Sukses

Jangan Lakukan Ini di Usia 20 Jika Tak Ingin Menyesal

Jika kamu punya rencana untuk melakukan pensiun dini, tidak ada banyak ruang untuk melakukan kesalahan finansial karena ingin mencapai kekayaan tertentu dalam jangka waktu yang singkat.

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu punya rencana untuk melakukan pensiun dini, tidak ada banyak ruang untuk melakukan kesalahan finansial. Alasannya, kamu harus mencapai kekayaan tertentu dalam jangka waktu yang singkat.

Satu investasi besar yang tidak membuahkan hasil atau belanja yang tidak diperlukan dapat menggagalkan kemajuan serta menunda rencana yang kamu miliki untuk berhenti bekerja.

Dengan perencanaan yang matang, Alex Trias berhasil menghindari kemunduran dalam perjalanannya ketika memasuki masa pensiun di usia 41 tahun.

“Selama membelanjakan uang di usia 20-an, saya hampir tidak menyesal karena saya tidak terlalu sering melakukannya,” Kata Trias melalui CNBC Make It seperti dikutip Kamis (26/10/2023).

Meskipun mantan pengacara pajak ini memiliki gaji sebesar enam digit, ia mengatakan bahwa ia membeli pakaian diskon, menggunakan transportasi umum, dan menjaga perabotan rumahnya seminimal mungkin agar biayanya tetap rendah sebelum pensiun. 

Namun, ada pelajaran finansial yang ia dapat sebelumnya. Ini adalah tiga penyesalan yang dialami Trias di usia-20an dan saran supaya kamu menghindari kesalahan serupa.

Mencoba jadi ‘sangat original’ dibanding menjadi kompeten

Baik dalam karirnya maupun dalam keuangan pribadinya, Trias belajar bahwa tidak selalu ada gunanya mencoba menyimpang dari norma.

“Di usia-20-an, saya membuang banyak waktu dan tenaga untuk mencoba jadi sangat orisinal dibandingkan menjadi sangat kompeten,” katanya.

Ia mempelajari ini di awal karirnya dari seorang mentor yang menggunakan metafora mengupas tram: Tugas Trias adalah mengupas tiram sebanyak mungkin, meskipun mungkin lebih menyenangkan sambil membayangkan mencari mutiara.

“Itu akan terjadi, akan jauh lebih mudah bagimu untuk hanya berkonsentrasi mengupas tiram.”

Dalam karyanya, Trias menyadari bahwa terkadang “latihan terbaik” disebut demikian karena suatu alasan. Ia punya gagasan bahwa kamu bisa maju dalam karir dengan menonjol atau mencoba membayangkan kembali taktik yang telah teruji oleh waktu. Namun, pepatah lama “jika tidak rusak, jangan diperbaiki” lebih sering berlaku.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berpikir waktu lebih penting daripada konsistensi

“Penyesalan terbesar saya secara finansial bukanlah pengeluaran saya, melainkan pemikiran saya,” kata Trias.

“Dulu saya selalu berpikir untuk berinvestasi ketika harga rendah, menunggu, lalu menjual pada harga ketika harga menjadi tinggi. Saya tidak dapat menjelaskan kegelisahan dan pemborosan yang disebabkan oleh mental semacam ini.”

Daripada mencoba mengatur waktu pasar, Trias merekomendasikan untuk menjadikan tabungan dan investasi sebagai kebiasaan.

“Salah satu hal yang berhasil dengan baik adalah kebiasaan menabung dan berinvestasi berulang kali setiap kamu menerima gaji, terlepas dari apa yang mungkin terjadi dalam perekonomian dunia atau apakah menurut kamu saham dinilai terlalu tinggi,” katanya.

Untuk investor sehari-hari, Trias mengatakan tidak ada gunanya menghabiskan waktu dan membuat stres serta mengkhawatirkan investasi sepanjang waktu.

“Saya pikir mencoba untuk memperhatikan kekayaan bersih dari bulan ke bulan atau bahkan tahun ke tahun mungkin kontraproduktif,” kata Trias. “Jangan terlalu fokus pada hasil akhir, tetapi pada kebiasaan yang kamu bentuk.”

 

3 dari 3 halaman

Melebih-lebihkan kebutuhan

Ketika ia dan keluarganya pertama kali pindah ke luar negeri, Trias mengatakan ia terkejut mengetahui betapa sedikitnya kebutuhan mereka untuk memenuhi kebutuhan materi dan pengeluaran uang.

“Saya selalu berpikir bahwa untuk menjadi bahagia, kami memerlukan empat kamar tidur, atau mengisi kekosongan, saya punya daftar kebutuhan cucian,” katanya.

Syukurlah, tidak butuh waktu lama untuk menyadari bahwa ia bisa hidup bahagia dengan biaya lebih sedikit.

“Kami membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk menjalani hidup dengan cara yang jauh lebih sederhana untuk menyadari bahwa kami bukan saja tidak membutuhkannya, tetapi kami tidak menginginkannya. Kami tidak membutuhkan apapun yang mendekati apa yang kami pikir diperlukan untuk pensiun,” katanya.

Kamu mungkin berbeda. Mungkin gagasan kamu tentang masa pensiun yang nyaman melibatkan kemampuan untuk membeli koki pribadi, atau kemampuan untuk makan di restoran setiap hari.

Lakukan penjelajahan saat kamu masih muda untuk mencari tahu seperti apa masa pensiun yang kamu inginkan, lalu pikirkan apa yang diperlukan untuk mencapainya. Ini mungkin lebih mudah dari apa yang dikira.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini