Sukses

Harga Minyak Dunia Turun Meskipun Konflik Timur Tengah Memanas

Penurunan harga minyak dunia ini terjadi karena investor memantau dengan cermat pertemuan kebijakan moneter Bank Sentral AS atau Fed yang akan berlansung di pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak turun bahkan setelah Israel mengirim pasukan darat ke Jalur Gaza, meningkatkan ketegangan di Timur Tengah. Penurunan harga minyak dunia ini terjadi karena investor memantau dengan cermat pertemuan kebijakan moneter Bank Sentral AS atau Fed yang akan berlansung di pekan ini.

Mengutip CNBC, Selasa (31/10/2023), harga minyak Brent yang menjadi patokan harga minyak dunia turun 2,8% menjadi USD 87,89 per barel. Sedangkan harga minyak berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS terakhir turun 3,5% menjadi USD 82,57 per barel.

“Saya pikir pasar telah memperhitungkan serangan pada hari Jumat dan malam ini lebih menjual fakta,” kata presiden Rapidan Energy Group Bob McNally kepada CNBC melalui email.

Dia mengatakan operasi darat sejauh ini terbatas dan mencatat kekhawatiran makroekonomi lainnya.

The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunganya pada akhir pertemuan yang berlangsung selama dua hari, setelah ekonomi AS tumbuh lebih cepat dari perkiraan pada laju tahunan sebesar 4,9% pada kuartal III.

“Data ekonomi AS baru-baru ini tampaknya tidak memberikan banyak ruang bagi The Fed untuk mundur dari kebijakan suku bunganya yang tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama, sementara data PMI Tiongkok yang akan datang mungkin masih menunjukkan risiko penurunan terhadap kondisi perekonomian,” kata analis IG, Yeap Jun Rong.

Dia menunjukkan bahwa keduanya tampaknya memberikan keraguan jangka pendek agar harga minyak dapat mengikuti kenaikan baru-baru ini.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dalam konferensi pers hari Sabtu bahwa Israel telah memasuki tahap kedua perang, yang ia perkirakan akan berlangsung “panjang dan sulit” seiring negara tersebut memperluas operasi daratnya di jalur tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Premi Risiko Perang

Harga minyak melonjak pada Jumat malam, dengan Brent melonjak di atas USD 90 per barel karena Israel mengatakan pasukannya 'meningkatkan operasi darat' di Gaza dalam upaya membasmi kelompok militan Hamas.

“Meskipun gangguan pasokan minyak besar-besaran bukanlah alasan utama kami, pasar minyak minggu lalu menjadi sedikit terlalu berpuas diri terhadap kemungkinan serangan darat besar-besaran Israel di Gaza, dan risiko perang regional yang lebih luas,” lanjut McNally.

Pasar kemungkinan akan menambah premi risiko perang mengingat perkembangan terkini.

ANZ juga menyampaikan proyeksi serupa.

“Meningkatnya perang meningkatkan risiko gangguan pasokan yang melanda pasar sejak serangan Hamas,” tulis ANZ dalam catatan harian pada hari Senin.

Meskipun harga minyak mentah berjangka AS hanya naik 3,3% sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, potensi berkembangnya konflik yang lebih luas membuat pasar tetap gelisah.

 

3 dari 3 halaman

Konflik Menjalar

Meskipun Israel dan wilayah Palestina bukanlah pemain minyak utama, konflik ini terjadi di wilayah penghasil minyak utama yang lebih luas, sehingga meningkatkan kekhawatiran bahwa perang dapat meluas ke luar Gaza.

Pada hari Minggu, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan AS melihat “risiko yang meningkat” bahwa konflik akan meluas ke wilayah lain di kawasan Timur Tengah.

Khususnya, kekhawatiran mengenai keterlibatan Iran sudah mulai terlihat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini