Sukses

Korban Meninggal Gempa Maroko Capai 2.122 Orang, Pengungsi Kekurangan Air hingga Listrik

Korban selamat dari gempa bumi paling mematikan di Maroko dalam lebih dari enam dekade berjuang untuk mendapatkan makanan, air, dan tempat berlindung pada hari Minggu ketika pencarian orang hilang terus berlanjut di desa-desa terpencil dan jumlah korban tewas lebih dari 2.100 orang dan tampaknya akan terus bertambah.

Liputan6.com, Jakarta - Korban selamat dari gempa bumi paling mematikan di Maroko dalam lebih dari enam dekade berjuang untuk mendapatkan makanan, air, dan tempat berlindung. Pencarian orang hilang terus berlanjut di desa-desa terpencil dan jumlah korban tewas lebih dari 2.100 orang dan tampaknya akan terus bertambah.

Banyak orang bersiap-siap untuk menghabiskan malam ketiga di tempat terbuka setelah gempa berkekuatan 6,8 skala Richter terjadi pada Jumat malam. Para pekerja bantuan menghadapi tantangan untuk menjangkau desa-desa yang terkena dampak paling parah di High Atlas, sebuah pegunungan terjal, tempat pemukiman terpencil dan banyak rumah hancur.

Dikutip dari CNBC pada Senin (11/9/2023), tercatat korban tewas bertambah menjadi 2.122 orang dan 2.421 orang luka-luka

Kerusakan yang terjadi terhadap warisan budaya Maroko menjadi lebih jelas ketika media lokal melaporkan runtuhnya sebuah masjid bersejarah pada abad ke-12. Gempa tersebut juga merusak sebagian kota tua Marrakesh, yang merupakan situs warisan dunia UNESCO.

Di Moulay Brahim, sebuah desa 40 km selatan Marrakesh, warga menggambarkan bagaimana mereka menggali mayat dari reruntuhan menggunakan tangan kosong.

Di lereng bukit yang menghadap ke desa, warga menguburkan seorang perempuan berusia 45 tahun yang meninggal bersama putranya yang berusia 18 tahun, seorang perempuan menangis tersedu-sedu saat jenazah diturunkan ke dalam kuburan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Korban Butuh Bantuan Pemerintah

Saat ia mengambil barang-barang dari rumahnya yang rusak, Hussein Adnaie mengatakan ia yakin masih ada orang-orang yang terkubur di reruntuhan di dekatnya.

“Mereka tidak mendapatkan penyelamatan yang mereka butuhkan sehingga mereka meninggal. Saya menyelamatkan anak-anak saya dan saya mencoba mencarikan selimut untuk mereka dan pakaian apapun yang bisa mereka pakai dari rumah,” katanya.

Yassin Noumghar, 36, mengeluhkan kekurangan air, makanan, dan listrik. Ia juga mengatakan sejauh ini dia hanya menerima sedikit bantuan pemerintah.

“Kami kehilangan segalanya, kamu kehilangan seluruh rumah,” katanya.

“Kami hanya ingin pemerintah membantu kami.”

Kemudian, karung-karung makanan diturunkan dari sebuah truk yang menurut pejabat setempat, Mouhammad al-Hayyan, diorganisir oleh pemerintah dan organisasi masyarakat sipil.

Menurut staf, 25 jenazah telah dibawa ke klinik kecil di desa tersebut.

Dengan banyaknya rumah yang dibangun dari batu bata lumpur dan kayu atau semen dan balok angin, struktur bangunan mudah runtuh. Ini adalah gempa paling mematikan di Maroko sejak tahun 1960 ketika gempa tersebut diperkirakan menewaskan sedikitnya 12.000 orang. 

Di desa Amizmiz, yang terkena dampak paling parah, warga menyaksikan tim penyelamat menggunakan alat penggali mekanis pada sebuah rumah yang runtuh.

“Mereka mencari seorang pria dan putranya. Salah satu dari mereka mungkin masih hidup,” kata Hassan Halouch, seorang pensiunan tukang bangunan.

