Sukses

Profil Amran Sulaiman, Pengusaha Asal Bone yang Kembali Dilantik Jadi Menteri Pertanian

Berikut profil singkat Andi Amran Sulaiman yang kembali dilantik menjadi Menteri Pertanian untuk sisa jabatan periode 2019-2024.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Andi Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian (Mentan) untuk sisa masa jabatan periode 2019-2024 pada Rabu, (25/10/2023).

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 101/P tahun 2023 tentang pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Amran Sulaiman kemudian mengucapkan sumpah dan jabatan sebagai Menteri Pertanian di hadapan Jokowi. Dia berjanji akan bekerja dengan sebaik-baiknya.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Amran Sulaiman mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan Jokowi seperti dikutip dari Kanal News Liputan6.com.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," demikian janji tersebut diucapkan.

Ini bukan kali pertama Amran Sulaiman menjabat sebagai menteri. Pada era Kabinet Kerja periode 2014-2019, ia menjabat sebagai Menteri Pertanian.Berikut profil Amran Sulaiman yang dikutip dari Antara:

Amran Sulaiman lahir di Bone, Sulawesi Selatan, 27 April 1968. Ia pernah bekerja di PTPN XIV dan sempat menjabat sebagai kepala bagian logistik di BUMN tersebut.

Usai berkarier di PTPN, Amran membuat beragam inovasi di bidang pertanian sesuai dengan jurusan kuliahnya di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Selain itu, ia termasuk penemu sekaligus penerima hak paten ala tempos tikus “Alpostran”. Sejak itu, Amran mengembangkan usaha dan melebarkan bidang bisnis yakni produsen pestisida, perkebunan kelapa sawit, gula, tambang nikel, tambang emas, dan SPBU. Semua usaha itu di bawah bendera grup Tiran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekayaan Amran Sulaiman

Ia terpilih menjadi Menteri Pertanian pada Kabinet Kerja periode 2014-2019. Hingga akhir menjabat, Amran memiliki kekayaan mencapai Rp 278,58 miliar. Hal itu berdasarkan laporannya pada 30 Oktober 2019, yang termasuk jenis laporan khusus-akhir menjabat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Amran Sulaiman memiliki 13 bidang tanah dan bangunan senilai Rp 42,24 miliar. Tanah dan bangunan itu sebagian besar dari hasil sendiri yang tersebar di Makassar dan Gowa. Selain itu, ia memiliki alat transportasi dan mesin senilai Rp 3,42 miliar. Berikut rinciannya:

  • Mobil Hummer Jeep tahun 2009 senilai Rp 2,5 miliar
  • Mobil Toyota Camry sedan tahun 2005 senilai Rp 300 juta
  • Mobil Toyota Fortuner Jeep tahun 2006 senilai Rp 450 juta
  • Mobil Toyota Kijang Innova tahun 2005 senilai Rp 170 juta

Selain itu, Amran juga memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp 281,73 juta dan surat berharga Rp 205,53 juta. Ia juga mengantongi kas dan setara Rp 28,35 miliar. Selain itu, harta lainnya Rp 38 juta.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Resmi Lantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Andi Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian (Mentan) sisa masa jabatan periode 2019-2024. Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Rabu (25/10/2023) pukul 09.00 WIB.

Pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 101/P tahun 2023 tentang pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Amran Sulaiman kemudian mengucapkan sumpah dan jabatan sebagai Menteri Pertanian di hadapan Jokowi. Dia berjanji akan bekerja dengan sebaik-baiknya.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Amran Sulaiman mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," demikian janji tersebut diucapkan.

Sebagai informasi, Amran menggantikan posisi Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri karena terjerat kasus dugaan korupsi. Posisi Mentan sendiri awalnya merupakan jatah Partai NasDem, namun Amran diketahui berasal dari kalangan non partai.

Dia sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian pada era Kabinet Kerja Jokowi periode 2014-2019. Amran juga dikenal sebagai seorang pengusaha asal Makassar.

 

4 dari 4 halaman

Reshuffle Kabinet

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet pekan ini. Namun, Jokowi tak mengungkapkan tanggal pasti reshuffle akan dilakukan.

"Mungkin minggu ini (reshuffle). (Hari) baru disiapkan," kata Jokowi di Plataran Hutan Kota Senayan Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Jokowi menyebut dirinya akan melantik Menteri Pertanian definitif. Pos kementerian tersebut memang kosong pasca Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri karena tersangkut kasus korupsi.

"Menteri Pertanian," ucapnya saat ditanya pos kementerian yang akan diisi.

Saat ini, Jokowi menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menjadi Plt Menteri Pertanian.

Saat ditanya apakah Partai Demokrat akan masuk kabinet, Jokowi hanya mengangguk.

Hanya saja, Jokowi memang melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Merdeka Jakarta, Senin 23 Oktober 2023. Pertemuan dilakukan secara tertutup.

"Ya biasa ya pertemuan silahturahmi berbicara hal-hal yang biasa saja. Kita bicarakan ketemu dengan partai," jelas Jokowi saat ditanya awak media soal pertemuan dengan AHY.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini