Sukses

Kampanye Prabowo-Gibran, Ciptakan 10 Kota Metaverse Senilai Rp 125 Triliun

Pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berencana membangun ekosistem digital yang berpusat di 10 kota inovasi dan metaverse di Indonesia. Tak main-main, total dana yang diperlukan mencapai sekitar Rp 125 triliun.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berencana membangun ekosistem digital yang berpusat di 10 kota inovasi dan metaverse di Indonesia. Tak main-main, total dana yang diperlukan mencapai sekitar Rp 125 triliun.

Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, menjelaskan bahwa 10 kota metaverse tersebut akan menjadi analog dalam membangun ekosistem digital.

IKN selaku ibu kota baru, kata Budiman, nantinya bakal menjadi wadah analog bagi pusat ekosistem digital. IKN dalam hal ini menjadi integrator dan agregator ekosistem digital untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

"Sembilan kota sebagai seperti sembilan planet, dan mataharinya adalah IKN sebagai super hub dari ekosistem digital. Ini bisa dikerjakan, orangnya ada," ujar Budiman dalam acara Indonesia Digital Summit 2023 di Four Seasons Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Sepuluh kota metaverse tersebut, antara lain: IKN sebagai superhub, Sumatera 1 sebagai tempat industri chips dan nanotechnology, Sumatera 2 sebagai rumah bagi industri Internet of Things (IoT) dan sensors, Jawa 1 sebagai industri Artificial Intelligence (AI) dan teknologi komputasi, Jawa 2 sebagai industri mobile devices dan VR/AR, Jawa 3 untuk industri robotics dan autonomous vehicles.

Kemudian, Bali jadi industri human computer interface dan social media, Sulawesi untuk industri biotechnology dan agricultures, Maluku sebagai energy storage industries, dan Papua menjadi industri satellite dan connectivity.

Menurut perhitungan Budiman, dibutuhkan ongkos USD 557 juta untuk membangun infrastruktur dasar pada satu kota metaverse. Plus USD 460 juta untuk membangun berbagai fasilitas.

"Satu innovation city yang sederhana USD 1 miliar. Apa yang ada di dalam satu innovation city, lima teknologi yang akan menjadi indikator kita menjadi negara maju atau tidak. Semi konduktor, industri penyimpanan energi, industri AI dan quantum, industri biotech, serta industri nanotechnology," paparnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ekosistem Digital

Bila ditotal, kebutuhan investasi untuk membangun satu ekosistem digital di satu kota mencapai USD 8,6 miliar atau setara Rp 125 triliun. Budiman mengatakan, pemerintah bakal bergandengan tangan dengan stakeholders lain untuk meraih mimpi besar tersebut.

"Prabowo-Gibran menawarkan pendekatan kesiapan teknologi dan kesiapan pasarnya adalah kolaborasi dengan para pemangku kepentingan. Ada kekuatan komunitas, uang, dan pemerintah. Kita bangun ekosistem," tutur dia.

"Kalau negara tidak menguasai ini, kita akan terjebak menjadi negara berpendapatan negara menengah," tegas Budiman Sudjatmiko.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Beri Izin Mahfud Md dan Prabowo Cuti Kampanye Pilpres 2024

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan izin cuti kampanye kepada Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md serta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Diketahui, kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dimulai pada hari ini, Selasa 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 mendatang.

"Presiden (Jokowi), melalui menteri sekretaris negara, telah memberikan persetujuan izin cuti kampanye kepada Bapak Menkopolhukam Mahfud Md untuk berkampanye pada hari Selasa, tanggal 28 November, dan sejumlah tanggal lainnya, sesuai permohonan izin cuti kampanye yang telah disampaikan oleh Menkopolhukam," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Senin (27/11/2023).

Ari melanjutkan, selain Mahfud, Prabowo juga telah mengajukan surat permohonan izin cuti kampanye kepada Presiden Jokowi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan KPU.

"Dan presiden melalui Mensesneg telah memberikan persetujuan izin cuti kampanye sesuai dengan permohonan Menhan," ujar Ari Dwipayana.

Diketahui ada 3 pasangan calon capres-cawapres yang maju di Pilpres 2024. Paslon nomor 1 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar diusung oleh NasDem, PKB, PKS dan Partai Ummat.

Paslon nomor urut 2 yaitu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diusung oleh Gerindra, Golkar, PAN, PKB, Gelora, PSI, PBB, PRIMA, dan Garuda. Sedangkan, paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD diusung oleh PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

4 dari 4 halaman

Jokowi Terbitkan Aturan Cuti Kampanye

Presiden Jokowi menerbitkan aturan tentang cuti bagi menteri, gubernur, bupati, hingga wali kota yang maju sebagai peserta Pemilu pada Pemilu 2024 mendatang. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2023 yang ditandatangani Jokowi pada Selasa 21 November 2023.

Dalam aturan tersebut, pejabat setingkat menteri, gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota, dan wakil wali kota wajib mengajukan cuti saat hendak berkampanye di hari kerja. Namun, ketika kampanye dilakukan pada hari libur, menteri hingga wali kota tak perlu mengajukan cuti.

"Menteri dan pejabat setingkat menteri, gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota, dan wakil wali kota yang melaksanakan kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) harus menjalankan Cuti," bunyi pasal 31 ayat (3) PP 53/2023 dikutip pada Kamis (23/11/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini