Sukses

Penampakan Rusun ASN di IKN Nusantara: Ada 3 Kamar Tidur, 2 Kamar Mandi

Rumah susun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di IKN Nusantara dipamerkan dalam gelaran Konstruksi Indonesia 2023, di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Terlihat, Rusun ASN ini memuat 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi.

Liputan6.com, Jakarta Rumah susun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di IKN Nusantara dipamerkan dalam gelaran Konstruksi Indonesia 2023, di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Terlihat, Rusun ASN di IKN Nusantara ini memuat 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi.

Menurut pantauan Liputan6.com di lokasi, rusun ASN dan pegawai pertahanan dan keamanan ini (Hankam) ini direplika dengan skala 1:1. Sejumlah pengunjung bisa melihat langsung wujud aslinya disini.

Terlihat, ada 3 kamar tidur dengan spesifikasi 1 kamar tidur utama dan 2 kamar tidur dengan ukuran lebih kecil. Kemudian, ada pula 2 kamar mandi dengan fasilitas lengkap.

Akses masuk ke unit rusun dilengkali dengan smartlock yang hanya bisa dibuka dengan kunci khusus dan akses dari orang yang menempati unit tersebut. Pada Rusun ASN-Hankam ini terdapat dua balkon, masing-masing di depan ruang tamu dan ruang kamar tidur utama.

Ruang Utama Rusun

Ruang utama rusun terlihat cukup luas yang bisa memuat meja makan dengan kapasitas 4-6 orang, meja kerja untuk satu orang, dan ruang untuk bersantai lengkap dengan televisi.

Bergeser sedikit dari ruang makan, ada ruang dapur untuk memasak. Disana terdapat kitchen set lengkap dengan kompor gas 2 tungku dan satu microwave.

Di sebelah ruang dapur, di rusun tersebut ada akses menuju tempat cuci atau laundry room. Disana, bisa digunakan untuk mencuci dan menyusun pakaian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Furnitur Produk Lokal

Kementerian PUPR tengah membangun Rumah Susun (Rusun) yang akan digunakan oleh ASN di IKN Nusantara. Tak hany aitu, Kementerian PUPR juga menyiapkan seluruh furnitur untuk mengisi rusun ASN di IKN. Furnitur tersebut seluruhnya menggunakan produk dalam negeri.

"Untuk furnitur atau perabotannya kita menggunakan produk dalam negeri, karena untuk perabotan sudah bisa diproduksi di dalam negeri," ujar Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga dikutip dari Antara, Sabtu (28/10/2023).

Pada intinya pembangunan IKN harus menggunakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) atau produk dalam negeri sebesar-besarnya. "Kalau kita bisa (pakai) produk dalam negeri semua untuk perabotan Rusun ASN di IKN, kenapa tidak?" katanya.

Penggunaan perabotan produk dalam negeri ini juga tidak hanya digunakan untuk Rusun ASN, namun juga digunakan untuk perabotan-perabotan pada gedung-gedung pemerintahan di IKN Nusantara.

Namun, untuk komponen-komponen terkait mechanical electrical yang belum bisa diproduksi di dalam negeri, bisa dilakukan impor.

Kementerian melakukan pengecekan atau commisioning terhadap gedung-gedung, termasuk rusun ASN, pada Juni atau Juli 2024.

 

3 dari 3 halaman

Bakal Ada 47 Tower

Danis mengatakan, 47 tower rusun ASN dengan skema APBN sudah terkontrak dan sudah mulai dibangun. Rusun ASN tersebut secara keseluruhan ditargetkan selesai pada akhir 2024.

Namun, Kementerian PUPR menargetkan sebanyak 12 tower rusun ASN di IKN dapat selesai pada Juli 2024. Sebanyak 12 tower rusun ASN ini mampu mengakomodasi sekitar 2.100 unit.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, progres pembangunan Rusun ASN di IKN Nusantara per 19 Oktober mencapai sekitar 1 - 2 persen.

Rincian

Secara keseluruhan dari 47 menara rusun ASN-Hankam memiliki total 2.820 unit dengan tipe 98 m2 untuk tiap unitnya. Pembangunan rusun terdiri atas 31 rusun untuk ASN dengan jumlah 1.860 unit.

Kemudian Rusun Hankam terdiri atas 7 rusun untuk personel Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN) serta 9 rusun untuk Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan total 960 unit.

Masing-masing tower setinggi 12 lantai, terdiri atas lantai 1 dan 2 yang dimanfaatkan untuk podium fasilitas sosial/fasilitas umum (fitness, public space, dsb), sedangkan 10 lantai sisanya untuk hunian. Setiap unitnya disiapkan tiga kamar tidur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini