Sukses

Viral Cek Uang Palsu Pakai Es Batu, Bank Indonesia Beri Penjelasan

Warganet dihebohkan dengan viralnya video menunjukkan cara mengetahui uamg palsu dengan menggunakan es batu. Hal ini mengundang perhatian Bank Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Warganet dihebohkan dengan viralnya video menunjukkan cara mengetahui uamg palsu dengan menggunakan es batu. Video cara cek uang palsu ini diunggah di akun tiktok @dina***.

Dalam video itu, tampak seseorang sedang meletakkan uang kertas pecahan Rp 50.000 yang diduga palsu, di atas sebuah meja berwarna putih. Ia kemudian menggosok uang tersebut dengan sebuah es batu di bagian atasnya. Hasilnya, lembaran uang itu tampak luntur, dengan warna biru menempel di meja.

 

Viralnya video ini membuat Bank Indonesia angkat bicara. Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono. Erwin mengaku apa yang disampaikan ini pernah juga disosialsiasikan Bank Indonesia.

"Terhadap cara mengenali keaslian uang Rupiah menggunakan es batu sebagaimana disampaikan dalam medsos tersebut, Bank Indonesia tidak pernah memberikan saran untuk menggunakan cara tersebut," kata Erwin kepada Liputan6.com, Jumat (22/12/2023).

Meski demikian, Erwin mengaku senantiasa menghimbau seluruh masyarakat untuk lebih meningkatkan kesadaran mencintai Rupiah dengan selalu mengenali uang Rupiah melalui 3D yaitu:

Dilihat

Warna uang terlihat jelas dan terang, terdapat tinta berubah warna bentuk perisai pada TE 2016 dan bunga pada TE 2022 untuk pecahan besar Rp20.000, Rp50.000 dan Rp100.000. Selain itu terdapat Multi Color Latent Image (MCLI) yang dilihat dari sudut pandang tertentu akan memperlihatkan angka sesuai nominal dengan berbagai macam warna.

Diraba

Terdapat beberapa bagian pada uang Rupiah yang apabila diraba akan terasa kasar antara lain pada bagian Gambar Utama, Angka Nominal, Gambar Penari, dan Kode Tuna Netra.

Diterawang

Terdapat unsur pengaman watermark dan electrotype yang apabila diterawang akan menampilkan gambar pahlawan dan ornamen tertentu berbentuk 3 dimensi dan unsur pengaman Rectoverso berbentuk potongan logo BI tidak sempurna namun ketika diterawang akan membentuk logo BI secara sempurna dan utuh di uang rupiah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konsep Desain Rupiah

Erwin menambahkan, Uang Rupiah menghadirkan konsep INTAN (Indah, Tahan Lama dan Aman). Indah dalam hal ini terkait dengan desain uang Rupiah yang menarik dengan menampilkan keragaman budaya, flora, fauna dan keindahan alam Indonesia sehingga lebih mudah dikenali.

Tahan lama adalah penggunaan bahan uang Rupiah yang lebih kuat (durable) serta tinta cetak uang dengan kualitas yang tinggi sehingga membuat masa edar menjadi lebih tahan lama.

Sedangkan Aman adalah penggunaan fitur pengaman uang Rupiah dengan teknologi terkini sehingga akan semakin menyulitkan upaya pemalsuan.

 

3 dari 3 halaman

Anjuran Menjaga Rupiah

Bank Indonesia juga telah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat senantiasa merawat dan menjaga Uang Rupiah melalui slogan 5 Jangan (5J), yaitu: 

  1. Jangan Dilipat
  2. Jangan Dicoret
  3. Jangan Diremas
  4. Jangan Dibasahi
  5. Jangan Distaples.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini