Sukses

Miliarder Jim Ratcliffe Beli 25% Saham Manchester United, Saham MANU Melonjak

Saham Manchester United Plc berada di zona hijau usai miliarder Jim Ratcliffe membeli 25 persen saham Manchester United (MANU)

Liputan6.com, Jakarta - Saham Manchester United naik pada perdagangan Selasa, 26 Desember 2023 setelah miliarder Inggris Jim Ratcliffe membeli 25 persen saham minoritas di klub Manchester United.

Dikutip dari Marketwatch, Rabu (27/12/2023), saham Manchester United Plc naik 3,43 persen menjadi USD 20,52. Saham berkode MANU tersebut di atas indeks S&P 500 yang mendaki 0,4 persen.

Harga saham Manchester United berada di level tertinggi USD 20,84 dan terendah USD 20,06. Kapitalisasi pasar saham Manchester United yang terbentuk USD 3,38 miliar.

Manchester United mengumumkan perjanjian pengambilalihan saham pada 24 Desember 2023. Jim Ratcliffe akuisisi 25 persen saham seri B yang dimiliki keluarga Glazer, pemilik klub Manchester United dan 25 persen saham seri A. Harga pembelian saham sekitar USD 33 per saham.

Kesepakatan tersebut bernilai USD 5,4 miliar atau sekitar Rp 83,20 triliun (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.407), jauh di bawah harapan awal USD 6 miliar, menurut Bloomberg.

Jim Ratcliffe juga akan menyediakan tambahan USD 300 juta atau sekitar Rp 4,62 triliun untuk investasi masa depan di Stadion Old Trafford Manchester United.

Sebagai bagian dari kesepakatan itu, konglomerat yang bergerak di bisnis kimia melalui Ineos Group menerima permintaan dari dewan Manchester United untuk didelegasikan tanggung jawab atas operasional sepak bola klub Manchester United.

Hal ini mencakup seluruh aspek operasional sepak bola pria dan wanita serta akademi klub, dan dua kursi di dewan Manchester United Plc dan dewan Manchester United Football Club.

Keluarga Glazer mendapatkan tekanan kuat untuk menjual Manchester United di tengah rasa frustasi penggemar atas apa yang dianggap sebagai kinerja buruk.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jim Ratcliffe: Butuh Waktu Kembalikan Kejayaan Manchester United

Manchester United terakhir kali memenangkan Liga Premier pada 2013. Pada 2021, keluarga Glazer hadapi reaksi keras dari penggemar atas rencana keterlibatannya dalam Liga Super Eropa yang kontroversial.

Dalam surat terbuka kepada pendukung Manchester United pada Selasa, 26 Desember 2023, Jim Ratcliffe mengatakan akan membutuhkan waktu untuk mengembalikan klub ke puncak sepak bola.

“Saya yakin kami dapat menghadirkan kesuksesan olah raga di lapangan untuk melengkapi kesuksesan komersial yang tidak diragukan lagi yang dinikmati klub,” ujar dia.

Ia menuturkan, hal ini memerlukan waktu, kesabaran dan ketelitian serta manajemen profesional tingkat tinggi.

Ratcliffe sebelumnya terlibat dalam pertarungan pengambilalihan dengan Sheikh Jassim bin Hamad al Thani dari Qatar untuk merebut kendali Manchester United dari keluarga Glazer yang telah memiliki klub tersebut sejak 2005.

Pada November 2022, keluarga Glazer mengonfirmasi kalau mereka sedang menjajaki opsi untuk investasi dan penjualan langsung klub Liga Premier.

 

3 dari 4 halaman

Kinerja Saham MU

Saham Manchester United telah merosot 12,9 persen pada 2023, dibandingkan kenaikan indeks S&P 500 sebesar 24,3 persen. Klub yang saat ini duduk di posisi kedelapan Liga Premier akan hadapi Aston Villa di Old Trafford.

Dipimpin oleh manajer Erik ten Hag, Manchester United berhasil meraih trofi pertamanya dalam enam tahun pada awal tahun ini dengan kekalahan 2-0 dari Newcastle United di final Piala Liga.

Manchester United menjadi tim tersukses sepanjang sejarah divisi teratas Inggris yakni berhasil meraih kemenangan sebanyak 20 kali. Rekor 13 gelar itu diraih di era Liga Premier yang dimulai pada 1992. Didirikan dengan nama Newton Heath pada 1878, klub ini berganti nama menjadi Manchester United pada 1902, dan memenangkan gelar liga pertama dari 20 gelar liga enam tahun kemudian.

4 dari 4 halaman

Miliarder Jim Ratcliffe Kuasai 25 Persen Saham Manchester United

Sebelumnya diberitakan, miliarder Jim Ratcliffe telah menyelesaikan pembelian saham di Manchester United. Melalui konglomerasi kimianya Ineos Group, Jim Ratcliffe akan membayar USD 33 per saham untuk 25 persen saham di klub tersebut, sehingga memberi valuasi klub tersebut sekitar USD 5,4 miliar, jauh di bawah harapan awal sebesar USD 6 miliar.

Keputusan untuk mendatangkan Ratcliffe, salah satu orang terkaya di Inggris, menandai berakhirnya proses penjualan berlarut-larut yang secara resmi dimulai oleh keluarga Glazer lebih dari setahun lalu.

Mulanya, keluarga Glazer dilaporkan akan mempertimbangkan untuk menjual saham minoritas di tim Manchester United, dan nama Ratcliffe muncul sebagai kandidat terdepan.

Melansir Yahoo Finance, Selasa (26/12/20230, Ratcliffe akan mengakuisisi 25 persen saham Kelas B milik keluarga Glazer dan memulai penawaran tender untuk 25 persen saham Kelas A yang tercatat.

Ratcliffe akan menginvestasikan USD 300 juta ke klub. Kemudian, investor baru akan mendapatkan dua kursi dewan.

Selama setahun terakhir, Ratcliffe berjuang melawan tawaran saingan dari Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, putra ketiga mantan perdana menteri Qatar, untuk mengendalikan klub tersebut.

Namun tidak ada penawar yang dapat menandingi keinginan ketua bersama Joel dan Avram Glazer untuk menjadikan Manchester United sebagai aset olahraga termahal di dunia.

Kelompok Qatar telah menegaskan bahwa mereka tidak akan membayar lebih untuk klub tersebut. Sebelum perang penawaran dimulai, Sheikh Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani, mantan perdana menteri Qatar dan ayah Sheikh Jassim, mengatakan bahwa dia bukan penggemar investasi sepak bola di Liga Premier.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini