Sukses

Rute Penerbangan Mulai Bertambah di Bandara Kertajati

Malaysia Airlines dan Air Asia membuka rute penerbangan domestik dan internasional di Bandara Kertajati.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring penerbangan komersial dibuka penuh pada Oktober 2023 berdampak terhadap rute perjalanan di Bandara Kertajati.

Manajemen Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat menuturkan, rute perjalanan di fasilitas penerbangan mulai bertambah mengikuti pembukaan penerbangan komersial secara penuh pada Oktober 2023.

“Kalau untuk penerbangan yang internasional saat ini sudah ada, sedangkan penerbangan domestik sudah penjadwalan pada Oktober mendatang,” ujar Executive General Manager BIJB Nuril Huda Mahmudan di Majalengka, Jawa Barat, Senin (4/9/2023) seperti dikutip dari Antara.

Nuril menuturkan, sejumlah maskapai yakni Air Asia dan Malaysia Airlines sudah membuka rute penerbangan domestik dan internasional di Bandara Kertajati.

Nuril mencontohkan, Malaysia Airlines menjadwalkan membuka rute penerbangan dari Kertajati ke Kuala Lumpur pada 2 Oktober 2023 dengan jadwal penerbangan setiap hari Senin dan Jumat.

“Ini rute baru dari Malaysia Airlines terbang relasi Kertajati Kuala Lumpur,” tutur dia.

Selanjutnya untuk Air Asia, Nuril memastikan maskapai itu akan membuka rute penerbangan domestik relati Kertajati-Denpasar pada 29 Oktober 2023 yang melayani penerbangan per-pulang (PP).

“Yang sekarang masih normal seperti biasa, yaitu Air Asia dengan rute Kertajati-Kuala Lumpur dua kali seminggu setiap Rabu dan Minggu,” tutur dia.

Nuril mengatakan, Bandara Kertajati sebagai fasilitas penerbangan internasional terbesar di Jawa Barat, terus berbena untuk mulai beroperasi penuh secara komersial pada Oktober 2023.

BIJB Kertajati  akan menerima pengalihan penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat.

Ia mengatakan, hasil kesiapan itu dapat dilihat dengan kelancaran penerbangan umroh dan haji di Bandara Kertajati sepanjang 2023 yang terlaksana tanpa ada kendala sedikitpun.

Nuril menambahkan, setiap pekan, maskapai dalam negeri yaitu Garuda Indonesia selalu melayani penerbangan umrah yang berangkat dari Bandara Kertajati. “Garuda Indonesia ada penerbangan untuk umrah seminggu sekali setiap hari minggu,” ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penerbangan AirAsia dari Bandung Pindah ke Bandara Kertajati Mulai 29 Oktober 2023

Sebelumnya, AirAsia Indonesia memindahkan penerbangan rute Bandung (BDO) - Denpasar (DPS) dari Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, ke Bandara Internasional Kertajati di Majalengka menjadi rute Kertajati (KJT) - Denpasar (DPS). Perpindahan penerbangan dari Bandung ke Kertajati ini efektif mulai 29 Oktober 2023.

Dikutip dari keterangan tertulis AirAsia Indonesia, Rabu (30/8/2023),dengan pemindahan ini, warga Jawa Barat dapat terbang bersama AirAsia ke Denpasar dari Bandara Kertajati mulai tanggal 29 Oktober 2023.

Tiket penerbangan AirAsia untuk rute KJT - DPS sudah dapat dipesan hari ini dengan penawaran harga terbaik mulai dari Rp 800 ribuan, dengan rincian penerbangan sebagai berikut:

  • Dari Kertajati ke Denpasar (KTJ-DPS) dengan nomor penerbangan QZ 751 berangkat pukul 08.10 dan sampai pukul 10.55 mulai 29 Oktober 2023.
  • Dari Denpasar ke Kertajati (DPS-KJT) dengan nomor penerbangan QZ 750 berangkat pukul 07.00 dan sampai pukul 07.45 mulai 29 Oktober 2023.

Perpindahan penerbangan ini sesuai dengan keputusan pemerintah untuk memindahkan operasional semua penerbangan jet komersial dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Kertajati Majalengka di bulan Oktober tahun ini.

Bandara Kertajati yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia ini terhubung dengan Jalan Tol Cisumdawu yang telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada bulan Juli lalu.

Dengan telah beroperasinya Jalan Tol Cisumdawu, maka jarak tempuh antar kota-kota seperti Majalengka, Bandung, Cirebon, Kuningan dan Indramayu menjadi lebih singkat secara sangat signifikan, misalnya seperti rute Majalengka - Bandung yang kini dapat ditempuh dalam waktu hanya kurang lebih satu setengah jam dari sebelumnya sekitar tiga jam.

Selain dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dan taksi online, perjalanan menuju dan dari Bandara Internasional Kertajati juga dapat dilakukan dengan menggunakan bus DAMRI yang melayani rute tersebut dari kota Bandung, Cirebon dan Kuningan.

 

 

3 dari 3 halaman

Bagasi 20 Kg

Sebelum memulai rute KJT - DPS, sejak bulan Mei tahun ini AirAsia juga telah beroperasi dari Bandara Internasional Kertajati untuk rute Kertajati - Kuala Lumpur (KUL) yang dilayani oleh Malaysia AirAsia, dengan frekuensi penerbangan 2x seminggu.

Khusus untuk penerbangan domestik, AirAsia memberikan gratis kuota bagasi sebesar 20 kg dan kuota bagasi kabin sebesar 7 kg.

Tiket penerbangan rute KJT-DPS sudah dapat dipesan melalui aplikasi AirAsia Super App, situs airasia.com, AirAsia Travel & Service Center (ATSC), biro perjalanan online dan agen penjualan tiket resmi lainnya.

Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke groupbooking_id@airasia.com.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini