diinisiasi pemerintah saat pandemi sebagai solusi bagi masyarakat untuk mengembangkan kompetisi, meningkatkan produktivitas, dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.