Sukses

Harga Emas Dunia Tergelincir, Kembali di Bawah USD 2.000

Liputan6.com, Jakarta Harga emas turun kembali ke bawah USD 2.000 per ons pada hari Jumat karena dolar dan imbal hasil Treasury menguat.

Pelemahan harga emas dunia ini terjadi setelah para pedagang memangkas perkiraan penurunan suku bunga AS akan terwujud pada bulan Maret menyusul data pekerjaan yang lebih kuat dari perkiraan.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (9/12/2023), harga emas di pasar spot turun 1,3% menjadi USD 2,002.80 per ounce setelah mencapai sesi terendah USD 1,994.49 sebelumnya. Harga turun 3,4% sejauh ini, yang merupakan minggu terburuk dalam sepuluh minggu terakhir. Emas berjangka AS ditutup 1,3% lebih rendah pada USD 2,019.1.

Data Lapangan Kerja AS

Pertumbuhan lapangan kerja AS meningkat pada bulan November sementara tingkat pengangguran turun menjadi 3,7%.

Ini sekaligus menandakan kekuatan pasar tenaga kerja yang membuat para pedagang bertaruh bahwa Federal Reserve memerlukan waktu hingga bulan Mei untuk melakukan pengurangan pertama dalam serangkaian penurunan suku bunga tahun depan.

“Emas telah merosot karena laporan ketenagakerjaan AS menunjukkan kekuatan secara keseluruhan,” kata Tai Wong, pedagang logam independen yang berbasis di New York.

“Penutupan harga emas terendah ini, USD 150 di bawah harga tertinggi sepanjang masa pada hari Minggu, telah mengubah narasi pertemuan Fed. Sekarang, pembeli emas mengharapkan hasil Fed yang bersahabat yang akan mencegah koreksi lebih dalam, atau bahkan kemunduran,” tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penguatan Dolar AS

Indeks dolar menguat 0,7% pada minggu ini, membuat emas batangan lebih mahal bagi pembeli luar negeri, sementara imbal hasil Treasury 10-tahun rebound dari posisi terendah tiga bulan.

Para pedagang menunggu proyeksi suku bunga terkini untuk tahun depan dari pertemuan kebijakan Fed pada 12-13 Desember.

“Dengan banyaknya pelonggaran yang sudah diperhitungkan di pasar, baik perak maupun emas akan terus mengalami periode di mana keyakinan dapat ditantang,” Ole Hansen, kepala strategi komoditas Saxo Bank, mengatakan dalam catatan mingguannya.

Dealer emas fisik di India meningkatkan diskon ke level tertinggi dalam tujuh bulan pada minggu ini untuk memikat pelanggan karena rekor harga lokal mengurangi permintaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

  • Persentase dari pokok utang yang dibayarkan sebagai imbal jasa (bunga) dalam suatu periode tertentu disebut suku bunga.

    suku bunga

  • Harga Emas Dunia

Video Terkini