Sukses

Pengguna Bank Himbara Bisa Bayar Listrik hingga Cicilan Rumah di ATM Link

Kini pengguna ATM Himbara (Mandiri, BRI, BNI dan BTN) bisa melakukan transaksi di satu ATM Link saja.

Liputan6.com, Jakarta Kini pengguna ATM Himbara (Mandiri, BRI, BNI dan BTN) bisa melakukan transaksi di satu ATM Link saja. Transfomasi tersebut merupakan fitur baru dari ATM Link, dimana dalam satu sistem memuat fitur-fitur dari keempat Bank Himbara.

"Fitur-fitur baru ini integrasi satu sistem, tadinya fiturnya masing-masing, sekarang dengan 4 bank ini kurang lebih ada 335 fitur yang menjadi satu, yang harapannya dapat membantu transaksi para nasabah (Bank Himbara)," kata Ketua Tim Konsolidasi ATM Himbara Adi Sulistyowati dalam soft launching integrasi dan Wajah Baru ATM Link, di Pos Bloc, Jakarta Selasa (26/9/2023).

Fitur baru ATM Link tersebut diyakini mampu mengggantikan fungsi teller di outlet Bank Himbara. Masyarakat bisa melakukan aktivitas sektor keuangan lainnya yang lebih bervariasi, yakni tak hanya tarik tunai, dan setor tunai saja, melainkan bisa membayar tagihan KUR, bayar cicilan perumahan, hingga bayar listrik bisa melalui ATM Link.

"Ini sebenarnya menggantikan fungsi teller di outlet. Ini nanti ada ATM dan CRM, CRM ini bahkan bisa setor nggak hanya ngambil. Nah, fitur-fitur inilah bisa bayar KUR, bayar cicilan perumahan, bayar listrik bisa melalui ATM ini. Fitur-fitur ini yang diintegrasikan dari keempat bank Himbara menjadi satu," ujarnya.

Terus Pengembangan

Perempuan yang akrab disapa Susi ini mengatakan, kedepanny fitur-fitur yang disediakan ATM Link akan mengalami perubahan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

"Ini akan terus berkembang terhadap kebutuhan," imbuhnya.

Menariknya, kedepan ATM Link juga akan diintegrasikan dengan fintech dan e-commerce. Sebab, menurut Susi, fintech dan e-commerce masih membutuhkan ATM sebagai channel perbankan untuk sistem pembayarannya.

"Tadi yang disampaikan bahwa ini akan bekerjasama dengan fintech dan e-commerce, karena fintech dan e-commerce tetap membutuhkan channel perbankan dan channel inilah yang bisa dimanfaatkan untuk sistem pembayaran dari fintech dan e-commerce yang bisa dikerjasamakan dengan ekosistem yang ada di BUMN," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Resmikan Wajah Baru ATM Link

Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan integrasi dan wajah baru ATM Link. Langkah ini guna memperkuat brand positioning agar kehadiran ATM Link dapat memberikan nuansa baru kepada masyarakat Indonesia.

"Integrasi hari ini saya ucapkan terimakasih karena ini terobosan, yang saya lihat dari tahun 2015-2023 tapi ini daripada percepatan luar biasa, program ini dilakukan sejak 2021 selama dua tahun percepatan luar biasa," kata Erick Thohir dalam peresmian wajah Baru ATM Link di Pos Bloc, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Menurutnya, melalui wajah baru ATM Link ini membuat Bank Himbara menjadi lebih efisien dan semakin dekat dengan digitalisasi. Lantaran, kata Erick, sinergi antara efisiensi dan digitalisasi merupakan salah satu kunci untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi di sektor perbankan.

"Ini era digitalisasi, jadi saya berharap justru himbara makin dekat dengan digital. Efisiensi adalah salah satu kunci," ujarnya.

Erick mencatat, dari 90.000 ATM Himbara 53.000 diantaranya merupakan ATM Link. Ia pun berharap ke depannya ATM Link bisa diintegrasikan dengan produk-produk perbankan di luar BUMN.

"Saya mendapatkan laporan dari 90.000 ATM, 53.000 itu adalah dari yang Link, artinya dominan, sehingga bagaimana sistem link ini bisa juga terus dikembangkan salah satunya tadi selain mengintegrasi daripada produk-produk yang ada di BUMN, tapi saya seneng kalau bisa mengintegrasi dari produk-produk lain," katanya.

Adapun, melalui tampilan ATM Link yang lebih fresh dan modern, merupakan sebuah komitmen untuk meningkatkan cara berinteraksi dan memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Diketahui, layanan Integrasi ATM Link saat ini telah diluncurkan di salah satu Bank Himbara dan akan secara bertahap diperluas ke seluruh jaringan ATM Himbara yang akan dikelola sepenuhnya oleh PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sebagai bagian dari Holding Danareksa.

3 dari 3 halaman

Keunggulan

Berikut lima keunggulan ATM Link dengan wajah baru:

  1. Jangkauan yang Luas: ATM Link meliputi area yang lebih luas, memastikan akses perbankan hingga seluruh Indonesia.
  2. Akses yang Lebih Dekat: Dengan menyediakan layanan dari empat bank dalam satu jaringan yang berjumlah lebih dari 50.000 mesin ATM dan CRM.
  3. Biaya yang Lebih Terjangkau: ATM Link menyajikan biaya transaksi yang tetap efisien, memberikan manfaat finansial yang signifikan bagi penggunanya.
  4. Dinamis dan Adaptif: Jaringan ATM Link selalu meningkatkan baik secara penempatan lokasi, teknologi maupun kelengkapan fitur, guna terus melayani kebutuhan masyarakat yang dinamis
  5. Mendukung Keberlanjutan Sistem Pembayaran: ATM Link, yang berasal dari inisiatif Kementerian BUMN dengan dukungan HIMBARA, mendukung visi inklusi keuangan di masa mendatang. termasuk dalam peluang kerja sama dengan bank lain serta fintech, sejalan dengan roadmap BSPI 2025.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini