Sukses

Erick Thohir Ngotot Minta Harga Divestasi Saham Vale Indonesia Turun, Masih Kemahalan

Menteri BUMN Erick Thohir tak pasang target waktu soal proses divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir tak pasang target waktu soal proses divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk. Pasalnya, kedua pihak masih bernegosiasi perihal nilai saham yang akan didivestasikan.

"Masih negosiasi. (Ada target waktu?) Pokoknya selama-lamanya sampai kita dapat yang kita mau," ujar Erick Thohir di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Kesepakatan Awal

Adapun Vale Indonesia telah menjalin kesepakatan awal terkait divestasi saham 14 persen kepada MIND ID. Ini ditandai dengan dilakukannya Head of Agreement (HoA) di sela-sela kegiatan Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik atau APEC 2023 di San Fransisco, Amerika Serikat

Kesepakatan ini juga mencakup pengisian board of management, dimana nantinya posisi Direktur Utama dan Komisaris Utama Vale Indonesia akan berasal dari Holding BUMN Tambang MIND ID.

Sehingga, total penguasaan saham Vale Indonesia oleh MIND ID kini menjadi 34 persen. Namun, misi belum sepenuhnya tuntas.

"Kita harus 34 persen. Tapi, valuasi harganya kita musti fair, karena ini barang kita kok. Kita bukan enggak friendly sama investasi asing," tegas Erick Thohir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Sebelumnya

Hal senada sempat diutarakan Staff Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga. Kementerian BUMN disebutnya masih terus berunding soal kesepakatan harga pasca PT Vale Indonesia melakukan divestasi saham.

Pasalnya, Arya menyebut harga saham Vale Indonesia masih di luar hitung-hitungan pemerintah dan BUMN Holding Pertambangan, MIND ID. "Kalau pak Erick kan masih kemahalan, berarti masih negosiasi lagi. Tunggu aja," ungkapnya beberapa waktu lalu.

"Pokoknya masih negosiasi lah. Artinya enggak masuk dalam hitungan kita. Dengan nilai yang kita lihat, harusnya enggak segitu. Harusnya lebih murah," ujar Arya.

 

3 dari 3 halaman

MIND ID Punya Modal

Kendati demikian, Arya menjamin MIND ID telah mengantongi modal untuk melakukan akuisisi saham Vale Indonesia. Namun, besarannya masih terus dinegosiasi.

"Ada lah pokoknya. Cash-nya ada, kalau enggak ada cash enggak mungkin lah," kata Arya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.