Sukses

Chandra Asri Cetak Pendapatan USD 1,66 Miliar hingga Kuartal III 2023

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) cetak pendapatan bersih sebesar USD 1,66 miliar. Posisi EBITDA mencapai USD 108,9 juta di kuartal III-2023.

Liputan6.com, Jakarta PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) cetak pendapatan bersih sebesar USD 1,66 miliar. Posisi EBITDA mencapai USD 108,9 juta di kuartal III-2023, atau naik 881 persen lebih tinggi dari posisi USD 11,1 juta per kuartal III-2022.

"Meski kami menghadapi siklus penurunan di kuartal III-2023, kami bisa pertahankan neraca yang kuat pada 30 September 2023," ucap Direktur Sumber Daya Manusia & Urusan Korporat Chandra Asri, Suryandi dalam keterangan tertulis, Selasa (31/10/2023).

Perusahaan juga berhasil mempertahankan posisi likuiditas USD 2,34 miliar per kuartal III-2023. Likuiditas itu, kata dia, terdiri dari kas dan setara kas sebesar USD 823 juta, surat berharga USD 1,09 miliar, dan fasilitas kredit revolving berkomitmen yang tersedia sebesar USD 415 juta.

Adapun total aset Perseroan mencapai USD 4,99 miliar per kuartal III-2023, naik tipis 1,4 persen dari posisi USD 4,92 miliar di kuartal IV-2022.

Tetap Optimis dengan Kinerja Bisnis

Suryandi menegaskan, meski terdapat ketidakpastian geopolitik dan harga energi, Perseroan tetap memprediksi positif untuk prospek jangka panjang dan secara tekun menjalankan rencana ekspansinya dengan fokus dan disiplin sembari memperkuat rantai nilai industri di Indonesia.

Selama kuartal III-2023, Chandra Asri bekerja sama dengan BRI untuk menyediakan fasilitas pembiayaan bagi pelanggan domestik Chandra Asri.

Fasilitas pembiayaan ini diberikan untuk mendongkrak volume transaksi grosir sekaligus mendukung fokus Indonesia dalam meningkatkan industri hilir melalui optimalisasi pengolahan bahan baku dalam negeri yang berkelanjutan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerja Sama dengan Inalum

Baru-baru ini Chandra Asri telah menandatangani Letter of Intent (LoI) bersama dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) dalam rangka mendukung pengembangan hilirisasi aluminium sekaligus mewujudkan percepatan ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) dalam negeri.

Kerja sama ini meliputi potensi penyediaan pasokan kaustik soda basah yang menjadi bahan baku utama produksi aluminium serta komponen battery pack untuk EV oleh anak usaha Chandra Asri, PT Chandra Asri Alkali (CAA), kepada INALUM dengan volume hingga 120.000 MT per tahun. Selain itu, INALUM juga tengah menelaah potensi penyertaan ekuitas di CAA hingga 10%. Chandra Asri dan INALUM berupaya memfasilitasi pertumbuhan industri midstream dan hilir aluminium, khususnya untuk kendaraan listrik di dalam negeri

"Inisiatif ini juga sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menjadi mitra pertumbuhan yang secara efektif menjawab tantangan permintaan domestik dan mempertahankan industri hilir di Indonesia," ucap Suryandi.

 

3 dari 3 halaman

Ciptakan Ekosistem

Lebih lanjut, Suryandi menyatakan bahwa Chandra Asri berkomitmen menciptakan ekosistem yang lebih asri melalui inisiatif end-to-end plastic waste management.

Inisiatif yang berhasil meraih rekognisi tingkat ASEAN ini telah dijalankan secara berkelanjutan oleh Perseroan dan menjadi bukti komitmen kuat Chandra Asri dalam memberikan solusi terhadap permasalahan sampah plastik di Indonesia.

Chandra Asri juga berhasil mempertahankan statusnya sebagai perusahaan "Risiko Rendah" menurut Sustainalytics dengan peningkatan tingkat risiko ESG dari 17,7 menjadi 16,6.

"Saham kami pun masih tercatat dalam jajaran IDX ESG Leaders yang diumumkan Bursa Efek Indonesia (BEI)," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.