Sukses

Tren Belanja Online Jadi Berkah Bagi Agen Jasa Ekspedisi

Tren belanja online yang sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat turut mendorong pertumbuhan industri logistik. Hal ini membuat agen jasa ekspedisi menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Liputan6.com, Jakarta Tren belanja online yang sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat turut mendorong pertumbuhan industri logistik. Hal ini membuat agen jasa ekspedisi menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Peluang ini ditangkap oleh Husaini Basri yang memutuskan menjadi mitra agen Lion Parcel di wilayah Depok.

“Setelah pensiun pada 2017, saya mencoba mempertimbangkan beberapa alternatif bisnis. Setelah berdiskusi dan mencari masukan, akhirnya memutuskan untuk membuka agen jasa ekspedisi. Menurut saya, bisnis ini minim risiko, tidak seperti membuka rumah makan misalnya yang membutuhkan modal untuk bahan baku dan berpotensi basi apabila belum terjual atau tidak terpakai,” ujar Husaini dikutip Selasa (5/12/2023).

Memantapkan hati dengan memilih Lion Parcel, ia melihat kebutuhan jasa pengiriman terus ada seiring dengan banyaknya pebisnis online yang bermunculan, tanpa terkecuali di wilayah Depok. Ia juga menilai agen jasa ekspedisi adalah salah satu bisnis dengan perputaran uang yang cepat.

“Lion Parcel unggul dari sisi infrastruktur karena memiliki akses langsung terhadap penerbangan Lion Group, yang memiliki jangkauan layanan yang luas, dengan armada penerbangan sendiri. Inilah yang membuat Lion Parcel mampu menawarkan harga yang bersaing,” tambah Husaini.

Saat awal menjadi mitra agen Lion Parcel, tentu bukan perjalanan yang mudah. Ia menjalankan bisnisnya sendiri, mulai dari menjadi admin pencatatan hingga kurir.

Husaini bahkan terjun ke lapangan untuk mencari pelanggan melalui door-to-door marketing dan mengunjungi para produsen yang menjalankan bisnis online di wilayah Depok untuk menawarkan jasa kirim Lion Parcel miliknya.

“Dulu awal-awal saya yang input, pick up, dan antar barangnya sendiri. Selain karena memang untuk mempelajari dan memahami lebih dalam mengenai alur pengiriman, saya juga senang karena bisa kenal pelanggan secara personal satu per satu. Kedekatan personal ini yang membuat mereka percaya pada layanan kami,” kata Husaini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Raup Omzet Fantastis

Totalitas Husaini dalam menjalankan bisnis ini membuahkan hasil yang baik. Selama tujuh tahun menjadi mitra agen Lion Parcel, Husaini berhasil meraup omzet fantastis per bulan.

Kini, ia memiliki banyak pelanggan tetap yang menggunakan jasa pengirimannya. Di samping membuatnya dirinya tetap produktif di masa pensiun, Husaini juga bahagia, karena bisnisnya turut membantu para pebisnis online khususnya UMKM untuk melayani masyarakat dengan paripurna, melalui layanan pengiriman yang ditekuninya.

Di samping itu, Head of National Point of Sales (NPOS) Lion Parcel Cipto Laksono mengatakan bahwa mitra agen memiliki peran penting dalam pertumbuhan bisnis Lion Parcel. Oleh karena itu, sejalan dengan strategi Lion Parcel di 2024, Lion Parcel terus fokus pada penambahan mitra agen baru secara merata di seluruh wilayah Indonesia untuk mempermudah aksesibilitas layanan. Selain itu, pengembangan mitra agen yang sudah ada juga terus dilakukan untuk mendukung produktivitas mereka.

“Pertumbuhan bisnis Lion Parcel tidak terlepas dari peran penting para mitra agen. Bertumbuh bersama para mitra agen adalah salah satu misi Lion Parcel sehingga kami memposisikan agen sebagai partner agar dapat saling memberi masukan untuk pertumbuhan bisnis bersama,” ujar Cipto.

Dari sisi pendaftaran, Lion Parcel berkomitmen memberikan kemudahan. Hanya dengan biaya mulai dari 5 juta rupiah, masyarakat bisa menjadi agen Lion Parcel dengan potensi keuntungan yang besar. Calon pendaftar hanya perlu mengisi formulir melalui situs resmi Lion Parcel https://lionparcel.com/agen. Hingga kini, pendaftar mitra agen baru Lion Parcel mencapai lebih dari 8.000 setiap bulan. Tidak hanya area Jabodetabek, pendaftar juga berasal dari wilayah luar pulau Jawa seperti Medan, Palembang, Makassar, dan lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Program Edukasi

Sebagai upaya mendukung pertumbuhan mitra agen, Lion Parcel memberikan program-program edukasi yang secara rutin dilakukan melalui training di empat aspek, yaitu operasional, entrepreneurship, sales dan marketing. Lion Parcel juga melakukan pendampingan sejak awal mitra agen mulai bergabung hingga berjalan apabila terdapat kendala dan hal yang dibutuhkan.

Selain itu, untuk menambah produktivitas mitra agen, Lion Parcel juga bekerja sama dengan pihak ketiga untuk diversifikasi layanan sehingga mitra agen mendapatkan lebih banyak penghasilan dari berbagai layanan. Terbaru, Lion Parcel bekerja sama dengan perusahaan Payment Point Online Bank (PPOB) untuk menyediakan layanan pembayaran di seluruh mitra agen Lion Parcel. Melalui kerja sama ini, mitra agen dapat melayani pelanggan yang membutuhkan layanan pembayaran seperti top up uang elektronik, pembayaran e-commerce, dan lainnya.

“Program-program yang kami hadirkan adalah realisasi Lion Parcel dalam misi bertumbuh bersama mitra agen. Kami juga berkomitmen untuk terus menghadirkan program baru yang sesuai dengan kebutuhan mitra. Lion Parcel sangat terbuka bagi masyarakat yang berminat menjadi mitra agen Lion Parcel dan tentunya bisa menjadi pemasukan baru bagi para mitra,” tutup Cipto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.