Sukses

7 Jenis Rekening yang Bakal Ditutup BCA Jika Saldo 0 Mulai 1 November 2023

PT Bank Sentral Asia Tbk atau BCA akan menutup rekening nasabah yang sudah lama tidak aktif selama berbulan-bulan. Penutupan rekening ini akan dilakukan mulai 1 November 2023.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk atau BCA akan menutup rekening nasabah secara permanen mulai 1 November 2023. penutupan rekening BCA secara permanen ini dilakukan jika 12 bulan berturut-turut saldo 0 dan tidak ada transaksi.

Dikutip dari laman resmi BCA, Sabtu (30/9/2023), penutupan yang mulai dilakukan pada 1 November 2023 tersebut berlaku untuk 7 jenis rekening BCA, yaitu:

  1. Tahapan
  2. Tahapan Gold
  3. Tahapan Xpresi
  4. Tapres
  5. TabunganKu
  6. BCA Dollar
  7. Giro

Setelah rekening nasabah yang tidak aktif selama 12 bulan ditutup secara permanen, maka nasabah sudah tidak bisa melakukan transaksi menggunakan rekening tersebut.

Dalam hal ini, pemilik rekening tidak dapat lagi melakukan seluruh transaksi perbankan menggunakan rekening tersebut.

Jika rekening yang sudah ditutup menerima transfer maka otomatis akan dibatalkan dan dana akan dikembalikan ke sumber rekening.

Untuk menghindari Rekening BCA tertutup secara otomatis, lakukan transaksi dan simpan dana sesuai dengan minimum saldo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saldo Minimum Rekening Pasif

Sebelum rekening otomatis ditutup, rekening akan terlebih dahulu menjadi rekening pasif atau dormant.  Rekening bisa menjadi dormant jika tidak memiliki saldo minimal tertentu dan tidak ada aktivitas transaksi apapun selama 6 bulan berturut-turut.

Seluruh jenis rekening BCA pun bisa dinyatakan pasif, mulai dari Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, Tapres, TabunganKu, Simpanan Pelajar, Giro, hingga BCA Dollar.

Saat rekening dinyatakan pasif, maka sejumlah transaksi perbankan tidak bisa dilakukan dengan menggunakan rekening tersebut. Transaksi finansial hanya bisa dilakukan melalui e-Channel BCA, seperti myBCA, BCA mobile, KlikBCA dan ATM BCA. Limit transaksi harian pun akan disesuaikan dengan jenis kartu ATM BCA yang dimiliki.

Nasabah bisa tetap melakukan aktivitas melebihi limit transaksi harian melalui Teller bank. Namun, proses transaksinya perlu melalui proses override dari Supervisor Bank.

 

3 dari 3 halaman

Saldo Minimum Rekening Pasif (Dormant)

Rekening bisa menjadi dormant jika tidak memiliki saldo minimal tertentu dan tidak ada aktivitas transaksi apapun selama 6 (enam) bulan berturut-turut. 

Berikut ketentuan saldo minimum untuk jenis rekening rupiah dan valas:

  • Rupiah (IDR) minimal Rp 10.000.000
  • Dollar Amerika Serikat (USD) minimal USD 1.000
  • Dollar Singapura (SGD) SG$ 2.000
  • Dollar Hong Kong (HKD) HK$ 8.000
  • Euro (EUR) EU€ 1.000
  • British Poundsterling (GBP) GBP£ 1.000
  • Dollar Australia (AUD) AU$ 2.000
  • Yen Jepang (JPY) JPÂ¥ 150.000
  • Renminbi China (RMB) RMBÂ¥ 7.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.