Tim akhirnya hanya menemukan jenazah.

Tentara, yang dimobilisasi untuk membantu upaya penyelamatan, mendirikan kamp dengan tenda untuk para tunawisma.

3 dari 4 halaman

Bantuan dari berbagai negara berdatangan

Karena sebagian besar toko rusak atau tutup, warga kesulitan mendapatkan makanan dan perbekalan.

“Kami masih menunggu tenda. Kami belum mendapatkan apa-apa,” kata Mohammad Nejjar, seorang buruh yang sedang melipat selimutnya di tempat penampungan sementara yang terbuat dari potongan kayu.

“Saya mendapat sedikit makanan yang ditawarkan oleh satu orang, tapi itu saja sejak gempa terjadi. Anda tidak dapat melihat satu toko pun buka di sini dan orang-orang takut untuk masuk ke dalam rumah jika atapnya runtuh,”

Pemerintah mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka mengambil langkah-langkah mendesak untuk mengatasi bencana termasuk memperkuat tim pencarian dan penyelamatan, menyediakan air minum dan mendistribusikan makanan, tenda, dan selimut.

Bantuan Luar Negeri

Spanyol mengatakan 56 petugas dan empat anjing pelacak telah tiba di Maroko, sementara tim kedua yang terdiri dari 30 orang dan 4 anjing sedang menuju ke sana.

Inggris mengatakan pihaknya mengerahkan 60 spesialis pencarian dan penyelamatan serta 4 anjing pada hari Minggu, serta tim penilai medis yang beranggotakan empat orang. Qatar juga mengatakan tim pencarian dan penyelamatannya telah berangkat ke Maroko.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengungkapkan “kesedihannya atas hilangnya nyawa dan kehancuran” yang disebabkan oleh gempa tersebut.

“Kami siap memberikan bantuan apa pun yang diperlukan kepada rakyat Maroko,” katanya pada konferensi pers di Hanoi, Vietnam.

4 dari 4 halaman

Beberapa Negara Menunggu Permintaan dari Pemerintah Maroko

Amerika Serikat mengirimkan tim kecil ahli bencana ke Maroko untuk menilai situasi. Seorang pejabat Amerika Serikat mengatakan mereka tiba di sana pada hari Minggu.

Prancis mengatakan siap membantu dan menunggu permintaan resmi dari Maroko. “Prancis siap menawarkan bantuannya ke Maroko jika Maroko menganggapnya berguna,” kata Presiden Emmanuel Macron pada KTT G20 di New Delhi.

Negara lain yang menawarkan bantuan termasuk Turki, ketika gempa bumi pada bulan Februari menewaskan lebih dari 50.000 orang. Hingga Minggu, tim Turki belum juga berangkat.

“2-3 hari ke depan akan sangat penting untuk menemukan orang-orang yang terjebak di bawah reruntuhan,” kata Caroline Holt, direktur operasi global Federasi Internasional Masyarakat Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) kepada Reuters.

Dia mengatakan sistem bantuan internasional telah menunggu undangan dari Maroko untuk memberikan bantuan, dan menambahkan bahwa hal ini bukanlah hal yang aneh ketika pemerintah menilai kebutuhan.

Juru bicara pemerintah Maroko tidak segera menanggapi panggilan telepon Reuters untuk meminta komentar.

Doa untuk korban meninggal

Organisasi kesehatan dunia mengatakan lebih dari 300.000 orang terkena dampak bencana tersebut.

Paus Fransiskus menyampaikan doa dan solidaritas bagi para korban.

Maroko telah mengumumkan tiga hari berkabung dan Raja Mohammed VI menyerukan agar doa bagi korban meninggal diadakan di masjid-masjid seluruh negeri.

Pusat gempa berada 72 km barat daya Marrakesh, kota yang dicintai Maroko dan turis asing karena masjid abad pertengahan, istana, dan seminari yang dihiasi dengan ubis mosaik berwarna cerah di tengah labirin gang-gang berwarna merah jambu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini