Sukses

ESG Jadi Standar Investasi di Dunia, Apa Pentingnya?

Saat ini Enviromental, Social and Governance (ESG) menjadi tren yang mengubah perspektif di dunia bisnis dan investasi.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini Enviromental, Social and Governance (ESG) menjadi tren yang mengubah perspektif di dunia bisnis dan investasi. ESG merupakan kerangka kerja yang membantu para pemangku kepentingan memahami bagaimana organisasi mengelola risiko dan peluang yang terkait dengan kriteria lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan dengan tujuan menciptakan nilai jangka panjang bagi semua pemangku kepentingan.

Banyak investor tertarik pada perusahaan yang mampu menangani risiko-risiko ESG secara efektif, karena mereka menyadari bahwa risiko-risiko ini dapat mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan secara material dalam jangka panjang.

Dengan menerapkan ESG, perusahaan juga mendapat manfaat langsung, misalnya fasilitas dalam mengakses pinjaman dengan suku bunga yang lebih rendah, menjaga loyalitas pegawai hingga meningkatkan citra dan reputasi perusahaan di mata publik.

Kesadaran tentang ESG, mendorong banyak perusahaan berlomba-lomba untuk menerapkan ESG dalam operasional dan strategi perusahaan. Namun, kendati trennya menguat secara global, penerapan ESG masih cukup menjadi tantangan. Survei Mandiri Institute tahun 2022 menyebut, banyak perusahaan masih kurang memahami isu ESG, serta kesulitan menentukan kriteria, matriks, atau indikator kinerja.

Layanan ESG

Melihat tren pasar yang semakin membutuhkan layanan ESG, Surveyor Indonesia menghadirkan layanan pendampingan ESG yang menyeluruh (end-to-end services).

Layanan ESG Surveyor Indonesia dapat berupa konsultasi penyusunan roadmap ESG, pelatihan dan pendampingan rating ESG, hingga strategi pengungkapan ESG dalam Sustainability Report.

Surveyor Indonesia telah memberikan layanan ESG ke banyak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Swasta dari berbagai sektor industri, diantaranya: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Pertamina Group, PT Kereta Api Indonesia, PT ABM Investama Tbk, PT Cipta Krida Bahari, PT Djarum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layanan Lain

Surveyor Indonesia juga memberi layanan traceability dan pemastian deforestation and conversion free notes. Layanan traceability terkait komoditas adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk melacak asal-usul, perjalanan, dan proses produksi suatu komoditas. Layanan ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti memastikan keamanan dan kualitas produk, meningkatkan transparansi rantai pasokan, dan mendukung keberlanjutan.

Layanan traceability terkait komoditas dapat berupa, pertama, sistem informasi traceability yang mengumpulkan dan menyimpan data tentang komoditas.

Sistem ini dapat berupa aplikasi web, aplikasi seluler, atau perangkat keras. Kedua, tag atau sensor yang dipasang pada komoditas untuk mengumpulkan data. Tag atau sensor ini dapat berupa RFID, barcode, atau sensor lainnya. Ketiga, perangkat lunak yang digunakan untuk menganalisis data traceability.

Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk melacak pergerakan komoditas, mengidentifikasi risiko, dan membuat laporan. Untuk mendukung pelayanan traceability PTSI bekerjasama dengan sejumlah Kementerian dan instansi.

Vice President Sustainability Surveyor Indonesia, Martinus Nata, mengungkapkan dalam layanan pendampingan rating ESG, Surveyor Indonesia mampu memperbaiki rating ESG perusahaan dari penilaian lembaga rating antara lain Sustainalytics, MSCI, dan CDP.

Rating ESG yang baik dari Lembaga rating dapat meningkatkan kepercayaan dan minat investor, pelanggan, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya terhadap Perusahaan,” ungkap Nata.

 

3 dari 3 halaman

Bagian dari Bisnis Perusahaan

Layanan ESG merupakan salah satu jenis layanan jasa SURE atau Sustainability Services Surveyor Indonesia. Dalam layanan jasa SURE, Surveyor Indonesia juga menghadirkan layanan konsultasi Climate Risk Stress Test, Nature Based Solution, Green Procurement and Supply Chain, dan penyusunan dokumen untuk memperoleh Sertifikat Pengurangan Emisi (SPE).

Surveyor Indonesia juga menyelenggarakan program rating and awarding melalui Integrated-Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) untuk Pemerintah Kota dan Kabupaten, Korporasi, Kawasan Industri dan Komoditas Berkelanjutan. Melalui Layanan SURE, Surveyor Indonesia menunjukkan komitmen yang kuat dan konsisten dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini