Sukses

BRI Targetkan Nilai Kontrak UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR Capai USD 80 Juta

Pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 resmi di buka pada 7-10 Desember 2023, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 resmi di buka pada 7-10 Desember 2023, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.Pameran tahun ini mengusung tema "Crafting Global Connection" atau merakit koneksi global.

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI Sunarso, menargetkan kontrak ekspor dari pertemuan bisnis dalam UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun 2023 sebesar USD 80 juta atau setara Rp 1 triliun.

"Tahun ini kita targetkan USD80 juta. Kalau dirupiahkan itu sekitar Rp1 triliun yang dihasilkan dari transaksi pameran ini," kata Sunarso dalam konferensi pers Opening Ceremony UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur, Di JCC, Kamis (7/12/2023).

Sebelumnya, Sunarso menyampaikan, hasil kontrak ekspor dari pertemuan bisnis (business matching) dari kegiatan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Misalnya, pada tahun 2019 hasil kontrak ekspor dari pertemuan bisnis hanya USD 33,5 juta. Kemudian, naik di tahun 2020 menjadi USD 57,5 juta, selanjutnya naik lagi di tahun 2021 sebesar USD 72,1 juta, dan tahun 2022 naik menjadi USD 76,7 juta.

Pameran Kelima

Lebih lanjut, kata Sunarso mengatakan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 merupakan pameran kelima yang telah dilakukan BRI. Adapun produk-produk UMKM yang dihadirkan dalam pameran ini kualitasnya terus ditingkatkan.

"Ini adalah tahun ke lima dan selalu dari sisi jumlah, kuantitas, dan kualitas barang-barang yang dipamerkan itu terus meningkat. Demikian juga volume bisnis yang terjadi dari transaksi ini," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak 700 UMKM

Sebagai informasi, pada pameran tahun ini, BRI mengajak 700 UMKM terkurasi yang meliputi 378 UMKM pendaftar baru, 122 UMKM alumni BRILIANPRENEUR, 6 UMKM binaan Perusahaan Anak seperti Pegadaian, PNM dan BRI Ventures, 153 UMKM Local Heroes yang telah menjadi market leader dengan harapan dapat memperluas impact bisnis dan terkoneksi untuk berkolaborasi kepada UMKM lainnya.

Kemudian 32 UMKM member SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia), 9 UMKM SMExcellence binaan Kementerian Koperasi & UKM. UKM tersebut berasal dari berbagai daerah yang akan menampilkan produk-produk terbaru dan terbaik mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.