Sukses

Profil Suprajarto, Mantan Dirut BRI dan Komisaris Utama Bank Jatim yang Meninggal di Singapura

Almarhum Suprajarto dimakamkan di Makam Imogiri, Yogyakarta yang dijadwalkan pada Rabu, 20 Desember 2023

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka menyelimuti dunia perbankan. Mantan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan Komisaris Utama Bank Jatim Suprajarto tutup usia pada Selasa, 19 Desember 2023 pukul 09.08 waktu Singapura.

”Innalillahi wainnailaihiraji’un. Keluarga besar Bank Jatim turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya bapak Suprajarto. Kami mendoakan semoga almarhum diberikan tempat terbaik di sisi Allah Swt. dan keluarga diberikan ketabahan serta kekuatan. Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi almarhum bapak Supra terhadap perkembangan bisnis bankjatim. Mohon dimaafkan segala kesalahan almarhum,” tutur Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman, seperti dikutip dari laman Bank Jatim, ditulis Rabu (20/12/2023).

Adapun Suprajarto dimakamkan di Makam Imogiri, Yogyakarta pada Rabu, 20 Desember 2023 pukul 09.00 WIB. Suprajarto meninggalkan istri Alia Karenina dan dua orang anaknya yaitu Bryan Yoga Kusuma dan Samugraha Ditya Kusuma juga menantu Ghina Raida Asilia dan satu orang cucu bernama Sheralma Dinara Kusuma.

Berikut profil Suprajarto yang menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Jatim dan Mantan Dirut BRI yang dikutip dari berbagai sumber:

Almarhum Suprajarto diangkat menjadi Komisaris Utama Bank Jatim sejak 2022 dalam RUPS Tahun Buku 2021. Suprajarto dikenal sebagai sosok yang tegas dan malang melintang di dunia perbankan dengan karier yang cemerlang.

Pria kelahiran Yogyakarta, 28 Agustus 1956 tersebut menyelesaikan pendidikan SI bidang ekonomi di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Yogyakarta. Suprajarto melanjutkan pendidikan magister Manajemen Pemasaran di Universitas Padjajaran, Bandung dan selesai pada 2001. Selanjutnya ia menyelesaikan pendidikan S3 Manajemen Bisnis di Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat pada 2014.

Mengutip Kanal Bisnis Liputan6.com, Ia pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sejak 2017. Ia bercita-cita sebagai pegawai pemerintah Yogyakarta, dan tak pernah menyangkan dapat berkesempatan memimpin BRI dengan bekal pendidikan yang dimiliki.

Sebelum menjadi Dirut BRI, ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Bidang Jaringan dan Layanan BRI dari 2007-2015. Suprajarto juga pernah menjadi Wakil Direktur Utama di BNI dari 2015-2017.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mantan Dirut BRI Suprajarto Meninggal Dunia di Singapura

Sebelumnya diberitakan, mantan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Suprajarto meninggal dunia pada Selasa 19 Desember 2023. Pria yang memiliki nama lengkap Suprajarto bin KRTH. Poerwaningrat ini meninggal di Singapura pada pukul pukul 09.08 Waktu setempat.

"Mohon dimaafkan segala kesalahan Almarhum.Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Aamiin Allahumma Aamiin," tulis pernyataan resmi keluarga yang diterima oleh redaksi Liputan6.com, Selasa (19/12/2023).

Suprajarto meninggalkan istri Alia Karenina  dan dua anak serta satu cucu. Suprajarto diangkat menjadi Direktur Utama BRI pada 2017. Saat itu posisinya menggantikan Asmawi Syam yang masa jabatannya berakhir.

Sebelum menjabat sebagai Direktur Utama BRIm Suprajarto, menduduki posisi Wakil Direktur Utama BNI. Di masa jabatan 2007-2015, Suprajarto juga pernah menjabat sebagai Direktur Layanan dan Jaringan BRI.

Suprajarto sempat diproyeksikan menjadi Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BBTN). Meski demikian dia menolak jabatan ini. 

Sedangkan saat ini, Suprajarto menjabat sebagai Komirsaris Utama Bank Jatim (BJTM).     

 

3 dari 3 halaman

Mantan Suami Jenny Rachman Suprajarto Meninggal Dunia di Singapura, Akan Dimakamkan di Yogyakarta

Sebelumnya diberitakan, kabar duka datang dari Suprajarto, mantan suami artis Jenny Rachman. Dalam pesan yang diterima Liputan6.com, pria ini meninggal dunia pada hari, Selasa (19/12/2023).

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un Suprajarto bin KRTH. Poerwaningrat Selasa, 19 Desember 2023 pukul 09.08 Waktu Singapura,” begitu pesan duka yang disampaikan

Ditambahkan, “Mohon dimaafkan segala kesalahan Almarhum. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Aamiin Allahumma Aamiin.”

Mendiang meninggalkan sang istri, Alia Karenina, dua orang anak, seorang menantu, dan satu cucu.

Disampaikan pula bahwa rencana mendiang hari ini akan langsung diterbangkan dari Singapura menuju Yogyakarta. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka yang terletak di Kotabaru, dan dikebumikan Rabu 20 Desember besok di Imogiri.   

Sementara itu Jenny Rachman sendiri baru baru ini resmi bercerai dari mendiang, sesuai putusan Pengadilan Agama Jakarta Pusat tertanggal 22 November 2023.

"Perkara permohonan talak cerai dengan nomor perkara 1078/Pdt.G/2023/PA_JAKPUS dengan pemohon S (Suprajarto) dan termohon JR (Jenny Rachman) sudah diputus cerai," kata Mursyida, Wakil Ketua Pengadilan Agama Jakarta Pusat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini