Sukses

Proses Naik Pesawat Makin Hari Makin Ribet, Ternyata Ini Alasannya

Naik pesawat adalah salah satu bagian tersulit dalam perjalanan udara dan membuat frustasi banyak penumpang karena jarak menuju gate yang panjang bagi penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap kali Anda bepergian ke suatu tempat dengan pesawat, Anda harus berkemas, pergi ke bandara, melewati pintu keamanan, mencari gerbang, dan akhirnya melangkahkan kaki menuju pesawat yang akan mengantar ke tempat tujuan.

"Naik pesawat adalah salah satu bagian tersulit dalam perjalanan udara dan membuat frustasi banyak penumpang," kata Leslie Josephs, reporter penerbangan CNBC, Selasa (12/9/2023).

Pada tahun 1970-an, rata-rata waktu tunggu pesawat Southwest Airlines, dari saat pesawat tiba di pintu gerbang hingga pesawat berangkat, hanya 10 menit. Saat ini, waktu tersebut menjadi 45 hingga 55 menit.

"Kami memiliki pesawat yang lebih kecil, hanya 122 kursi pada pesawat 737-200 yang pertama," kata Chris Parks, direktur inovasi Southwest. "Southwest telah berkembang dan menjadi lebih populer."

Penundaan penerbangan merugikan maskapai dan penumpang sekitar USD 33 miliar atau Rp 503 triliun setiap tahunnya, menurut data pemerintah.

Jadi Sumber Penghasilan

Namun para ahli mengatakan bahwa mempercepat proses boarding bukanlah prioritas utama bagi maskapai penerbangan karena mereka dapat menghasilkan uang dari hal tersebut.

"Maskapai-maskapai besar telah menghasilkan miliaran dolar dari program loyalitas mereka, jadi sangat penting bagi mereka untuk menjaga agar program tersebut tetap menarik bagi pelanggan," kata Josephs.

"Berbagai kelompok boarding yang kita lihat saat ini muncul karena orang-orang menghargai prioritas mereka dalam boarding," kata Kerry Philipovitch, mantan wakil presiden senior layanan pelanggan di American Airlines.

"Jadi maskapai penerbangan menggunakan hal tersebut untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dan memberi penghargaan kepada pelanggan terbaik mereka.

"Apakah itu memperlambat prosesnya?" Kerry menambahkan. "Mungkin," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsep Baru Telah Diuji Untuk Mempercepat Waktu Boarding

Sejak akhir tahun 2022, Southwest telah menguji konsep baru untuk meningkatkan waktu gilirannya. Tujuan perusahaan adalah memangkas waktu dua menit.

"Memiliki menit tambahan pada skala kami dengan kedatangan sekitar 800 pesawat, Anda dapat menghitungnya (hal itu) bertambah dengan sangat cepat," kata Parks.

"Semakin banyak pesawat yang dapat kami nyalakan tepat waktu dan saat berada di darat, memungkinkan kami untuk terbang lebih andal bagi pelanggan kami, serta memungkinkan kami menerbangkan pesawat lebih banyak dalam sehari untuk membantu menjaga biaya tetap rendah," terangnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.